Biar Nggak Bingung Saat Situasi Darurat, Survival Kit Ini Jangan Ketinggalan

Memutuskan untuk melakukan petualangan di alam bebas pasti sudah siap sama semua risikonya. Kesiapan mental, peralatan, dan juga pengalaman bakal mematahkan semua bentuk kebingungan di situasi darurat.

Biar Nggak Bingung Saat Situasi Darurat, Survival Kit Ini Jangan Ketinggalan

Biar petualangan aman maka yang harus dipersiapkan salah satunya survival kit. Seperangkat peralatan untuk bertahan hidup ini dibutuhkan banget lho di tengah alam.

Kalau lagi tersesat sampai kesulitan cari bahan makanan, survival kit ini bisa jadi penolong. Tapi ingat juga, harus ada bekal pengetahuan dulu.

Jadi survival yang dibawa nggak sembarangan. Ingat bro, ketika berpetualang di alam bebas, barang bawaan juga dianjurkan nggak terlalu banyak. Supaya nggak cepat lelah dan beban terlalu banyak digendong.

Satu hal yang harus diperhatikan ya bro, survival kit ini harus bisa dibawa kemana aja. Artinya survival kit muat dimasukkan ke dalam tas carrier dan nggak memakan banyak ruang. 

Yuk bro, simak dulu nih apa saja sih yang masuk dalam kategori survival kit wajib bawa saat petualangan di alam bebas.

Peralatan Kesehatan dan P3K

Biar Nggak Bingung Saat Situasi Darurat, Survival Kit Ini Jangan Ketinggalan

Image source: celebritystylefashion.com.au

Melakukan perjalanan outdoor tanpa bawa P3K? Mending tunda keberangkatan dulu deh meski lewat satu hari. Peralatan kesehatan termasuk P3K harus ada di dalam tas carrier yang lo bawa. Yang harus dipahami adalah insiden di tengah alam nggak bisa ditebak-tebak. Sekadar antisipasi makanya perkakas kesehatan jangan sampai ketinggalan.

Survival kit ini jadi keperluan wajib bawa bro. Yang mesti dibawa itu cairan anti-kuman atau bakteri. Lo bisa mendapatkannya dengan mudah karena di apotek atau minimarket pasti ada. Nggak ada alasan deh, bilang kesulitan cari peralatan kesehatan.

Selain itu, peralatan kesehatan dan set P3K juga berisi multivitamin, obat alergi, dan tabung oksigen kecil. Tabung oksigen kecil ini jangan dianggap sepele dan bikin berat bawaan buat petualangan di alam bebas. Oksigen ini bakal dibutuhkan dalam keadaan darurat. 

Persediaan Makanan

Biar Nggak Bingung Saat Situasi Darurat, Survival Kit Ini Jangan Ketinggalan

Image source: pexels.com/@samerdaboul

Selain makanan kaleng, lo harus bawa bekal makanan yang bisa meningkatkan stamina. Coklat batangan penting lo bro. Makanan ini berfungsi untuk memberikan energi dan juga untuk anti-lapar saat dalam kondisi darurat. 

Lalu lo harus siap yang namanya melakukan perburuan hewan-hewan di alam sekitar. Paling mudah ya memancing bro. Jadi yang harus dipersiapkan itu benang nilon hingga kail pancing. Teknik berburu ikan bisa macam-macam bro, kalau nggak ada alat pancing lo bisa menjebak. Pastikan lo mengetahui bagaimana harus berburu di alam bebas.

Peralatan Sinyal Darurat

Biar Nggak Bingung Saat Situasi Darurat, Survival Kit Ini Jangan Ketinggalan

Image source: pexels.com/@paggiarofrancesco

Kemungkinan tersesat di alam bebas selalu ada bro. Makanya peralatan pemberi sinyal darurat harus juga wajib dibawa. Ini survival kit yang nggak kalah penting.

Cermin bisa lo bawa. Nggak perlu berukuran besar kok. Fungsinya untuk memberikan pantulan sinar matahari. Jadi kalau diarahkan ke matahari bisa menghasilkan kilauan-kilauan yang bisa dilihat oleh orang lain. 

Selain itu, pantulan sinar matahari kita juga dapat membuat api untuk memasak. Lilin juga bro, jangan ketinggalan. Lilin berguna untuk memberikan penerangan darurat sebagai pengganti senter. Dalam survival kit, lilin padat lebih sering digunakan karena bisa bertahan lebih lama. Peralatan lain yang perlu dibawa antara lain kompas, peta, peluit, kembang api atau flare.

 

source: https://mounture.com/produk/persiapkan-alat-ini-untuk-situasi-darurat/
Gear Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat sob
Hilman rusdiyanto
mantabbbbb
Yuniarto ( Tato )
Di cek yg teliti
Agung Sutrisno
Piranti wajib yg harus dibawa
Heni Oen
mantap infonya
Ldr_Lstyd
nice info
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Keren infonya min.
Ilham akbar
Nice info
Bahar
Nice info