Cara Gampang Memotret Milky Way Saat Naik Gunung

Alam semesta menyimpan banyak keindahan bro. Sayang banget kalau nggak bisa ditangkap lalu didokumentasikan.

Cara Gampang Memotret Milky Way Saat Naik Gunung

Nggak harus pergi jauh-jauh keluar angkasa. Cukup dari bumi yang lo pijak, terus temuin deh dataran tinggi atau saat lo sedang naik gunung, potret bintang dan milky way bakal kelihatan menakjubkan banget di pandangan mata.

Apalagi kalau bisa tertangkap lensa kamera. Momen langka semesta dengan keindahannya bisa lo bawa pulang buat cerita di rumah.

Kalau sudah begitu pasti yang terlintas di pikiran adalah jenis kamera canggih dengan lensa super mahal. Tenang bro, panorama indahnya langit dan galaksi atau milky wah bisa juga kok 'dijepret' pakai kamera ponsel. Lo hanya butuh waktu melakukan penyesuaian mengatur kamera ponsel aja. Simak langkah-langkahnya bro.

Kamera Ponsel Harus Ada Fitur Manual Mode

Cara Gampang Memotret Milky Way Saat Naik Gunung

Image source: anandtech.com

Memotret milky way nggak harus pakai kamera DSLR atau mirrorless kok bro. Cukup ponsel pintar aja yang dimanfaatin. Caranya gunakanlah aplikasi seperti 'Manual' pada iOS dan 'Camera FV-5' pada Android. 

Aplikasi-aplikasi itu bakal memberikan kontrol yang maksimal layaknya setting di kamera DSLR. ISO, shutter speed, white balance, dan metode focus semuanya bisa diatur. Meski ada bantuan aplikasi, tapi harus disadari juga bro kalau yang paling penting itu spesifikasi kamera ponsel yang juga nggak kalah apik. Jadi jangan terlalu berharap dapat hasil memuaskan banget, kalau memotret milky way pakai smartphone.

Bisa juga tanpa aplikasi bro. Cuma ponsel yang lo punya harus ada fitur manual mode, yang juga sama-sama bisa mengatur khusus kamera. Pastikan mode manual ponsel lo memiliki pengaturan ISO, shutter speed dan white balance.

Cari Tempat yang Jauh dari Cahaya

Cara Gampang Memotret Milky Way Saat Naik Gunung

Image source: unsplash.com/@clarissemeyer

Untuk menangkap cahaya bintang adalah sebisa mungkin menjauhi sinaran cahaya di sekitar lokasi. Kalau di tempat memotret banyak cahaya, maka sensor kamera bakal sulit menangkap cahaya bintang di langitnya bro.

Nah, buat kalian yang ada di gunung atau tempat camping itu jadi lokasi yang paling memungkinkan buat memotret milky way. Karena tempat seperti hutan itu minim banget cahayanya.

Dengan begitu bintang-bintang jadi lebhi gampang terlihat. Termasuk lo harus pastikan juga kondisi langit sedang dalam keadaan cerah atau nggak. Supaya bintang sasaran lensa kamera nggak tertutup awan.

Gunakan Tripod

Cara Gampang Memotret Milky Way Saat Naik Gunung

Image source: pexels.com/@mauveine

Memotret panorama langit wajib hukumnya menggunakan tripod. Alat ini supaya hasil gambarnya nggak goyang atau blur. Karena pada saat mengambil gambar, kamera ponsel bakal menggunakan kemampuan long exposure yang artinya lensa kamera akan menangkap cahaya dengan waktu yang lebih panjang.

Teknik memotret itu, kalau bergerak sedikit maka gambar yang dihasilkan tidak maksimal alias gagal, karena blur tadi.

Atur Kamera

Supaya bidikan kamera dapat hasil yang istimewa, maka haruslah diatur dulu dengan aplikasi yang sudah dijelaskan di atas atau mode manual yang sudah tertanam di ponsel.

Jika sudah, maka lo bisa atur shutter speed kamera ke angka yang paling besar. Biasanya yang paling besar itu 32 detik. ISO juga harus disetting bro. Ada ISO pada ponsel yang mencapai 3200. Jadi dari tingkat keterangan gambar bisa maksimal. Cuma hati-hati resolusinya jadi tak nggak maksimal.

 

Source: https://www.idntimes.com/tech/trend/rijalu-ahimsa/tips-foto-milky-way-cuma-pakai-kamera-smartphone-c1c2
Tips Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Oke nihhhh
Agus Sungkawa
Mantap... Informasi yang bermanfaat
agung
tq info ya
Allink
Mantapppp
Rosida
Mantap nih
Ldr_Lstyd
nice info
Rdh
Nice info
Darmawati
Mantappp