Cross Skating Bisa Buat Jalur Aspal Sama Offroad, Pernah Coba?

Siapa yang bisa menganulir serunya main sepatu roda atau inline skate di tengah kota. Permainan ini terasa menyenangkan karena lo bisa bebas meluncur dengan bebas dengan menggerakkan seluruh tubuh.

Cross Skating Bisa Buat Jalur Aspal Sama Offroad, Pernah Coba?

Di atas sepatu yang beroda itu, mulai dari tangan kaki, sampai pinggul nyaris semuanya bergerak. Makanya pemain sepatu roda atau inline skate ini punya fisik dan bugar. 

Kalau dilakukan secara rutin, dijamin deh bisa kurangi stres, apalagi dilakukan di perkotaan. Sambil meluncur lo bisa tuh melintasi jalan-jalan yang sepi sambil melihat gedung-gedung tinggi.

Kalau punya skill yang mumpuni, infrastruktur di pinggir-pinggir jalan bisa jadi arena baru buat main trik. Lo bisa melompati anak tangga sampai menjajal teknik grind.

Nah ternyata ada juga lho aliran sepatu roda yang bisa melaju di 'dua alam'. Namanya Cross Skating.

Kalau lo merasa meluncur di aspal sudah jadi hal yang biasa-biasa aja dan kurang menantang, bisa nih lo coba. Karena memang cuma cross skating aja yang bisa meluncur di 'dua alam' alias jalan di aspal dan jalur offroad.

Apa Itu Cross Skating?

Cross Skating Bisa Buat Jalur Aspal Sama Offroad, Pernah Coba?

Image source: unitednetworker.com

Cross skating itu olahraga sepatu roda yang menggunakan tongkat sebagai tumpuan untuk mendorong laju badan. Bisa dibilang, cross skating ini mirip dengan olahraga ski di gunung es. Dimainkan dengan papan plus tongkat yang digenggam kedua tangan.

Cross skating juga punya metode permainan yang sama dengan ski gunung. Bedanya cuma menggunakan sepatu beroda aja. Dan ukuran tongkat genggam alias pole yang lebih tinggi.

Tentu saja jenis sepatu roda yang dipakai berbeda dengan sepatu roda kebanyakan. Untuk Cross skating ini roda yang dipakai itu roda pneumatik. Jenis sepatu roda ini lebih tangguh di segala medan.

Sepatu roda khusus cross skating ini memiliki  traksi, pengereman, dan kemampuan di medan offroad yang lebih baik. Jadi kalau mau dipakai di medan yang berkerikil, pengalaman meluncur bakal lebih seru dan menantang. Dan, roda khusus offroad ini sudah jelas lebih baik dibanding roda yang umum dipakai di sepatu roda.

Yang kerennya lagi, meski sudah dijamin garang di jalan offroad, roda pneumatik ini juga masih sanggup melaju kencang di jalan raya atau jalur sepeda yang beraspal. Tapi tetap aja, dengan roda bergigi itu, cross skating lebih menggigit kalau diajak menyusuri alam dengan rute rekreasi yang super seru.

Minim Risiko Cedera

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cross skating ini memiliki gerakan yang nyaris sama dengan ski, ice skating, dan inline skate. Semua kelompok otot bakal digerakan. 

Yang bikin kegiatan outdoor ini aman, karena cross skating diharus menggunakan tongkat atau pole saat dimainkan. Dan, item tambahan itu sudah pasti bisa meminimalisir risiko cedera karena si tongkat itu selain berfungsi untuk mendorong kecepatan meluncur, tapi juga bisa jadi alat penyeimbang tubuh.

Gimana bro, tertarik coba nggak? Catatan ya bro, meski konon katanya lebih minim cedera tapi kalau mau main cross skating ini harus dengan perlengkapan keamanan yang lengkap. Keselamatan tetap diutamakan ya.

 

Source: https://www.cross-skate-shop.com/What-is-Cross-Skating
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Kayanya seru nih
Agus Sungkawa
Cocok ngk ya sma jalan d kota saya heheheh
Dewandi amirullah
Meski minim resiko cedera tetap safety heheh nice infoo
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
belum pernah
Bahar
Nice info
Rdh
Kayanya seru