Beragam Jenis Offroad yang Menantang dan Memacu Adrenalin

Kegiatan offroad merupakan salah satu olahraga ekstrem yang banyak digemari para pencinta tantangan. Nah, buat lo yang baru mau menggeluti olahraga ini, ketahui dulu beragam jenis offroad yang menantang dan memacu adrenalin berikut ini, bro.

Beragam Jenis Offroad yang Menantang dan Memacu Adrenalin

Offroad merupakan kegiatan mengendarai kendaraan di luar jalan raya seperti jalan tanah, lumpur, pasir, sungai, atau batuan yang masih dalam kondisi alami. Atau dengan kata lain perjalanan dengan kendaraan bermotor di luar jalanan beraspal melewati berbagai rintangan alam.

Dalam offroad sendiri terdapat beberapa jenis olahraga yang bisa dinikmati. Jenis olahraga tersebut dibedakan menurut jenis medan dan jenis kendaraan yang digunakan. Dalam permainan offroad juga harus mempunyai keterampilan khusus untuk mengendarai mobil offroad.

Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa dinikmati jika tertarik dengan dunia offroad, bro.

Dune Bashing

Beragam Jenis Offroad yang Menantang dan Memacu Adrenalin

Image source: dotravel.com

Dune Bashing disebut juga dengan safari gurun. Olahraga offroad jenis ini bisa dilakukan dengan kendaraan yang mampu melewati medan gurun pasir maupun perbukitan pasir. Olahraga offroad ini rata-rata diminati oleh orang-orang yang tinggal di kawasan dekat dengan gurun pasir dan memiliki jiwa adrenalin yang tinggi.

Salah satu permainan Dune Bashing yang terkenal dan banyak diminati oleh wisatawan yang datang ke negara-negara timur tengah adalah Tatees. Dengan offroad seperti ini para offroader dituntut untuk mendaki kendaraannya ke bukit pasir yang cukup tinggi.

Cross Country

Beragam Jenis Offroad yang Menantang dan Memacu Adrenalin

Image source: unsplash.com/@alirezanaseri

Untuk offroad jenis ini dilakukan dengan cara melalui perjalanan yang panjan atau disebut juga safari. Tantangan yang diterima oleh offroader jenis ini lebih ekstrem karena harus melalui banyak medan dengan rintangan yang berbeda-beda.

Kendaraan yang digunakan juga harus yang sudah dimodifikasi dan mampu melakukan perjalanan panjang hingga berhari-hari lamanya. Offroad jenis ini sering dilakukan dengan medan berupa lintasan gurun pasir, oase, lereng curam, pesisir pantai, dan masih banyak rintangan yang dapat ditemui.

Green Laning

Beragam Jenis Offroad yang Menantang dan Memacu Adrenalin

Image source: unsplash.com/@ciarrocca

Offroad jenis ini bisa dibilang nggak terlalu ekstrem dibandingkan dengan jenis offroad yang lainnya. Kendaraan roda 4 yang ingin digunakan juga nggak harus dimodifikasi terlebih dahulu atau tanpa peralatan tambahan.

Istilah Green Laning mengacu pada rute-rute yang dilewati sebagian besar berada di sepanjang jalur yang nggak terhalang. Biasanya rute yang dipilih oleh jenis Green Laning ini seperti hutan, pedesaan, dan jalanan rusak yang nggak terlalu parah. Selain itu, kegiatan offroad jenis ini bisa dilakukan dengan menikmati alam yang indah.

Mudding

Beragam Jenis Offroad yang Menantang dan Memacu Adrenalin

Image source: wallpaperup.com

Sesuai dengan namanya, jenis offroad ini dilakukan di medan yang berlumpur. Permainan offroad jenis ini menuntut para offroader untuk melewati medan berlumpur tanpa terjebak di dalamnya. Untuk melakukan offroad jenis Mudding ini, kendaraan yang digunakan harus dimodifikasi terlebih dahulu pada rodanya agar bisa melewati lumpur tanpa terjebak di dalamnya.

Ada berbagai jenis offroad lumpur, dari lumpur longgar dan berair sampai lumpur tebal, lengket, atau bahkan pasir basah. Untuk bisa menaklukkan masing-masing medan rintangan berlumpur ini membutuhkan peralatan dan keterampilan yang berbeda.

Rock Crawling

Buat yang mau menantang adrenalin lebih dari jenis offroad yang lainnya, Rock Crawling bisa menjadi pilihan yang menarik. Jenis offroad ini melibatkan negosiasi jalur agresif yang diisi dengan bebatuan besar. Medan batu ekstrem mungkin merupakan aktivitas paling menonjol dalam jenis offroad.

Butuh usaha yang keras hingga sampai di atas atau turun di bawah, di balik itu dibutuhkan keterampilan dan model kendaraan yang tepat, termasuk bumper tugas berat, suspense, dan derek.

Nah, itulah beberapa jenis offroad yang paling menantang dan memacu adrenalin. Bagaimana, lo tertarik untuk mencoba jenis offroad yang mana, bro?

 

Source: male.co.id
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
wah kayaknya asyik banget
Syahrul Ramadan
Waow keren
Ilham akbar
Keren banget
Yuniarto ( Tato )
Seru abissss nih
Fajar Satritama
Mantaap juga ya bro
Agung Sutrisno
Rock Crawling menantang adrenalin dengan menyusuri sungai berbatu
Dewandi amirullah
Cross country sprtinya asikk,
Yuniarto ( Tato )
Nice infooo
Omentz
Keren banget
Suranto simanullang
Benar2 menguji adenalin ini