Dendy Baratdaya: Perjalanan Mengenal Kekayaan Kopi Nusantara

Satu lagi kesenangan yang gue temui ketika menjalani backpacking keliling Indonesia, kecintaan terhadap kopi Nusantara.

Dendy Baratdaya: Perjalanan Mengenal Kekayaan Kopi Nusantara

Berawal dari obrolan singkat dengan seorang kawan di Aceh, beliau mengajak untuk mengenal budaya kopi orang Aceh yang sangat unik dan sudah ada sejak dahulu kala.

Gue mulai belajar dan mendalami tentang dunia kopi Nusantara, di setiap daerah yang gue kunjungi dari Sabang sampai Merauke, gue selalu menyempatkan untuk menelusuri budaya kopi mereka, mulai dari belajar tentang proses di kebun, hingga bagaimana kopi itu disajikan di kedai-kedai kopi lokal. Ternyata, negara kita ini merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia!

Kopi Nusantara yang Digemari Dunia

Dendy Baratdaya: Perjalanan Mengenal Kekayaan Kopi Nusantara

Semakin dalam gue masuk ke dunia kopi, akhirnya tercetuslah ide ingin membuat sebuah kedai kopi yang menjual kopi-kopi asli Nusantara sembari mengenalkan lebih jauh tentang sebuah kekayaan negeri  ini, kopi. Siapa sangka, kopi arabika dari Gayo atau dari Solok mempunyai nilai jual yang tinggi di daratan Eropa dan Australia sana.

Beberapa petani kopi hebat yang saya temui juga bercerita, bagaimana negara-negara di luar sana begitu mengapresiasi kualitas kopi negeri ini dengan cara penyajian dan budaya yang benar. Menurut gue, akan sangat rugi jika kita sebagai masyarakat lokal tidak ikut serta untuk menikmati hasil kopi dari bumi pertiwi ini.

Berdirinya Baratdaya Coffee

Dendy Baratdaya: Perjalanan Mengenal Kekayaan Kopi Nusantara

Akhir tahun 2019 kemarin, akhirnya berdirilah Baratdaya Coffee yang merupakan sebuah realisasi dari salah satu impian gue. Sebuah kedai kopi di pinggiran ibukota yang menjual kopi-kopi Nusantara dengan banyak cerita perjalanan di dalam kedai ini.

Meski baru memulai langkah baru sebagai pelaku usaha kopi, gue tetap melakukan banyak perjalanan ke pelosok negeri meski tak seintens dulu. Sebuah pencapaian buat gue karena telah berhasil mencapai 32 provinsi di Indonesia, beberapa bahkan sampai ke pelosok daerah yang bahkan sangat jarang orang luar masuk ke tempat itu.

Perjalanan yang Nggak Akan Usai

Dendy Baratdaya: Perjalanan Mengenal Kekayaan Kopi Nusantara

Tapi perjalanan ini belum usai, passion gue sebagai pejalan yang ingin selalu mengenalkan tempat-tempat eksotis dan kekayaan budaya negeri ini akan terus berlanjut, dan tidak lupa gue juga akan tetap menyeduh kopi-kopi Nusantara di kedai kopi yang gue dirikan. Cerita-cerita tentang kemegahan alam negeri ini akan terus mengudara melalui tulisan, foto, video, dan juga obrolan-obrolan di kedai kopi.

Akhir kata, proses perjalanan yang gue lalui punya andil besar dalam hidup gue, mengenal banyak orang dari berbagai suku dan daerah, membuat gue lebih menghargai perbedaan.

Cerita perjuangan para petani kopi di daerah juga akan menjadi sebuah kisah manis yang akan tetap gue perjuangkan di kedai kopi gue, dan passion sebagai seorang pejalan akan terus ada, karena sejatinya hidup adalah sebuah proses yang tak pernah ada habisnya.

Gue akan tetap berproses menjadi lebih baik lagi dan nggak akan  pernah berhenti belajar, dari siapapun, sampai kapanpun!

My Wave Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Fajar Satritama
Mantap mantaaaap
dephy
kopi indonesia yang mendunia
Yuniarto ( Tato )
Kopi kita nikmat
Heni Oen
banyak jenis kopi indonesia
Agus Sungkawa
Cita rasa kopi
Ilham akbar
MantappPpp
Ldr_Lstyd
keren lur
Bahar
Nice info
Ilham akbar
Nice info
Dewandi amirullah
Amazing info