Tips dan Trik Supaya Pendakian Gunung Jadi Nggak Berasa Berat Lagi

Mendaki gunung mungkin menjadi hobi yang membuat semua penikmatnya jadi ketagihan. Padahal untuk melakukan kegiatan ini butuh persiapan panjang dan cukup berat. Namun, biar perjalanan mendaki nggak berat lagi, simak tips dan trik yang bisa dilakukan berikut ini, bro!

Tips dan Trik Supaya Pendakian Gunung Jadi Nggak Berasa Berat Lagi

Nggak bisa dipungkiri kalau kegiatan mendaki gunung bisa berhasil membuat banyak orang ‘kecanduan’. Nggak cukup hanya mendaki satu gunung, tapi selalu mau mencoba mendaki gunung-gunung lainnya. Namun, mendaki gunung juga butuh persiapan panjang, mulai dari perlengkapan hingga kondisi fisik. Juga nggak boleh meremehkan setiap detail kebutuhan selama pendakian.

Hal tersebut dilakukan supaya bisa pulang dengan selamat dan perjalanan mendaki juga jadi menyenangkan. Jadi sebelum pergi mendaki, wajib hukumnya mempelajari hiking hack ini. Nah, penasaran apa aja dan bagaimana? Berikut ini tips dan trik khusus biar pendakian makin menyenangkan dan nggak terasa berat lagi.

Ganti Kemasan Jajanan dengan Plastik Klip

Tips dan Trik Supaya Pendakian Gunung Jadi Nggak Berasa Berat Lagi

Image source: ikea.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau isi kemasan camilan sebagian besar berisi angin agar makanan bisa lebih awet. Namun, saat ingin dibawa ke pendakian, makanan ini bikin tas carrier cepat penuh.

Tapi tenang, camilan ini masih bisa dibawa bahkan lebih dari satu macam. Asal, ganti kemasan camilan yang besar dengan plastik klip. Cara ini jauh lebih menghemat ruang dan nggak banyak makan tempat. Jadi, tas masih sanggup menyimpan makanan jenis lain.

Pisahkan Barang-barang Menggunakan Plastik Klip

Tips dan Trik Supaya Pendakian Gunung Jadi Nggak Berasa Berat Lagi

Image source: daraz.com.np

Situasi di atas gunung memang susah untuk ditebak, jadi harus siap sedia membawa perlengkapan penting. Pisahkan barang-barang agar nggak tercampur berantakan dan menjaga supaya nggak basah saat hujan. Misalnya dengan menggunakan plastik klip.

Pisahkan barang-barang kecil dalam plastik yang berbeda, misalnya, alat masak, elektronik, atau kunci. Dengan cara ini, isi tas nggak lagi berantakan dan tetap aman walau sedang hujan.

Pasang Plester dan Petroleum Jelly di Telapak Kaki

Tips dan Trik Supaya Pendakian Gunung Jadi Nggak Berasa Berat Lagi

Image source: nationalgeographic.com

Jalanan yang mendaki seringkali bikin kaki jadi lecet. Kalau parah, telapak kaki juga bisa menjadi perih dan kulit terkelupas. Untuk mengatasinya, bisa dengan mengandalkan petroleum jelly. Oleskan di telapak kaki atau bagian-bagian tubuh yang kulitnya tipis lalu tutup dengan plester.

Bahan ini bisa meremajakan kulit dan menjaga kelembaban. Selain itu, plester bisa membantu kulit terhindar dari gesekan kasar dengan alas sepatu saat pendakian.

Kantongi Barang Penting di Saku Jaket

Kondisi alam yang kadang nggak bisa diprediksi, membuat para pendaki harus mempersiapkan dengan matang dan melakukan antisipasi segala kemungkinan. Salah satunya dengan menyimpan barang-barang penting di saku jaket.

Lebih baik, simpan kacamata hitam, botol kecil berisi air, atau camilan penambah energi di beberapa saku yang terdapat di jaket. Selain itu, jangan lupa kantongi satu kartu identitas pribadi di saku untuk mengantisipasi jika tersesat atau hilang arah.

Masukkan Ujung Celana ke Dalam Sepatu

Semak belukar seringkali meninggalkan goresan pada tubuh. Untuk menghindarinya, gunakanlah kaos kaki panjang atau sepatu. Nggak hanya itu, masukkan juga ujung celana panjang ke dalam sepatu atau kaos kaki. Dengan begitu, kaki jadi lebih aman dan terhindar dari goresan semak belukar.

Sesuaikan Arah Tenda dengan Arah Sngin

Memasang tenda juga nggak boleh sembarang kalau mau istirahat dengan nyaman. Pastikan arah tenda disesuaikan dengan arah angin, bro. Jika angin bertiup ke arah selatan, posisikan pintu tenda menghadap ke selatan atau timur atau barat.

Kalau memaksakan diri menghadap ke selatan dan menghadap angin, nggak mustahil udara dingin bikin makin menggigil dan nyamuk-nyamuk juga ikut singgah ke dalam tenda.

Perlu diingat bahwa mendaki gunung bukanlah olahraga yang mudah. Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang dan selama sampai kembali pulang. Beberapa tips dan trik tadi wajib untuk dipahami supaya pendakian jadi nggak terasa berat lagi, bro.

 

Source: www.hipwee.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
nice info
dephy
buanglah sampah pada tempatnya
Hilman rusdiyanto
info bags
Agung Sutrisno
Nice tips dan trik wajib dipahami para pendaki
Ilham akbar
Nice info
Ilham akbar
Nice info
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
nice info
Bahar
Nice info
Rosida
Sangat membatu