Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Pendakian Selama 7 Hari?

Kegiatan pendakian biasanya dilakukan untuk melepas rasa penat dan menenangkan pikiran. Nah, biasanya berapa lama waktu yang dihabiskan saat lo mendaki gunung sampai turun, bro? Kalau mau menghabiskan waktu selama 7 hari untuk pendakian, simak persiapan yang harus dibawa berikut ini!

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Pendakian Selama 7 Hari?

Mendaki gunung sekarang ini bisa dibilang sebagai kegiatan wajib para pencinta alam ya, bro. Rasanya nggak lengkap kalau belum menghabiskan waktu untuk melakukan pendakian saat ada kesempatan. Selain untuk berolahraga, nggak jarang juga kegiatan ini dilakukan untuk berwisata. Tinggal pilih aja gunung mana yang mau didaki untuk menghabiskan waktu liburan.

Trek pendakian yang berbeda di setiap gunung juga mengharuskan para pendaki mempersiapkan banyak hal. Mulai dari perlengkapan, bahan makanan, hingga kondisi fisik yang prima. Apalagi kalau mau mendaki dengan durasi waktu yang cukup lama, perlu persiapan yang matang.

Nah, kalau mau punya pengalaman seru melakukan pendakian gunung selama 7 hari, sebaiknya lo mempersiapkan segala sesuatunya secara matang. Jangan sampai ada yang terlupakan atau malah kekurangan bahan makanan, bro.

Untuk itu, Riski Hidayattulloh alias Avel sebagai pebisnis muda yang juga hobi mendaki gunung, bakal memberikan tips persiapan yang harus dibawa saat pendakian selama 7 hari. Pernyataan ini berdasarkan pengalaman Avel mendaki Gunung Merbabu selama 7 hari bersama ketiga orang temannya.

Peralatan

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Pendakian Selama 7 Hari?

Image source: unsplash.com/@blavon

Melakukan pendakian tentu harus membawa berbagai macam peralatan lengkap. Mulai dari tenda, flysheet, kursi portable, sleeping bag, jas hujan, kanebo, baterai dan senter, hingga peralatan masak seperti kompor dan nesting. Nggak lupa juga untuk membawa perlengkapan P3K seperti obat-obatan dan tabung oksigen kecil.

“Karena pendakiannya selama 7 hari, kalau bisa dicatat juga peralatan cadangan yang dibawa. Pikirkan juga kondisi yang nggak terduga, karena kan nggak tau nanti di atas bakal hujan atau enggak. Jadi sebaiknya disiapkan aja seperti jas hujan dan kanebo,” ujar Avel.

Bahan Makanan

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Pendakian Selama 7 Hari?

Image source: unsplash.com/@dimhou

Karena pendakiannya dilakukan selama 7 hari, bahan makanan yang dibawa pun disesuaikan dengan jumlah orang dalam kelompok. Semakin banyak jumlah orangnya, maka semakin banyak juga persediaan makanan yang dibawa.

“Bahan makanan yang paling penting dibawa itu udah pasti beras, pokoknya yang paling penting kan makan nasi, ya. Setelah itu baru bawa bahan makanan lain seperti tempe, ikan teri, sayur-sayuran untuk sop, mie instan, sarden, bakso, telur, bumbu dapur dan bumbu racik supaya lebih praktis,” ujar Avel.

Setiap bahan makanan yang dibawa juga perlu dikemas sebaik mungkin, supaya nggak mudah rusak atau bahkan basi. Selain itu, sebaiknya buat jadwal menu makanan selama 7 hari pendakian, agar makanan yang mudah rusak atau basi bisa dimasak terlebih dulu.

Air juga menjadi kebutuhan yang nggak kalah pentingnya buat dibawa saat melakukan pendakian. Karena nggak semua gunung memiliki sumber mata air, jadi harus disiapkan dari basecamp yang menyediakan air.

“Karena perginya berempat, jadi setiap orang bawa air minum masing-masing 3 botol ukuran 1,5 liter. Selain itu juga bawa air mentah menggunakan jerigen ukuran 5 liter. Kalau pas di atas turun hujan, bisa juga dibuat tempat penampungan air di dekat tenda. Lumayan airnya bisa dipakai buat cuci piring,” ujar Avel.

Siapkan Budget

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Pendakian Selama 7 Hari?

Image source: unsplash.com/@alexandermils

Pendakian yang dilakukan selama 7 hari bersama teman satu kelompok ini tentu perlu persiapan budget yang matang juga. Budget yang disiapkan harus dicatat, mulai dari ongkos kendaraan dari stasiun sampai ke basecamp pertama. Siapkan juga dana kelompok untuk membeli bahan makanan dan siapkan dana untuk hal nggak terduga.

Fisik yang Kuat

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Pendakian Selama 7 Hari?

Image source: pexels.com/@ozgomz

Jika peralatan, bahan makanan, serta budget sudah siap semua, jangan sampai kondisi fisik belum siap, ya. Fisik yang kuat juga akan membuat perjalanan pendakian menjadi semakin menyenangkan. Jangan sampai memaksakan diri kalau kondisi fisik nggak benar-benar dalam keadaan prima.

Waktu

Kalau mau melakukan pendakian selama 7 hari, tentu yang harus disiapkan adalah waktunya ya, bro. Waktu luang selama 7 hari memang susah didapatkan bagi para pekerja. Tapi, kalau punya waktu luang untuk melakukan pendakian, bisa disesuaikan dengan waktu yang ada aja kok, bro.

Sesungguhnya melakukan pendakian ke gunung bukan hanya sekadar mencapai puncaknya aja, namun juga banyak pelajaran yang bisa diambil. Selama pendakian, Avel bertemu banyak kelompok lain yang juga saling membantu dalam hal mendaki maupun berbagi makanan.

Nah itu dia beberapa tips persiapan mendaki selama 7 hari yang disampaikan oleh Avel. Jangan lupa persiapkan segala kebutuhan dengan matang, bro!

Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Tips nya mantaaaap
eNeS
lama gak buka. baca dulu lah ya..
Fajar Satritama
Mantaaap mantaaap nih
Heni Oen
tipsnya sangat bermanfaat
Dewandi amirullah
Persiapan yg matang
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
bener bgt
Ilham akbar
Mantappppp
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Perlu persiapan waktu yg matang dan bahan makanan, hingga kondisi fisik yang prima