Mau Liburan ke Lombok? Simak Dulu Nih Bro Persyaratan Barunya!

Indonesia itu selalu mempesona alamnya dari ujung barat sampai ke ujung timur. Yang nggak bisa dibantah keindahan alamnya itu ketika liburan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mau Liburan ke Lombok? Simak Dulu Nih Bro Persyaratan Barunya!

Siapa sih yang nggak kenal sama Lombok. Wisatawan domestik sampai mancanegara jatuh cinta dengan panorama alam di sana. Sekali datang, pasti rindu buat datang lagi

Nah di tengah pandemi ini, ada kabar baik buat kalian yang mau liburan ke sana. Karena sudah ada fase kenormalan baru, jadi pelesiran keluar daerah nggak sulit lagi, asalkan taat dengan protokol kesehatan.

Di Lombok sudah ada beberapa tempat wisata yang dibuka lagi lho. DI antaranya tiga Gili, kawasan wisata Senggigi, Rinjani non-pendakian, sampai Mandalika.

Tapi bro, ada persyaratan baru nih yang harus lo taati untuk liburan ke sana. Nggak sulit kok. Intinya sih protokol kesehatan harus diutamakan. Biar liburan di sana nyaman dan aman, yuk simak dulu syarat-syaratnya bro.

Bawa Hasil Tes COVID-19

Mau Liburan ke Lombok? Simak Dulu Nih Bro Persyaratan Barunya!

Image source: unsplash.com/@odiin

Wisatawan dari luar NTB wajib yang namanya dites corona terlebih dulu. Bukan rapid test juga ya bro, tapi harus menjalani tes swab. Dan tentunya hasilnya harus negatif. Dengan begitu lo bisa masuk ke NTB dengan masa waktu 14 hari sejak hasil tes negatif dikeluarkan.

Nah, nanti hasil tes itu bisa lo tunjukkan ke petugas di Bandara Internasional Lombok. Walaupun nggak bawa hasil tes Corona, tapi wisatawan mesti bawa surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan dokter rumah sakit atau puskesmas.

Dikarantina

Mau Liburan ke Lombok? Simak Dulu Nih Bro Persyaratan Barunya!

Image source: pexels.com/@shvetsa

Kalau sudah menunjukkan hasil tes swab ke petugas, wisatawan wajib menjalani karantina selama 14 hari sebelum melanjutkan liburan ke tempat-tempat wisata di Lombok.

Dengan catatan ya bro, yang dikarantina itu kalau saat sampai di bandara lo terdeteksi memiliki gejala. Kalau bebas dari gejala tentu saja lo bisa langsung lanjut liburan.

Syarat lainnya berikut ini bro:

  • Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan sebagai kriteria perjalanan orang. 
  • Menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah). Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 14 hari, atau; - Menunjukkan surat keterangan uji Rapid test dengan hasil non-reaktif yang berlaku 15 hari pada saat keberangkatan. 
  • Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/atau Rapid test. 
  •  Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler melalui tautan berikut untuk Android , dan tautan berikut untuk iOS. 
  • Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card/HAC) atau mengunduh aplikasi eHAC.

Nah sudah disimak kan bro syarat-syaratnya. So, kalau lo mau merencanakan liburan ke Lombok harus banget bro, menaati aturan yang sudah ada. Jangan dilanggar ya. Mau melepas kerinduan liburan, tapi sebisa mungkin nggak sampai bawa virus. 

 

Source: https://travel.kompas.com/read/2020/08/27/085000627/simak-syarat-terbaru-wisata-ke-lombok
Trending Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Patuhi protokol kesehatan yaitu pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan
Hilman rusdiyanto
nice info
Heni Oen
noted.for bext trip
Syahrul Ramadan
Terimakasih infonya
Ilham akbar
Nice info
agung
tq info ya
Dewandaru Krisna Wisnu
Masa liburan hnya untuk karantina dong
Yuniarto ( Tato )
Semoga Cepat normal lagi
Dewandi amirullah
Semoga cepat normal lagi