5 Benda Ini Sebaiknya Nggak Disentuh di Pesawat Saat Masa Pandemi

Bepergian menggunakan transportasi umum di masa pandemi yang belum juga tuntas ini memang masih sangat berisiko, termasuk transportasi pesawat. Sebaiknya lo nggak sembarangan menyentuh benda-benda yang ada di pesawat, bro.

5 Benda Ini Sebaiknya Nggak Disentuh di Pesawat Saat Masa Pandemi

Di masa pandemi yang belum selesai ini, bepergian menjadi bagian dari aktivitas yang sangat berisiko. Walaupun masyarakat sudah kembali diizinkan untuk bepergian dengan protokol kesehatan yang ketat, ada baiknya lo nggak sembarangan menyentuh benda-benda yang ada di dalam transportasi umum, bro. Salah satunya adalah transportasi pesawat.

Hal ini menjadi salah satu upaya untuk melindungi diri dari paparan virus. Perlu juga memahami, benda apa aja yang sebaiknya nggak disentuh saat berada di dalam pesawat. Nah, buat yang mau traveling naik pesawat, tetapi tetap mau aman dari paparan virus, berikut benda-benda yang sebaiknya nggak disentuh saat berada di pesawat.

Tray Tables

5 Benda Ini Sebaiknya Nggak Disentuh di Pesawat Saat Masa Pandemi

Image source: tasteofhome.com

Dilansir Travelmath, meja baki plastik yang biasa digunakan sebagai wadah saat makan merupakan benda paling kotor yang ada di kabin pesawat.

Namun, benda itu sangat dibutuhkan saat sedang dalam penerbangan. Menurut Ahli Mikrobiologi Travelmath, Schmidt, tekstur plastik yang berpori pada baki menciptakan tumpukan mikroba yang menempel dalam benda tersebut. Selain itu, kuman juga menempel di atas nampan.

Toilet Handles

5 Benda Ini Sebaiknya Nggak Disentuh di Pesawat Saat Masa Pandemi

Image source: mentalfloss.com

Saat berada di pesawat dan bandara, batasi intensitas ke kamar mandi atau toilet. Kamar mandi juga bisa menjadi sarang kuman.

Meski nggak berkerumun, aktivitas ini menimbulkan kontak fisik nggak langsung yang dilakukan melalui benda. Gagang pintu kamar mandi, kloset, dan benda-benda lainnya sangat mungkin menjadi tempat kuman atau virus bersarang.

Usahakan tangan nggak perlu memegang handle yang ada di tombol toilet. Sebab, gagang pintu toilet adalah salah satu benda yang pertama kali orang sentuh saat sedang dalam kondisi kotor. Lo bisa menggunakan tisu atau sapu tangan untuk menghindari sentuhan.

Ventilasi Udara di Atas Kepala

5 Benda Ini Sebaiknya Nggak Disentuh di Pesawat Saat Masa Pandemi

Image source: thesun.co.uk

Meski nggak sekotor toilet, namun ventilasi udara di atas kepala merupakan fasilitas yang sangat dekat dan paling sering digunakan saat berada di pesawat.

Menurut Schmidt, ketika menyalakan ventilasi udara, maka secara nggak langsung mikroba yang ada di sekitar akan mongering. Bakteri dan virus yang menempel di dalam ventilasi udara ini juga berpotensi membuat terpapar.

Kursi Pesawat

5 Benda Ini Sebaiknya Nggak Disentuh di Pesawat Saat Masa Pandemi

Image source: unsplash.com/@gitfo

Kursi di pesawat terbang pun menjadi salah satu benda yang juga berisiko tinggi untuk menjadi benda yang paling mudah menularkan virus kepada banyak orang.

Selain itu, kursi merupakan benda yang paling lama digunakan penumpang. Tanpa disadari, kursi pesawat sering kali tersentuh oleh penumpang lain saat berlalu-lalang di dalam pesawat.

Tabung Sabun

Pada masa pandemi seperti ini, cuci tangan menjadi aktivitas yang wajib dilakukan. Cuci tangan menggunakan sabun juga dipercaya dapat menghilangkan virus yang menempel di tubuh. Namun, pastikan tangan nggak menyentuh tabung sabun.

Hal tersebut lantaran tabung sabun merupakan benda pertama yang disentuh sebelum mencuci tangan. Dan pastikan untuk mencuci tangan hingga bersih usai menyentuh tabung sabun di toilet umum. Jangan lupa bersihkan sela-sela jari dan bagian bawah kuku agar kebersihan makin terjamin.

Nah, beberapa benda tersebut sebaiknya jangan sampai disentuh saat bepergian menggunakan pesawat. Kalau memang sudah tersentuh, cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun. Jangan lupa selalu bawa perlengkapan kebersihan sendiri juga, bro!

 

Source: kumparan.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
terima kasih infonya
Syahrul Ramadan
Terimakasih banya informasi bro
Sadri
Mantappp infonya
Ilham akbar
Thanks infonya
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
bener bgt
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Segera cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun setelah menyentuh benda benda diatas persiapan juga bawa handsanitiser
Dewandaru Krisna Wisnu
Dan lebih baik pake sarung tangan skali buang
Heni Oen
smoga wabah convig bisa berlalu biar ngak waswas