6 Jenis Tanaman Obat yang Ada di Gunung dan Khasiatnya

Para pendaki gunung pasti sudah nggak asing dengan beberapa tanaman obat dengan segala khasiatnya. Ada yang bisa untuk mengobati luka luar, menghilangkan rasa lelah, dan masih banyak lagi khasiat lainnya. Apa saja tanaman obat yang biasa tumbuh di daerah pegunungan? Lalu, apa saja khasiatnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

6 Jenis Tanaman Obat yang Ada di Gunung dan Khasiatnya

Alam bebas memang sangatlah sulit untuk ditebak. Wajar saja, jika para petualang seringkali terkena musibah atau mengalami kejadian yang tidak diharapkan saat berpetualang di alam bebas. Oleh karena itu, lo harus pahami tanaman obat di gunung dan khasiatnya berikut ini, bro!

1. Kirinyuh

6 Jenis Tanaman Obat yang Ada di Gunung dan Khasiatnya

Image source: wikipedia

Tanaman obat yang satu ini biasanya tumbuh di ketinggian 1.000 – 2.800 mdpl, bro. Salah satu gunung yang ditumbuhi tumbuhan kirinyuh ini yaitu Gunung papandayan di Garut, Jawa Barat.

Tanaman ini bermanfaat sebagai obat penyembuh luka, bahkan beberapa orang berpendapat kirinyuh ini lebih ampuh jika dibandingkan obat penyembuh luka di pasaran, bro.

Cara penggunaannya yaitu dengan meremas-remas beberapa pucuk daun kirinyuh dan diperas agar keluar airnya. Setelah itu, air tersebut tinggal diteteskan pada luka yang masih baru. Meski perih, namun khasiatnya sangat mujarab untuk menyembuhkan luka tersebut, bro!

2. Sambiloto

6 Jenis Tanaman Obat yang Ada di Gunung dan Khasiatnya

Image source: nusantaratv.com

Daun Sambiloto ini memang sudah lama dikenal sebagai obat herbal, untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman obat yang biasa tumbuh di daerah pegunungan ini dianggap mampu menyembuhkan penyakit demam, malaria, gigitan nyamuk, radang tenggorokan, sampai tekanan darah tinggi, bro.

Caranya penggunannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengambil beberapa daun Sambiloto dan dicuci bersih. Setelah itu, barulah daun sambiloto direbus dan diminum air hasil rebusannya, bro.

3. Rosella

6 Jenis Tanaman Obat yang Ada di Gunung dan Khasiatnya

Image source: jurustani.com

Bunga Rosella yang berasal dari Afrika dan terlihat cantik ini biasanya banyak tumbuh di lereng Gunung Wilis, Jawa Timur. Bunga berwarna merah ini mengandung banyak antioksidan lho, bro. Nggak heran, jika Bunga Rosella ini termasuk dalam daftar tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Karena kandungan antioksidan tersebut, bunga ini seringkali dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, hingga mengatasi penyakit kanker. Cara mengolahnya cukup diseduh seperti teh lalu langsung diminum, bro.

4. Paku Rane

6 Jenis Tanaman Obat yang Ada di Gunung dan Khasiatnya

Image source: visitkalsel.com

Tanaman yang banyak ditemukan di Gunung Pangrango ini juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman herbal lho, bro. Paku Rane diklaim bisa mengobati penyakit meriang, gangguan pencernaan, mengobati batuk, nyeri perut, sampai penyakit maag.

Caranya penggunaannya yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun paku rame, lalu direbus dan diminum. Sedangkan, khusus untuk penyakit kulit daun Rosella harus digosokkan pada kulit yang sedang terkena penyakit tersebut, bro.

5. Ilalang

6 Jenis Tanaman Obat yang Ada di Gunung dan Khasiatnya

Image source: kompasiana.com

Ilalang yang banyak tumbuh di pegunungan dan sekitar kita ternyata bukanlah sekadar tanaman yang nggak ada manfaatnya lho, bro. Ilalang disebut-sebut bisa diambil rimpangnya, guna menyembuhkan berbagai penyakit. Air rebusan rimpang Ilalang inilah yang diklaim bisa mengatasi tekanan darah tinggi, kencing manis, asma, infeksi ginjal, batu empedu, hingga buang air kecil yang kurang lancar.

6. Pakis Hutan

6 Jenis Tanaman Obat yang Ada di Gunung dan Khasiatnya

Image source: akasakaoutdoor.co.id

Pakis hutan yang banyak ditemukan di daerah pegunungan dan tepi sungai ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan lho, bro. Bagian yang dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian pucuk daunnya yang masih muda dan rasanya pun lezat bila dimasak sebagai sayuran.

Pakis hutan ini biasa dipakai untuk mengatasi penyakit gangguan sistem imun yang menyebabkan tubuh lemas dan meriang, menurunkan demam, menguatkan otot, meningkatkan stamina, serta menghilangkan stres.

So, itulah beberapa tanaman obat yang biasa tumbuh di daerah pegunungan dan khasiatnya. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat berpetualang ya, bro!

 

Referensi : https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/ini-7-tanaman-obat-yang-tumbuh-di-gunung-beserta-fungsinya
In Depth Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
nice info
Ilham akbar
Nice info
SURIANTO
Ini info yang sangat penting
WARATARUNI PRATIWI
Wah keren nih
Yuniarto ( Tato )
info yg sangat bermanfaat
Rdh
Nice info
Dewandi amirullah
Sangat bermanfaat informasi nya