Mendaki Gunung Semeru Wajib Mampir ke Empat Danau Ini, Bro!

Gunung Semeru masih menjadi salah satu tujuan favorit buat para pendaki. Nggak hanya keindahannya aja yang bisa dinikmati, Semeru juga punya danau-danau yang nggak kalah cantik. Simak deretan danau yang wajib lo kunjungi saat mendaki Gunung Semeru, bro!

Mendaki Gunung Semeru Wajib Mampir ke Empat Danau Ini, Bro!

Seperti yang sudah diketahui, Gunung Semeru dikenal sebagai salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini juga masih menjadi salah satu tujuan favorit buat para pendaki. Banyak di antara mereka yang mencoba untuk menggapai puncak gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl itu, karena memiliki panorama alam yang menakjubkan.

Tapi, nggak cuma gunungnya aja yang indah, Semeru juga memiliki danau-danau yang nggak kalah menakjubkan untuk dikunjungi. Walaupun ada enam danau indah yang tersebar di seluruh area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tapi hanya empat danau yang cukup populer dan sering dikunjungi para pendaki.

Danau apa aja itu? Berikut deretan empat pesona danau menawan di Gunung Semeru yang menarik dikunjungi saat pendakian.

Danau Ranu Kumbolo

Mendaki Gunung Semeru Wajib Mampir ke Empat Danau Ini, Bro!

Image source: unsplash.com/@nofish

Para pendaki pasti sudah tahu danau yang paling populer di Gunung Semeru satu ini. Yap, danau pertama yang nggak boleh dilewatkan saat mendaki Gunung Semeru adalah Ranu Kumbolo.

Berada di ketinggian 2.400 mdpl, Ranu Kumbolo menawarkan pemandangan yang eksotis. Terutama saat pagi hari, ketika matahari muncul perlahan di sekitar danau dengan dua buah bukit hijau di bagian kanan kirinya.

Dengan keindahannya itulah yang membuat para pendaki menyempatkan diri berkemah untuk menikmati Ranu Kumbolo, sebelum melanjutkan perjalanan mencapai puncak Semeru. Selain menjadi spot untuk menyaksikan sunrise, Ranu Kumbolo juga menyediakan air yang melimpah bagi para pendaki.

Danau Ranu Pani

Mendaki Gunung Semeru Wajib Mampir ke Empat Danau Ini, Bro!

Image source: flickr.com

Danau yang nggak kalah indah lainnya berada di desa dengan nama yang sama, yaitu Desa Ranu Pani. Danau ini menjadi salah satu dari tiga danau ikon Semeru, bersama Ranu Kumbolo dan Ranu Regulo.

Danau Ranu Pani memang populer, karena danau ini menjadi gerbang masuk pendakian menuju ke area taman nasional di Gunung Semeru. Di tempat inilah biasanya para pendaki bisa memesan jasa guide atau porter sebelum melakukan pendakian ke Gunung Semeru.

Dengan ketinggian 2.100 mdpl, Ranu Pani juga menawarkan pemandangan yang nggak kalah indah seperti di Ranu Kumbolo. Di sekitar danau pun terdapat villa atau penginapan yang bisa disewa oleh pendaki.

Danau Ranu Regulo

Mendaki Gunung Semeru Wajib Mampir ke Empat Danau Ini, Bro!

Image source: indonesia-tourism.com

Terletak nggak jauh dari Ranu Pani, Danau Ranu Regulo juga menarik untuk dikunjungi saat berada di TNBTS. Selain airnya yang jernih, danau ini dikelilingi dengan perbukitan hijau yang menyejukkan.

Ranu Regulo juga bisa menjadi alternative para pendaki yang mau bermalam, tanpa harus capek mendaki Ranu Kumbolo. Karena, terdapat lahan kosong di sekitar danau yang bisa dijadikan area berkemah.

Yang menarik dari danau ini adalah terdapatnya sebuah dermaga tanpa kapal dengan suasananya yang tenang dan jauh dari keramaian.

Ranu Regulo bisa diakses melalui Gunung Bromo, tepatnya dengan menyeberangi pasir berbisik, kemudian menuju Ranu Pani. Dari Ranu Pani, Ranu Regulo hanya berjarak sekitar 15 menit aja.

Danau Ranu Darungan

Terakhir adalah Danau Ranu Darungan yang terletak di Dusun Darungan. Danau yang masih berada di kawasan hutan TNBTS ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu air danaunya yang bisa mengering dan kembali berair sewaktu-waktu.

Danau yang berada di ketinggian 830 mdpl ini dikelilingi dengan tebing dan hutan yang menjadi rumah satwa-satwa liar. Meski dibuka untuk umum, tapi danau ini jarang dikunjungi karena medannya yang cukup sulit, bro.

Nah, itulah deretan danau-danau yang bisa dikunjungi saat melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Dijamin keindahannya bisa bikin betah berlama-lama untuk menikmatinya, bro.

 

Source: kumparan.com
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Panjul nikilos
Wow keren habis
Ilham akbar
Keren banget
Agus Sungkawa
Indahnya alam semeru
Fajar Satritama
Kereeeen ini si
Heni Oen
thanks infonya
Ldr_Lstyd
yuk kesana
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
KerenĀ² Danaunya.
Bahar
Nice info
Rdh
Kereeeeen