Di Masa Depan Kabin Pesawat Bakal Anti-Corona, Kayak Gimana Ya?

Wabah virus COVID-19 sampai sekarang belum bisa diprediksi kapan selesainya dan seperti apa cara penanganan secara konkret. Dunia masih menerka-menerka dan progres pembuatan vaksin juga masih belum ada yang lulus uji di seluruh dunia.

Di Masa Depan Kabin Pesawat Bakal Anti-Corona, Kayak Gimana Ya?

Bahkan ada anggapan kalau virus Corona ini bisa melemah sendiri. Makanya sembari proses pembuatan vaksin, seluruh dunia mulai menyesuaikan diri, yang mana buktinya adalah pembukaan aktivitas lagi setelah dalam hitungan bulang menerapkan lockdown. Sebagian negara sudah ada yang menggeliat lagi aktivitasnya. Salah satu alasannya ekonomi.

Nah di tengah pandemi ini, muncul konsep pesawat dengan kabin yang anti-corona. Para desainer sudah memutar otak bagaimana pesawat memiliki kabin yang aman dari virus untuk masa depan.

Tata Kabin Kelas Ekonomi-Bisnis

Di Masa Depan Kabin Pesawat Bakal Anti-Corona, Kayak Gimana Ya?

Image source: PriestmanGoode

Konsep kabin pesawat masa depan ini dirilis oleh studio desain yang berbasis di Inggris bernama PriestmanGoode. Mereka mengembangkan kabin yang diperuntukan jika pandemi ini selesai. Fokusnya soal kebersihan dan ruang pribadi untuk menjaga penumpang tetap aman dan merasa rileks di dalam pesawat.

Buat penumpang kelas ekonomi, dalam konsep desain kabin ini akan duduk dalam konfigurasi kursi yang mana penumpang bisa bepergian sendirian, sebagai pasangan, atau berkelompok. Meja di masing-masing kursi yang disebut-sebut sebagai bagian terkotor di dalam kabin pesawat akan dihapus. 

Ada juga layar yang dipasangkan di setiap baris kursi. Sistem hiburan akan mendukung perangkat penumpang sendiri. Kantong kursi yang dinilai sebagai tempat berkembang biak bakteri akan ditiadakan dan diganti dengan kompartemen. Perubahan itu bukan cuma untuk menghadapi wabah COVID-19. Tapi, bencana kesehatan apapun di masa depan.

Nah, untuk penumpang kelas bisnis kenyamanan dan kesenangan menumpangi pesawat nggak pernah hilang. Dibanding kelas ekonomi, kelas bisnis bakal terjamin dari sisi kenyamanan.

Penumpang kelas bisnis ini akan terbang di ruang pribadi yang tertutup.  Kelas bisnis masih tetap mendapatkan televisi lalu disekat dengan tirai, lengkap dengan sistem kontrol suhu dan cahaya, serta lemari pakaian. Sistem hiburannya juga bakal disinkronisasi ke perangkat si penumpang.

Kabin didesain memiliki proses evaluasi kebersihan, dengan desain jok berbahan antimikroba.

Butuh 3 Tahun Buat Dikembangkan

Di Masa Depan Kabin Pesawat Bakal Anti-Corona, Kayak Gimana Ya?

Image source: PriestmanGoode

Karena kabin yang didesain ini masih sekadar konsep, maka studio PriestmanGoode ini butuh waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan desainnya. Minimal tiga tahun

Kabin pesawat masa depan yang dirancang  ini juga bakal dilengkapi dengan pembersihan ultra-violet UVC, dan fogging sebagai bagian dari proses pra-boarding kabin. Di tengah pandemi global ini, sang desainer sudah memikirkan perilaku manusia di masa depan. Sehingga konsep-konsep tadi diimplementasikan ke dalam desain kabin.

Meski ada desain 'anti-corona', tapi sang desainer ini nggak mau mengklaim solusinya bakal terbukti di masa depan nanti. Harapan dari desain ini, inovasi ini bisa meningkatkan ruang pribadi dan kebersihan di dalam pesawat. Termasuk meyakinkan penumpang kalau industri penerbangan jadi sektor vital setelah pandemi ini.

Prediksi dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional sudah mengumumkan kalau perjalanan udara global nggak akan pulih di tengah krisis pandemi ini sampai 2024. 

 

Source: https://travel.tribunnews.com/2020/08/03/kabin-pesawat-bakal-berubah-setelah-pandemi-covid-19-seperti-apa
https://travel.detik.com/fototravel/d-5146961/foto-kabin-pesawat-canggih-anti-corona-di-masa-depan
Trending Beginner Extreme solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Bagus nih....
Heni Oen
protokol kesehatannya bagus
Bahar
Nice indo
Ilham akbar
Nice info
Dewandaru Krisna Wisnu
Tampak sprti room karaoke.. nice
Yuniarto ( Tato )
nice infoii
Heni Oen
protokolnya spt itu
Muhammad Fanji
Good info nih
Bahar
Nice info
Omentz
Nice info