Alasan Wajib Punya Jam Tangan Khusus untuk Aktivitas Outdoor

Melakukan berbagai macam aktivitas outdoor, pasti juga memerlukan berbagai peralatan untuk mendukung kegiatan yang dilakukan. Salah satunya adalah penggunaan jam tangan khusus untuk aktivitas outdoor. Simak alasan mengapa wajib punya jam tangan tersebut, bro!

Alasan Wajib Punya Jam Tangan Khusus untuk Aktivitas Outdoor

Jam tangan outdoor ternyata bukan hanya sekadar sebagai aksesoris pendukung penampilan aja, tapi banyak juga fungsinya. Sebagai penunjang aktivitas outdoor yang terbilang ekstrem, jam jenis ini tentu punya fitur yang lebih lengkap ketimbang jam tangan biasa. Namun, nggak ada masalahnya juga kalau lo lebih memilih jam tangan digital biasa untuk aktivitas mendaki gunung.

Akan tetapi, semua kebutuhan saat berpetualang haruslah terpenuhi. Lagipula, semakin lengkap fiturnya, akan semakin membantu juga selama melakukan aktivitas outdoor, bro. Nah, inilah alasan mengapa lo wajib mempunyai setidaknya satu buah jam tangan khusus untuk aktivitas outdoor.

Bahannya Lebih Kuat

Alasan Wajib Punya Jam Tangan Khusus untuk Aktivitas Outdoor

Image source: unsplash.com/@alvannee

Jam tangan outdoor terbuat dari bahan karet. Hampir seluruh bagian jam, kecuali casing terlindungi oleh karet. Sifatnya yang lentur akan membuat pemakainya lebih nyaman ketimbang jam tangan stainless steel. Bahan ini juga lebih aman jika dipakai untuk menyelam.

Kalau lo memakai jam tangan yang berbahan kulit, bagian strap-nya tentu butuh perhatian khusus dan bisa rentan mengalami kerusakan. Perbedaan lain jam tangan outdoor dan jam biasa adalah fitur shock resistant untuk menahan guncangan.

Water-Resistant

Alasan Wajib Punya Jam Tangan Khusus untuk Aktivitas Outdoor

Image source: unsplash.com/@maxandrey

Di setiap jam tangan outdoor, pasti ada fitur water resistant. Entah itu 5 ATM atau 10 ATM, yang berarti jam tangan tersebut bisa digunakan untuk berenang dengan tekanan air 5 meter dan 10 meter.

Apalagi pada jam tangan tertulis 30 menit water resistant, tandanya jam itu hanya bisa tahan percikan air, bukan untuk berenang. Jika tertulis 50 meter maka bisa dipakai berenang dalam waktu singkat, dan 100 meter digunakan untuk snorkeling. Nah, buat yang sering beraktivitas outdoor, lebih baik memilih jam dengan water resistant 100 meter, bro.

Banyak Fitur Pendukung

Kalau bica soal fitur, jam tangan outdoor jelas lebih lengkap daripada jam biasa. Mulai dari kompas, world time, barometer, altimeter, accelerometer, penghitungan kalori, night light, GPS, dan masih banyak lagi. Jelas sangat cocok buat dipakai saat aktivitas outdoor, kan?

Bobotnya Lebih Berat

Bobot jam tangan outdoor sendiri memang cukup berat. Hal itu disebabkan oleh banyaknya fitur pada jam, sehingga kerumitan mesin turut berpengaruh pada bodi. Namun, jam tangan akan terasa ringan setelah pemakainya sudah terbiasa memakainya dalam waktu cukup lama.

Baterai yang Tahan Lama

Ada tiga sumber daya energi pada jam tangan outdoor, yakni baterai, solar, dan kinetik. Tipe solar dan kinetik memang lebih hemat karena jadi nggak bergantung pada baterai. Banyak juga tipe yang memiliki baterai dengan daya tahan lama dari jam tangan biasa.

Display Digital

Jam tangan outdoor umumnya punya tampilan digital. Walau ada juga beberapa yang menyajikan tampilan analog, tujuannya untuk memudahkan pemakai mengoperasikan kompas.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa lo wajib punya jam tangan khusus untuk aktivitas outdoor. Selain memiliki fitur lengkap untuk menunjang aktivitas, jam tangan outdoor juga bisa menunjang penampilan supaya lebih fashionable, bro.

 

Source: male.co.id
Gear Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Jam dogital asyik nih
Agus Sungkawa
Bikin tambah keren juga pakai jam tangan
Dewandi amirullah
Nice info
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
nice info
Rdh
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Nice infooo
Bahar
Nice info
agung
tq info ya