Mau Belajar Panjat Tebing? Ini Pengetahuan Soal Teknik Single Rope

Panjat tebing salah satu olahraga ekstrem yang butuh banget konsentrasi tinggi. Selain itu teknik dan peralatannya juga mesti betul-betul yang aman dan dalam kondisi baik.

Mau Belajar Panjat Tebing? Ini Pengetahuan Soal Teknik Single Rope

Bukan apa-apa bro, panjat tebing olahraga yang sangat dekat dengan alam. Goalsnya adalah menaklukan dinding-dinding alam yang yang tantangannya nggak mudah. Salah langkah sedikit bisa fatal bro.

Makanya teknik-tekniknya juga banyak banget. Salah satunya single rope technique (STR) ini. Teknik ini menggunakan satu tali. Dengan teknik ini, pendaki harus punya keahlian bergerak baik di lintasan vertikal maupun horizontal dengan menggunakan satu tali saja. Biasanya single rope technique ini dikuasai sama para climber dan caver.

Sistem Single Rope Technique

Mau Belajar Panjat Tebing? Ini Pengetahuan Soal Teknik Single Rope

Image source: pexels.com/@riciardus

Hampir semua kegiatan yang menggunakan satu tali untuk melintas bisa dikatakan masuk dalam kategori single rope technique. Contohnya yakni single rope technique dalam hal pekerjaan.

Jadi teknik ini sebenarnya bukan cuma untuk panjat tebing saja. Dalam hal pekerjaan, single rope technique juga biasa dipakai untuk profesi seperti pembersih gedung hingga pengeboran minyak.

Nah bedanya dengan single rope technique untuk olahraga itu adalah soal prosedur standarnya. Kalau untuk pekerjaan di ketinggian itu nggak boleh ada kesalahan sekecil apapun bro. Semua prosedur teknis dan standar keamanan sudah ditetapkan dan itu berlaku di seluruh dunia. 

Kalau single rope technique untuk panjat tebing itu, pelakunya masih bisa benar-benar bergantung pada satu tali. Kalau single rope technique untuk pekerjaan itu dilarang keras. 

Secara luas lagi, single rope technique nggak cuma dipakai untuk proses memanjat. Tapi juga bisa untuk rappeling hingga flying fox. Sebenarnya ada banyak sistem yang digunakan dalam single rope technique, cuma yang populer di Indonesia itu namanya Frog Rig System.

Frog Rig System ini mengacu pada gaya atau bentuk gerakan saat meniti tali. Jadi gerakannya seperti katak. 

Sistem ini dipilih karena paling nyaman diterapkan dan tingkat keamanannya juga tinggi. Umumnya, kalau di Indonesia itu banyak dipakai oleh pemanjat tebing atau penyusur goa.

Teknik yang Harus Dikuasai

Mau Belajar Panjat Tebing? Ini Pengetahuan Soal Teknik Single Rope

Image source: pexels.com/@johan-bos

Supaya bisa menguasai teknik ini lo harus ikuti pelatihan resmi dulu. Ada yang namanya Industrial Rope Access Trade Association (IRATA). IRATA salah satu penyelenggara untuk pelatihan rope access berlicency international. Tapi nggak harus ikuti itu, karena lo bisa juga belajar sama para senior-senior yang sudah menggeluti panjat tebing bertahun-tahun.

Kalau lo memang ingin belajar teknik memanjat dengan satu tali ini lo bisa belajar sama orang yang sudah berpengalaman. Secara umumnya, single rope technique ini cuma memiliki dua teknik aja bro yakni Ascending (naik meniti tali menggunakan askender) dan Descending (turun lewat tali menggunakan alat bantu). 

Kalau dua teknik dasar itu sudah dikuasai, maka tantangan selanjutnya itu adalah medan yang lo hadapi sendiri. Terkadang untuk bisa mengakses area tertentu dibutuhkan peralatan khusus dan keahlian yang tinggi dengan berbagai pengembangan teknik yang sempurna. So, banyak-banyak berlatih aja bro. 

 

Source: https://www.nadoutdoorlife.com/2017/07/pengetahuan-dasar-single-rope-technique.html
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Jossssss
agung
tq info ya
Bahar
Nice info
Dewandaru Krisna Wisnu
Nice trick