Menu Makanan Anti Mainstream untuk Dimasak Saat Pendakian

Mendaki gunung biasanya identik dengan menyantap mie instan dan menyeduh kopi hangat di atas gunung. Biar nggak bosan dengan menu makanan saat pendakian yang itu-itu aja, simak pilihan menu makanan yang bisa dicoba berikut ini!

Menu Makanan Anti Mainstream untuk Dimasak Saat Pendakian

Melakukan pendakian dan bermalam menggunakan tenda di alam bebas, menjadi salah satu momen yang berkesan saat mendaki gunung. Selain itu, memasak makanan untuk disantap di atas gunung juga jadi momen menarik. Apalagi kegiatan mendaki gunung merupakan aktivitas yang membutuhkan banyak energi dan nutrisi yang baik buat tubuh.

Asupan makanan selama pendakian pun menjadi salah satu faktor penunjang kenyamanan saat mendaki gunung. Pasti nggak mau kan kalau tubuh malah merasa lemas karena kurang mendapatkan energi dari makanan yang disantap?

Menu mie instan mungkin menjadi bahan makanan wajib yang dibawa saat melakukan pendakian. Selain karena rasanya yang nikmat, mie instan juga sangat mudah untuk dimasak tanpa harus repot-repot. Tapi, apa nggak bosan dengan menu yang itu-itu aja, bro?

Nah, biar ada variasi menu makanan lainnya, Riski Hidayattulloh atau Avel sebagai pendaki gunung yang juga suka berkreasi dalam membuat menu makanan, bakal memberikan beberapa menu makanan anti mainstream yang bisa dimasak saat pendakian, bro. Simak ulasan selengkapnya!

Sandwich

Menu Makanan Anti Mainstream untuk Dimasak Saat Pendakian

Image source: pexels.com/@erin-wang

Membawa bahan makanan roti memang paling praktis dan nggak ribet. Apalagi kandungan karbohidrat dalam roti juga bisa menambahkan energi dan cukup mengenyangkan. Selain itu, roti juga bisa dimakan langsung atau dikreasikan dengan bahan lainnya.

“Biar nggak bosan, roti bisa dikreasikan jadi sandwich. Tinggal tambah telur ceplok, smoke beef, selada, sama tomat yang udah dipotong. Jadi deh menu makanan praktis yang bikin kenyang,” kata Avel.

Burger

Menu Makanan Anti Mainstream untuk Dimasak Saat Pendakian

Image source: pexels.com/@valeriya

Masih berbahan dasar sama seperti sandwich, menyantap burger di atas gunung mungkin bisa menjadi hal yang menarik, bro. Tentunya menu ini juga praktis dan mudah untuk dibuat. Bedanya hanya di penggunaan jenis rotinya aja, kok.

“Masih sama-sama praktis dan mudah kayak sandwich, bedanya sih di jenis rotinya aja, ya. Isiannya juga bebas, tapi paling enak sih pakai smoke beef, selada, dan tomat,” kata Avel.

Nasi Liwet

Menu Makanan Anti Mainstream untuk Dimasak Saat Pendakian

Image source: cookpad.com

Menyantap nasi putih saat melakukan pendakian tentu sudah terlalu biasa. Makanan sumber tenaga ini juga bisa dikreasikan biar nggak gitu-gitu aja, bro. Salah satunya dengan memasak nasi liwet sebagai alternatif, rasanya pun lebih nikmat.

“Nasi liwet juga gampang untuk dimasak. Sama seperti masak nasi biasanya, bedanya ada bahan tambahan seperti ikan teri, daun salam, daun sereh, lalu taburi garam, bumbu penyedap, dan sedikit minyak. Rasanya gurih dan bisa dimakan pakai lauk apa aja,” kata Avel.

Korean Grill

Menu Makanan Anti Mainstream untuk Dimasak Saat Pendakian

Image source: unsplash.com/@sjcbrn

Menu makanan satu ini mungkin terdengar nggak biasa untuk dimasak saat pendakian. Menu Korean grill bisa menjadi alternatif lain biar nggak bosan dengan yang itu-itu aja, bro. Membuatnya pun masih tetap simple dan mudah.

“Kalau biasanya makan korean grill bahannya pakai daging sapi, buat pendakian ini nggak perlu mahal-mahal beli daging sapi. Bisa diganti dengan daging ayam aja. Sebelum dibawa, daging ayam fillet dicuci bersih, lalu kasih garam dan masukkan ke dalam plastik kedap udara,” kata Avel.

Untuk bahan makanan yang nggak bisa tahan lama, sebaiknya dimasak terlebih dulu saat melakukan pendakian.

Topokki/Tteokbokki

Menu makanan selanjutnya juga terdengar nggak biasa alias anti mainstream. Topokki atau Tteokbokki adalah makanan asal Korea Selatan yang cukup terkenal. Siapa yang menyangka kalau menu ini juga bisa dijadikan menu santapan saat pendakian?

“Makanan ini juga gampang buat dimasak, tinggal rebus semua bahan makanan seperti tteok yang berbahan tepung beras, sosis, bakso, otak-otak, tempura, dan sayuran seperti kol. Bumbunya bisa pakai bumbu gochujang atau kalau nggak ada bisa pakai kuah mie instan,” kata Avel.

Nah, beberapa menu makanan anti mainstream buat pendakian tersebut bisa banget dicoba dimasak saat lo mendaki gunung, bro. Pendakian jadi menyenangkan dengan asupan makanan yang lezat.

Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
boleh juga
Agung Sutrisno
Bisa dicoba dimasak saat kita mendaki gunung
Agus Sungkawa
Menu yang mantap
SRI YAYA ASTUTI
Melakukan pendakian dan bermalam menggunakan tenda di alam bebas, menjadi salah satu momen yang berkesan saat mendaki gunung
Yuniarto ( Tato )
mantap nih
Rdh
Mantaaaap