Hammock Underquilt Bikin Lebih Hangat Saat Menggantung di Alam Bebas Bro

Hammock sudah bukan item asing lagi buat para pecinta alam. Malahan sekarang ini sudah jadi wajib item lho, dengan alasan ringan sampai ramah lingkungan.

Hammock Underquilt Bikin Lebih Hangat Saat Menggantung di Alam Bebas Bro

Paling penting sih, hammock ini jadi bawaan para pendaki atau pecinta alam karena bisa digelar di mana saja. Hammock yang dibawa bisa digelar di dua pohon sampai tebing. Kalau sudah digelar, menikmati alam sambil menggantung tentram banget rasanya.

Hammock ini juga memiliki banyak varian untuk kenyamanan dan keamanan. Inovasi material juga selalu berkembang bro. Semata-mata buat menunjang kegiatan outdoor jadi lebih seru dan nyaman.

Nah dari sekian banyak jenis hammock, ada sudah tahu belum Hammock Underquilt? Di luar negeri, hammock ini jadi salah satu yang paling digemari. Karena dari sekian banyak varian hammock, tipe underquilt ini yang bisa bikin tubuh lebih hangat saat digelar di alam bebas.

Hammock underquilt ini merupakan tempat tidur menggantung yang dirancang khusus untuk memastikan kondisi tubuh tetap hangat meski tidur menggantung di luar ruangan. 

Underquilts Vs Matras

Hammock Underquilt Bikin Lebih Hangat Saat Menggantung di Alam Bebas Bro

Image source: territorysupply.com

Kalau lo mau membandingkan hammock underquilt dengan sleeping pads atau matras, maka lo harus mempertimbangkan beberapa hal lebih dulu. Mana yang kira-kira lebih menghangatkan saat diajak jalan-jalan luar ruangan.

Hal pertama, hammock underquilt ini nggak akan mengganggu posisi tidur meski dalam keadaan menggantung. Artinya si pemakai bakal tetap merasa nyaman. Isian tempat tidur yang lebih banyak bakal memberikan kehangatan lebih dibanding hammock biasa. 

Kalau untuk sleeping pad atau matras tiup memang bisa-bisa aja diaplikasikan ke hammock biasa, tapi itu nggak ideal bro. Lo harus mengempeskan udaranya dulu supaya matras pas ukurannya ketika menjadi alas tidur pada hammock. Nah kalau tekanan udaranya lebih rendah maka ketika hammock terpasang menggantung suhu udara akan terasa lebih dingin.

Kedua, sebenarnya dua item ini, matras tiup dan hammock underquilt agak sulit jika dibandingkan dari segi material. Namun karena underquilt sudah memiliki isian yang tebal, maka tingkat kehangatannya bakal susah dikalahkan bro.

Lalu yang ketiga, kalau dibandingkan dari segi harga antara underquilt dengan matras tiup, maka hal itu akan ditentukan dengan jenis bantalan. Bantalan udara yang premium akan sebanding dengan harganya yang lebih tinggi. Namun kalau bantalan busa maka harganya lebih murah.

Kiat-kiat Memilih Hammock

Hammock Underquilt Bikin Lebih Hangat Saat Menggantung di Alam Bebas Bro

Image source: outdoorgearpicks.com

Terlepas dari hammock underquilt ini, lo juga harus pandai memilih kantong tidur ya buat liburan di alam bebas. Sesuaikan dengan budget. Kalau dirasa varian underquilt ini lebih mahal, maka cari opsi lain. Terpenting adalah tetap bisa menghangatkan tubuh meski rebahan di luar ruangan dengan embusan semilir angin langsung ke permukaan kulit.

Kualitas bahan hammock bakal menunjang kenyamanan lo ketika bersantai di tempat liburan. Maka itu lo dianjurkan memilih hammock berbahan parasut silk. Untuk mengetahui apakah hammock yang dipilih menunjang proses sirkulasi udara, lo bisa menempelkan bahannya ke hidung, mulut, atau wajah. Setelah itu tarik dan embuskan napas melalui hidung di sana.

Kalau sampai kesulitan bernapas, maka hammock tersebut nggak memudahkan proses pertukaran udara. Dicek lagi sebelum beli ya bro!

 

Source: https://www.rei.com/blog/camp/what-is-a-hammock-underquilt
Gear Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Benar nyaman
Hilman rusdiyanto
mantanbbbb
Yuniarto ( Tato )
ini si bagussss
Ldr_Lstyd
keren cuy
agung
tq info ya
Agung Sutrisno
Hammock underquilt ini merupakan tempat tidur menggantung
Bahar
Nice info
Rdh
Mantaaaap