Istirahat di Jalur Pendakian Juga Ada Etikanya, Bro!

Jalur pendakian yang biasa dilewati para pendaki biasanya memiliki medan serta rintangan yang berbeda. Hal ini tentu bakal menguras tenaga dan butuh istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan pendakian. Namun, istirahat di jalur pendakian ternyata juga ada etikanya, bro. Mau tahu apa aja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Istirahat di Jalur Pendakian Juga Ada Etikanya, Bro!

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang bisa dibilang ekstrem. Hal ini dikarenakan, kegiatan pendakian ke gunung mengharuskan seseorang mendaki dengan menghadapi berbagai jalur serta medan yang cukup berat. Oleh karena itu, dibutuhkan kondisi fisik yang prima serta peralatan lengkap kalau mau mendaki gunung.

Melakukan pendakian ke gunung dengan melewati berbagai jalur serta rintangan yang dihadapi pastinya bakal menguras banyak tenaga. Pasalnya, mendaki gunung membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai lokasi camp atau berkemah. Untuk itu, dibutuhkan waktu istirahat sejenak ketika berada di jalur pendakian atau trekking.

Namun, beristirahat di jalur pendakian juga nggak bisa sembarangan, ada beberapa etika yang perlu diterapkan para pendaki ketika melakukan istirahat sejenak di jalur trekking. Berikut ini beberapa etika beristirahat saat di jalur pendakian.

Cari Lokasi Istirahat yang Pas

Istirahat di Jalur Pendakian Juga Ada Etikanya, Bro!

Image source: pexels.com/@bhine

Selain beristirahat di shelter pendakian, seringkali pendaki melakukan istirahat sejenak sembari memulihkan kondisi tubuh di jalur pendakian sebelum sampai ke pos atau shelter pendakian. Untuk itu, carilah lokasi yang terbilang datar yang bisa digunakan untuk mengistirahatkan kaki sembari diluruskan sejenak.

Jangan Menghalangi Pendaki Lain

Istirahat di Jalur Pendakian Juga Ada Etikanya, Bro!

Image source: unsplash.com/@wanderingteddybear

Jika ingin beristirahat sejenak, maka sebaiknya lo nggak menghalangi jalan untuk pendaki lain, yaitu dengan nggak berhenti di sepanjang jalur pendakian. Jika memang sangat butuh beristirahat, maka setidaknya berhenti atau beristirahat di pinggir jalur pendakian supaya nggak menghalangi pendaki lain yang ingin melintas. Nggak mau kan sampai ditegur karena mengganggu jalan?

Lakukan Posisi Membungkuk untuk Istirahat Sejenak

Istirahat di Jalur Pendakian Juga Ada Etikanya, Bro!

Image source: unsplash.com/@marcrafanell

Jika belum menemukan posisi yang pas atau lokasi datar untuk beristirahat, sebaiknya lo melakukan posisi membungkuk, bro. Hal ini untuk proses mengatur ritme pernapasan. Selain itu, beristirahat dengan posisi membungkuk juga terbilang nggak mengganggu pendaki lain yang melintas.

Jangan Terlalu Lama Berhenti

Saat sedang melakukan istirahat di jalur pendakian, ada baiknya jangan terlalu lama berhenti. Namanya aja istirahat sejenak, tentu waktu yang dibutuhkan juga nggak usah lama-lama ya, bro. Sebab, kondisi badan akan menjadi lemas dan juga kedinginan yang bisa berpotensi menyebabkan hipotermia.

Oleh karena itu, lakukanlah istirahat maksimal selama 15 sampai 20 menit aja atau jika tubuh sudah mulai merasakan dingin segeralah melanjutkan perjalanan kembali.

Cari Tempat yang Terlindung dari Angin

Terlalu lama istirahat saat badan berkeringat bisa berdampak terkena angin berlebih tanpa tubuh produksi panas, hal ini yang bisa memicu hipotermia. Solusinya saat akan beristirahat lama adalah dengan mencari tempat tertutup yang terlindung dari angin.

Perjalanan dan istirahat yang terencana dan stabil juga akan membuat tubuh teraklimatisasi dengan sempurna. Sehingga nggak kaget saat bersentuhan dengan suhu lingkungan yang baru.

Nah, itulah beberapa etika beristirahat yang sebaiknya dilakukan saat berada di jalur pendakian. Pastikan untuk nggak menutupi jalur pendakian dan mengganggu jalan para pendaki lain yang ingin melintas ya, bro.

 

Source: mounture.com
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
dephy
Mendaki gunung merupakan kegiatan yang bisa dibilang ekstrem.
Ldr_Lstyd
bener bnget
SRI YAYA ASTUTI
Jalur pendakian yang biasa dilewati para pendaki biasanya memiliki medan serta rintangan yang berbeda. Hal ini tentu bakal menguras tenaga dan butuh istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan pendakian
Bahar
Nice indo
Yuniarto ( Tato )
Jaga etika itu penting
Agung Sutrisno
istirahlah bila berasa cape saar mendaki.
Agus Sungkawa
Etika dimana pun harus kita patuhi
Rdh
Nice info