Sensasi Scuba Diving Bareng Ikan Mola-Mola di Nusa Penida, Bali

Menikmati langsung keindahan alam bawah laut lewat aktivitas menyelam atau yang kerap disebut scuba diving  memang menyajikan sensasinya tersendiri. Namun, bagaimana rasanya jika menyelam sambil ditemani ikan raksasa yang sangat langka? Yup, di Nusa Penida, Bali lo bisa menyelam sambil ditemani ikan mola-mola yang sangat langka, bro. Berikut ulasan selengkapnya!

Sensasi Scuba Diving Bareng Ikan Mola-Mola di Nusa Penida, Bali

Bagi para pencinta olahraga scuba diving , menikmati keindahan bawah laut tentu sangatlah sayang untuk dilewatkan ketika musim liburan tiba. Apalagi, Nusantara memang terkenal memiliki banyak destinasi menyelam dengan keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan.

Nah, kalau lo ingin merasakan sensasi menyelam yang nggak biasa, maka lo wajib sempatkan untuk menyelam di Nusa Penida, Bali, bro. Pasalnya, di destinasi menyelam yang luar biasa ini lo bisa menyelam bersama ikan purba raksasa yang sangat langka, yaitu ikan Matahari (ocean sunfish) atau yang juga biasa disebut ikan mola-mola. Seperti apa keseruannya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Ikan Mola-Mola, Ikan Langka yang Ramah dengan Penyelam

Sensasi Scuba Diving Bareng Ikan Mola-Mola di Nusa Penida, Bali

Image source: medan.tribunnews.com

Meskipun termasuk hewan langka, menyelami keindahan bawah laut bersama ikan mola–mola bukanlah hal yang terlalu sulit di Indonesia, lho. Pasalnya, begitu lo datang dan menikmati scuba diving  di Crystal Bay, Nusa Penida, Bali, lo bisa menemukan Ikan mola–mola yang sangat langka ini, bro.

Bahkan, lo nggak perlu berkeliling mencari–cari dimana ikan ini berada, sebab Ikan purba ini justru bakal datang dan menghampiri. Yup, ikan mola–mola di Nusa Penida ini memang merupakan salah satu ikan yang memiliki rasa penasaran yang sangat besar, bro.

Wajar saja, jika ikan purba yang sangat langka ini nggak segan–segan untuk menghampiri penyelam yang berenang di dekat mereka. Bahkan, beberapa penyelam berpendapat ikan mola-mola di Nusa Penida, Bali ini adalah ikan langka yang sangat ramah kepada penyelam, bro.

Ciri Ikan Mola-Mola

Sensasi Scuba Diving Bareng Ikan Mola-Mola di Nusa Penida, Bali

Image source: rushkult.com

Bentuk dari ikan langka yang satu ini pun sangat khas. Sehingga, lo pasti nggak bakal kesulitan membedakannya dengan ikan penghuni alam bawah laut lainnya, bro. Ikan mola–mola memiliki bentuk tubuh yang pipih, dan sirip bagian atas dan bawahnya memiliki bentuk yang sama. Yaitu menyerupai bentuk sayap atau sirip hiu.

Nah, karena bentuk siripnya ini, terkadang orang–orang menyangka ikan mola–mola adalah ikan Hiu, bro. Khususnya pada saat ikan ini sedang berenang di dekat permukaan. Ukuran ikan mola–mola juga sangat besar. Bahkan, tingginya ada yang mencapai 5 meter, bro!

Waktu Terbaik untuk Menyelam Bersama Ikan Mola-Mola

Nah, kalau lo mau mencoba pengalaman menyelam bersama ikan mola–mola, maka lo bisa datang ke Crystal Bay, Nusa Penida, Bali, bro. Sebab, lo bisa dengan sangat mudah menemui ikan yang sangat langka itu di sini.

Tapi, kalau lo menginginkan waktu terbaik, cobalah berkunjung pada rentang bulan Juli sampai September. Pasalnya, pada waktu tersebut akan lebih banyak ikan mola–mola di perairan ini dibandingkan waktu lainnya, bro.

Berjumpa dengan ikan mola–mola bisa dibilang cukup mudah. Selain karena ikan ini memiliki rasa penasaran yang tinggi, ikan mola–mola juga lebih suka berenang di dekat permukaan. Bahkan, pada musim-musim tertentu, ikan langka ini cenderung suka mencari sinar matahari. Hal inilah yang membuat ikan mola–mola sering juga disebut sebagai Ikan Matahari.

Tapi, kalau lo berencana untuk berenang bersama ikan mola–mola, pastikan tidak mengganggu aktivitas ikan ini ya, bro. Hal ini penting untuk diperhatikan agar ikan mola–mola tidak merasa terganggu dan masih bisa dijumpai oleh lebih banyak wisatawan di lain waktu.

 

Referensi : https://penjelajah.com/diving-dengan-ikan-purba-raksasa-mola-mola-di-nusa-penida/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
acosabriansyah@gmail.com
Mantap info
Syahrul Ramadan
Keren cuk
SRI YAYA ASTUTI
Menikmati langsung keindahan alam bawah laut lewat aktivitas menyelam atau yang kerap disebut scuba diving memang menyajikan sensasinya tersendiri.
Yuniarto ( Tato )
Ternyata ini ikan Mola
Fajar Satritama
Ingin juga kesini
Ilham akbar
Keren banget
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
ini ikan yg jadi logo Mola TV ya?
Hilman rusdiyanto
mantaabbb