3 Destinasi Wisata Eksotik Dekat Lokasi Film "Tilik"

Sudah nonton film pendek berjudul Tilik, bro? Yup, film pendek yang disutradarai Wahyu Agung Prasetyo ini memang menjadi bahan pembicaraan warganet beberapa waktu belakangan ini. Namun, ternyata di dekat lokasi pengambilan gambar film ini ada beberapa destinasi wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan lho, bro. Destinasi wisata apa saja yang ada di dekat lokasi film Tilik? Berikut ulasan selengkapnya!

3 Destinasi Wisata Eksotik Dekat Lokasi Film

Film Tilik sendiri merupakan sebuah film pendek yang bercerita tentang perjalanan sejumlah ibu desa yang hendak menjenguk (dalam bahasa Jawa biasa disebut tilik) Bu Lurah di rumah sakit. Perjalanan ke rumah sakit tersebut dilakukan dengan menggunakan sebuah truk yang menjadi saksi pergunjingan Bu Tejo dan ibu-ibu lainnya, bro.

Nah, dalam film ini lo pasti bakal menyaksikan adegan di mana truk tersebut melewati jalan yang dikelilingi oleh hutan pinus yang menyegarkan dan menakjubkan. Yup, lokasi tersebut berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, bro.

Kecamatan Dlingo sendiri terdiri dari beberapa desa yaitu Desa Terong, Dlingo, Temuwuh, Muntuk, Mangunan, dan Jatimulyo. Kecamatan ini juga terletak di dataran tinggi dengan bentang alam berupa pegunungan. Wajar saja, jika suhunya terbilang sejuk dan menyegarkan.

Selain sejuk, salah satu lokasi di film Tilik ini ternyata memiliki destinasi wisata yang sayang banget jika dilewatkan lho, bro. Berikut ini tiga destinasi wisata eksotik dekat lokasi film Tilik yang harus lo ketahui!

Hutan Pinus Pengger

3 Destinasi Wisata Eksotik Dekat Lokasi Film

Image source: instagram.com/mysuitcasejourneys

Salah satu destinasi wisata yang berada di Kecamatan Dlingo dekat lokasi film Tilik yaitu hutan Pinus Pengger. Hutan ini berada di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, bro.

Destinasi wisata ini pastinya menawarkan panorama hutan pinus yang masih alami dan asri di kawasan perbukitan dengan udara yang sangat sejuk. Untuk lebih menarik minat pengunjung, tempat ini juga menawarkan berbagai spot foto menarik seperti jembatan kayu, tangan raksasa, rumah pohon, sampai sangkar burung raksasa, bro.

Selain itu, tempat wisata di lokasi film Tilik ini juga merupakan tempat wisata malam favorit para kawula muda. Menjelang sore, tempat ini biasanya sudah diserbu pengunjung yang juga berburu matahari terbenam. Saat malam hari tiba, mereka biasanya berfoto dengan latar belakang gemerlap lampu-lampu kota Yogyakarta, sehingga foto yang dihasilkan pun sangat indah dan Instagramable abis, bro.

Gua Gajah

3 Destinasi Wisata Eksotik Dekat Lokasi Film

Image source: instagram.com/rosalina1312

Tempat wisata selanjutnya yang bisa lo temukan di dekat lokasi film Tilik yiatu Gua Gajah. Yup, gua ini berada di Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY. Gua yang eksotik ini memiliki kedalaman sekitar 200 meter dan merupakan gua horizontal yang masih sangat alami, bro.

Penamaan gajah sendiri bukan karena keberadaan hewan tersebut di dalam gua, melainkan adanya bongkahan batu yang bentuknya menyerupai seekor gajah. Kalau lo bermimpi ingin mengunjungi tempat wisata yang tersembunyi di dalam perut bumi dan merupakan pecinta kegiatan susur gua, maka Gua Gajah adalah pilihan yang tepat.

Daya tarik utamanya adalah cahaya yang masuk melalui lubang di sisi barat gua, sehingga lo seperti melihat cahaya dari surga, bro. Untuk mendapatkan pemandangan ini, sebaiknya datanglah setelah jam 12.00 saat matahari lebih condong ke barat.

Kebun Buah Mangunan

3 Destinasi Wisata Eksotik Dekat Lokasi Film

Image source: alodiatour.com

Kecamatan Dlingo di dekat lokasi film Tilik ini juga memiliki destinasi wisata bernama Kebun Buah Mangunan yang berada di Desa Mangunan, Kabupaten Bantul, bro. Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki kebun buah yang terdiri dari pohon durian, mangga, manggis, belimbing, jeruk, rambutan, jambu biji, sirsak, dan jambu monyet.

Selain itu, ada juga pohon jati, pinus, akasia, king grass dan pagar hidup untuk menambah kesejukan di tempat tersebut. Kalau lo ingin merasakan sensasi wisata memetik buah, maka sebaiknya datang ke tempat ini saat musim panen buah, bro.

Kebun Buah Mangunan juga memiliki penangkaran satwa rusa Timor yang bisa dilihat dari jarak yang cukup aman, lho. Jika tidak terlalu tertarik dengan kegiatan-kegiatan tersebut, destinasi wisata di dekat lokasi film Tilik ini juga memiliki tempat pemancingan, taman bermain sampai kolam renang.

Berada di ketinggian 200 meter dari permukaan laut, lo juga bisa menikmati pemandangan gunung-gunung yang diselimuti gumpalan awan di tempat ini, bro. Kalau lo datang saat subuh sebelum matahari terbit, lo juga bisa melihat penampakan kabut yang menyelimuti area di bawah kebun yang semakin menegaskan julukan negeri di atas awan!

So, itulah tiga destinasi wisata eksotik dekat lokasi film Tilik yang harus lo ketahui. Mau mengunjungi yang mana dulu nih, bro? Ceritakan di kolom komentar ya!

 

Referensi : https://www.bobobox.co.id/blog/tempat-wisata-cantik-yang-bisa-kamu-kunjungi-di-lokasi-film-tilik/
Trending Beginner Extreme solo traveling

2 COMMENTS

SHARE
Allink
Mantap infonya
Dewandi amirullah
Wonderful infonya kereeeeeennnn