Manfaat dan Bahaya Mendengarkan Musik Saat Olahraga Lari

Mendengarkan musik menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang dalam menemani berbagai aktivitas yang dilakukan, termasuk salah satunya saat olahraga lari. Ternyata mendengarkan musik sembari olahraga lari punya manfaat dan bahaya yang menyertai, bro.

Manfaat dan Bahaya Mendengarkan Musik Saat Olahraga Lari

Mendengarkan musik tentu menyenangkan, apalagi kalau musik yang didengar adalah musik favorit. Tambah menyenangkan lagi kalau mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas seperti berolahraga. Berdasarkan survei yang dilakukan Runner’s World pada 2016, 61 persen responden mengatakan mereka mendengarkan musik sambil berlari. 82 persen di antaranya mendengarkan musik favorit mereka.

Namun, apakah kebiasaan mendengarkan musik saat lari baik atau buruk? Hal ini masih menjadi perdebatan, baik yang menilai mendengarkan musik adalah hal positif maupun yang menilai sebaliknya. Tapi ternyata ada sisi positif serta negatif dari mendengarkan musik saat lari. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Alasan Positif Mendengarkan Musik Saat Lari

Manfaat dan Bahaya Mendengarkan Musik Saat Olahraga Lari

Ada tiga alasan, mengapa mendengarkan musik saat olahraga lari menjadi hal positif.

1. Bersemangat untuk lari

Ada kelompok pelari yang memang berlatih untuk menghadapi perlombaan, ada pula yang berlari untuk berolahraga. Apapun latar belakangnya, seringkali jarak lari yang ditempuh nggak sedikit. Saat membutuhkan motivasi, daftar lagu pilihan bisa menjadi penyemangat dalam berolahraga.

Psikolog olahraga Costas Karageorghis, Ph.D mempelajari tentang dampak positif musik terhadap para atlet. Ia meyakini bahwa mendengar musik bisa membantu para pelari berupaya maksimal menjalani rintangan di hadapannya.

Pemilihan daftar lagu dan jenis musik sangat berpengaruh untuk setiap tahapan lari. Musik dari band favorit juga bisa mendongkrak semangat lo, bro.

2. Belajar lari dengan kecepatan konstan

Jika dilakukan dengan benar, mendengarkan musik bisa membantu pelari mengatur kecepatannya saat berlari. Para pelari terbukti mampu berlari dengan lebih baik ketika tempo musik yang didengarkan seirama dengan kecepatan lari mereka.

3. Lari terasa lebih ringan

Berlatih untuk perlombaan sering terasa berat. Namun, menurut studi yang dilakukan di Keele University, Inggris, mendengarkan musik favorit ketika berlari mampu mengurangi perasaan tersebut dan akan membuat lebih nyaman.

Sebab, stimulus dari musik mampu menahan stimuli internal seperti kelelahan. Stimuli kelelahan tersebut akan dikirim ke otak saat sedang berlari.

Saat persepsi tersebut dihilangkan, maka si pelari akan merasa mampu untuk berlari lebih cepat dan lebih lama.

Alasan Negatif Mendengarkan Musik Saat Lari

Namun, ada pula tiga alasan bahwa lo mungkin nggak perlu mendengarkan musik saat berlari.

1. Kurang awas dengan lingkungan

Mendengarkan musik saat berlari akan membuat lo kurang sensitif dan kurang awas dengan keadaan sekitar. Misalnya, ketika berpapasan dengan pengendara mobil, motor, sepeda, atau pelari lain. Ketika lagi asyik mendengarkan musik, tentunya nggak akan mendengar saat ada seseorang di sekitar.

Jika berada pada lingkungan yang sibuk, akan lebih baik nggak menggunakan headphone saat berlari. Namun, jika harus mendengarkan musik, pilihlah headphone tanpa kabel dan jangan memutar musik terlalu kencang, supaya masih bisa mendengarkan lingkungan di sekitar.

2. Mengacaukan kecepatan berlari

Ketika mendengarkan musik dinilai bisa menunjang kegiatan lari, namun nggak di setiap kesempatan akan memerlukannya. Jangan sampai menjadi ketergantungan dengan musik saat berlari.

Mendengarkan musik juga dianggap bisa mengacaukan kecepatan berlari. Jika memang sudah ketergantungan dengan musik, cobalah alihkan fungsi musik dengan jam tangan. Aturlah pembagian waktu terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat kecepatan berlari yang diperlukan.

3. Merusak pengalaman berlari

Saat ini, gangguan dari teknologi ada di mana aja dan jarang sekali melihat seseorang yang nggak menggunakan ponsel di tangannya.

Lari bisa menjadi momentum untuk menjernihkan pikiran dan menjauh dari gangguan teknologi tersebut. Mungkin pada hari-hari tertentu lo butuh motivasi dengan mendengarkan musik saat berlari. Namun, perlu juga berlari tanpa musik, supaya pikiran tetap tenang. Cobalah dengarkan apa yang ada di sekitar.

Nah, itulah beberapa manfaat serta bahaya yang mungkin terjadi ketika mendengarkan musik saat olahraga lari. Lo lebih memilih sambil mendengarkan musik atau enggak nih, bro?

 

Source: lifestyle.kompas.com
In Depth Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat
Ldr_Lstyd
nice info
Heni Oen
kalau di taman atau lapangan khusus olah minim kalau dijalanan bahaya
agung
tq info ya
dephy
Mendengarkan musik tentu sangat menyenangkan
Rdh
Nice info
acosabriansyah@gmail.com
Keren Pengetahuannya
Fajar Satritama
Thx bro info nya
Syahrul Ramadan
Terimakasi infonya