Wakakusa Yamayaki, Festival ‘Bakar Gunung’ di Jepang

Jepang sepertinya nggak pernah lepas dari tradisi unik yang menarik perhatian para wisatawan. Salah satunya adalah Festival ‘Bakar Gunung’ atau Wakakusa Yamayaki. Kenapa disebut bakar gunung ya, bro? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Wakakusa Yamayaki, Festival ‘Bakar Gunung’ di Jepang

Setiap negara memiliki tradisi maupun festival unik masing-masing yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Seperti halnya dengan negara Jepang. Sudah nggak heran kalau negeri sakura ini selalu mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Salah satu festival unik yang bisa dijumpai di Jepang adalah Festival Bakar Gunung yang bisa ditemukan di wilayah Nara.

Festival yang biasa dilakukan setiap pekan keempat di bulan Januari ini bernama asli Festival Wakakusa Yamayaki (Pembakaran Gunung Wakakusa). Sebenarnya apa yang membuat festival ini disebut ‘bakar gunung’ ya, bro? Berikut ulasan selengkapnya!

Sejarah Festival

Wakakusa Yamayaki, Festival ‘Bakar Gunung’ di Jepang

Image source: noborioji.com

Pada perayaan ini, nantinya masyarakat akan membakar rumput mati yang berada di wilayah bukit Nara, Gunung Wakakusa sebagai bagian dari Festival Wakakusa Yamayaki.

Mengenai sejarah awal mula festival ini dilakukan, sebenarnya nggak ada yang tahu persis kapan waktunya. Namun menurut warga sekitar, kebiasaan ini sudah dilakukan selama ratusan tahun. Ada dua sumber yang mengatakan asal mula dilakukannya festival membakar gunung ini.

Pertama, perayaan ini dikatakan terjadi sekitar abad ke-18. Kala itu, beberapa orang terlibat perselisihan batas antara dua kuil terbesar di wilayah Nara, Tidai-ji, dan Kifuku-ji. Ketika mediasi gagal, seluruh gunung dibakar habis untuk menyelesaikan masalah.

Sumber lainnya menyebut, perayaan ini dilakukan untuk membasmi hama dan mengusir babi hutan di gunung setinggi 342 meter tersebut.

Pelaksanaan Festival

Wakakusa Yamayaki, Festival ‘Bakar Gunung’ di Jepang

Image source: noborioji.com

Festival Wakakusa Yamayaki dilaksanakan sejak pagi hari di hari Sabtu keempat bulan Januari. Namun, kalau kondisi cuaca nggak memungkinkan, pelaksanaan festival ini akan ditunda ke tanggal lainnya. Para peserta festival akan saling berkompetisi melempar kerupuk raksasa (senbei).

Setelah itu, prosesi selanjutnya adalah keberangkatan dari daerah Tobino di Kasuga Taisha menuju Gunung Wakakusa. Lalu berhenti di Kuil Mizuya dan menyalakan obor di sekitarnya.

Sekitar pukul 16.30 sore, prosesi akan dilanjutkan dengan menyalakan api unggun besar di dasar bukit selama 15 menit. Kemudian obor akan dinyalakan dari api unggun dan rumput sekitar akan dibakar.

Untuk membakar seluruh area, dibutuhkan waktu 30 menit hingga 1 jam tergantung kondisi rumput Gunung Wakakusa. Dalam kondisi basah, rumput cenderung terbakar lebih lama. Sedangkan saat kering, kobaran api bakal lebih cepat membakar seluruh area.

Dipadati Warga Sekitar

Karena proses pembakaran yang dilakukan, langit sekitar Gunung Wakakusa dan Kota Nara menjadi lebih terang dari biasanya.

Masyarakat sekitar akan memadati kaki Gunung Wakakusa untuk menyaksikan festival tahunan ini. Karena cukup berisiko menyebabkan kebakaran, ratusan petugas pemadam kebakaran juga disiapkan untuk berjaga-jaga selama festival dilakukan.

Meski sadar festival ini kurang ramah bagi lingkungan, namun Festival Wakakusa Yamayaki punya tempat khusus di hati masyarakat Nara, Jepang. Oleh karena itu, mungkin akan sulit untuk melepaskan tradisi yang sudah dijalankan selama berabad-abad lamanya ini.

Festival Wakakusa Yamayaki dijadwalkan akan dilaksanakan pada 25 Januari 2021. Buat yang punya jadwal liburan ke Jepang tahun depan, festival ‘bakar gunung’ ini bisa menjadi tujuan menarik untuk menikmati tradisi unik di negeri sakura tersebut, bro.

 

Source: travel.dream.co.id
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Hilman rusdiyanto
mantabbb
dephy
budaya yang menjadi daya tarik wisatawan
Kristian Mustafa
Sepertinya di indonesia ada juga itu.
Ilham akbar
Keren banget
Agus Sungkawa
Festival yang menarik
Ldr_Lstyd
keren cuy
agung
tq info ya
acosabriansyah@gmail.com
I like,..
Fajar Satritama
Mantaaaaap keren