Gunung di Pulau Jawa yang Cocok untuk Mendaki Tektok

Menyaksikan matahari terbit yang berwarna keemasan di puncak gunung memang pasti bakal menjadi pengalaman yang takkan terlupakan. Namun, bagi orang yang memiliki waktu libur terbatas pasti hal tersebut sangat sulit dilakukan. Pasalnya, mendaki gunung biasanya memakan waktu dua sampai tiga hari. Tapi tenang, lo masih bisa mendaki tektok di Gunung-gunung di Pulau Jawa berikut ini, bro!

Gunung di Pulau Jawa yang Cocok untuk Mendaki Tektok

Tektok, para pendaki gunung pasti sudah nggak asing dengan istilah mendaki yang satu ini. Yup, istilah tektok ini biasanya digunakan untuk pendakian yang dilakukan sekali jalan tanpa menginap di dalam tenda, bro.

Sebagian besar orang biasanya menyebut istilah ini dengan pulang-pergi atau pp. Nah, kalau lo punya waktu libur yang terbatas dan ingin mendaki gunung tektok, berarti lo harus cobain mendaki beberapa gunung di Pulau Jawa berikut ini, bro!

Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

Gunung di Pulau Jawa yang Cocok untuk Mendaki Tektok

Image source: datawisata.com

Buat yang tinggal di Jogja dan sekitarnya, atau yang mau ke Jogja, cobain mendaki Gunung Nglanggeran deh, bro! Lo pasti nggak bakal nyesel menghabiskan waktu liburan singkat di gunung yang eksotik ini.

Memiliki ketinggian 700 mdpl, lo hanya butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai di puncaknya. Akses untuk mendaki gunung api purbakala ini pun nggak sulit, kok. Udah ada tangga-tangga kayu dan tali agar para pendaki lebih cepat dan mudah menapaki jalur pendakiannya.

Gunung Parang, Jawa Barat

Gunung di Pulau Jawa yang Cocok untuk Mendaki Tektok

Image source: backpackerjakarta.com

Gunung setinggi 930 mdpl ini adalah gunung batu andesit tertinggi di Indonesia dan menjadi lokasi panjat tebing tertinggi kedua se-Asia lho, bro. Nggak heran, jika gunung ini sangat populer di kalangan pencinta olahraga extreme, khususnya pendaki gunung dan pemanjat tebing.

Yup, uniknya di gunung ini, lo harus mendaki gunung dengan cara panjat tebing, bro! Gunakanlah jalur mendaki via Ferrata. Lo juga bakal diwajibkan untuk menggunakan helm, carabiner, seat harness, dan sarung tangan yang disediakan operator selayaknya perlengkapan untuk panjat tebing. Melalui via Ferrata ini, lo bisa mendaki gunung dengan berpijak pada anak tangga dari besi yang udah ditancapkan ke gunung. Keren deh, bro!

Gunung Pulosari, Banten

Gunung di Pulau Jawa yang Cocok untuk Mendaki Tektok

Image source: Loka Avontur

Di Banten juga ada lho, gunung yang bisa didaki cuma sehari. Yup, Gunung Pulosari di Provinsi Banten ini memiliki ketinggian 1346 mdpl, bro. Biasanya, para pendaki bisa mencapai puncaknya dalam kurun waktu 1,5 sampai 2 jam saja.

Meskipun jalur pendakiannya agak curam, tapi nggak bakal berasa kok, bro! Sebab, semua rasa lelah lo pasti bakal terbayarkan dengan pemandangan yang menakjubkan di puncak gunung ini.

Gunung ini juga terbilang ramah pendaki pemula lho, bro. Jadi, kalau lo mau ajak temen yang belum pernah mendaki gunung ini patut dicoba. Tapi, tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat mendaki gunung a, bro!

Gunung Papandayan, Jawa Barat

Gunung di Pulau Jawa yang Cocok untuk Mendaki Tektok

Image source: tapala.wordpress.com

Gunung ini juga menjadi salah satu gunung berapi aktif yang masih sering dijelajahi oleh para pendaki lho, bro. Gunung Papandayan di Garut ini memiliki ketinggian sekitar 2665 mdpl. Para pendaki biasanya menghabiskan waktu sekitar 5 sampai 6 jam untuk bisa sampai di puncaknya.

Meskipun memiliki ketinggian yang terbilang rendah, jalur pendakian Gunung Papandayan memang cukup curam dan terdapat banyak tebing terjal. Ada beberapa spot menarik yang bisa lo kunjungi di sini bro, seperti kolam belerang dan hutan mati.

So, itulah beberapa gunung di Pulau Jawa yang bisa dijelajahi dengan cara mendaki tektok. Lo pernah mendaki yang mana, bro?

 

Referensi : https://blog.misteraladin.com/9-gunung-ini-bisa-didaki-cuma-sehari/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Ini si keren banget
Fajar Satritama
Mantap mantap inimah
Hilman rusdiyanto
mantabbbb
Agus Sungkawa
Deket juga nih gunung papandayan
Ldr_Lstyd
pengen nanjak
Ilham akbar
Keren banget
agung
tq info ya
Agung Sutrisno
Gunung Nglanggeran puas disana menyaksikan indahnya gunung Purba
Allink
Mantapppp
Rdh
Nice info