100 Tahun Hilang, Wolverine Menampakan Diri Lagi!

Mendengar nama hewan ini pasti yang terlintas langsung karakter fiksi di DC Comic deh. Nama hewan wolverine ini melekat banget dengan film Hollywood. 'Kuku'-nya tajam dan mampu mencabik-cabik sampai kulit robek.

100 Tahun Hilang, Wolverine Menampakan Diri Lagi!

Tapi ini bukan karakter fiksi di komik Amerika yang bakal dibahas. Tapi wolverine sesungguhnya, 'beruang mini' yang sudah 100 hilang tapi kini menampakkan diri lagi.

Wolverine betina dan anak-anaknya terlihat lagi di Taman Nasional Gunung Rainier, Washington, Amerika Serikat. Hewan ini termasuk sulit ditemukan manusia karena biasanya menyendiri dan menjauhi manusia.

Di Amerika Serikat, jumlahnya nggak mencapai 1.000 di 48 negara. Dan mereka kerap tinggal di area pegunungan. Washington sendiri bukan habitat khas wolverine. Makanya terlihat lagi hewan ini sangat menarik bagi Taman Nasional Gunung Rainier itu sendiri.

Dari penampakannya yang sekarang, pihak taman nasional langsung memasang banyak kamera buat memastikan kawanan wolverine lainnya bisa tertangkap mata kamera.

Wolverine Betina dan Dua Anaknya

100 Tahun Hilang, Wolverine Menampakan Diri Lagi!

Image source: National Park Service/Cascades Carnivore Project

Wolverine di Taman Nasional Gunung Rainier ini ditemukan oleh Ilmuwan dari Cascades Carnivore Project bekerja sama dengan National Park Service. Sang ilmuwan mengatakan jenis kelamin wolverine yang menampakkan diri itu berjenis kelamin wanita dan sedang bersama dua anaknya.

Sekadar diketahui nih bro, wolverine termasuk anggota terbesar dari keluarga musang, tetapi sangat gempal dan berotot. Makanya nggak heran kalau hewan ini kerap terlihat seperti beruang kecil daripada kerabat mustelidae yang lebih ramping.

Karakter hewan ini pemarah dan agresif. Tapi pihak National Park Service menyatakan kala wolverine juga ada kecenderungan hewan dengan karakter pemalu dan tidak menimbulkan ancaman bagi manusia.

Hewan ini memiliki tubuh kecil dengan telinga pendek dan bulat, mata kecil. Kakinya besar berguna untuk bepergian di salju.

Tertangkap Kamera yang Dipasang Tahun 2018

100 Tahun Hilang, Wolverine Menampakan Diri Lagi!

Image source: heraldnet.com

Hewan ini tertangkap kamera yang dipasang oleh para ilmuwan sejak tahun 2018 lalu. Kamera yang dipasang tentunya dirancang secara khusus untuk memotret dan mengidentifikasi individu wolverine berdasarkan tanda pola di dada.

Dari tangkapan kamera itu, induk wolverine tersebut dinamai Joni oleh Cascades Carnivore Project. Wolverine itu diidentifikasi sebagai betina yang sedang dalam masa menyusui.

Video ketiganya menampakkan diri di alam bebas bebas diunggah ke Twitter. Kelihatan dalam video itu tiga ekor wolverine sedang berjalan di ujung salju dan kemudian melalui padang rumput menuju hutan.

Fakta Tentang Wolverine 

Nama ilmiah wolverine adalah Gulo gulo. Gulo sendiri dalam bahasa Latin berarti 'pelahap'. Sesuai namanya, wolverine ini biasanya makan dengan cepat dan nyaris nggak ada sisa, persis seperti hewan yang kelaparan.

Makanan hewan ini macam-macam bro. Mulai dari rusa, berang-berang, tupai, kelinci, tikus, burung, hingga rubah dan landak. Kalau terpaksa mereka juga kadang makan.

Meski ukuran badannya kecil, tapi nyalinya wolverine ini luar biasa. Lihat saja hewan yang jadi mangsanya. Wolverine nggak takut untuk melawan hewan lain yang jauh lebih besar seperti rusa kutub, serigala, bahkan beruang.

 

Source: https://nationalgeographic.grid.id/read/132303740/wolverine-terlihat-kembali-setelah-menghilang-selama-100-tahun
Trending Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Yuniarto ( Tato )
Ada juga ternyata
Bahar
Nice info
Ilham akbar
Nice info
Dewandaru Krisna Wisnu
Lestarikan agar tak punah
Heni Oen
smoga bisa dilestarikan
Muhammad Fanji
Thanks infonya
Bahar
Nice info
Omentz
Nice infoooo
MUHAMMAD FAJAR HIDAYAH TULLAH
Nice info