Peralatan P3K Standar yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Menelisik masuk ke dalam liarnya hutan belantara memang bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan siapa saja. Namun, inilah yang harus dilakukan para pendaki agar bisa sampai ke puncak gunung idamannya. Wajar saja, jika pendaki diwajibkan membawa peralatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan atau yang biasa disebut P3K untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Apa saja peralatan P3K standar yang wajib dibawa saat mendaki gunung? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Peralatan P3K Standar yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Kotak P3K bisa dibilang merupakan salah satu peralatan yang wajib dibawa para pendaki gunung yang menjelajahi liarnya hutan belantara. Isi kotak ini biasanya digunakan sebagai pertolongan pertama pada saat terjadi kecelakaan di tengah perjalanan mendaki gunung.

Yup, mendaki gunung memang termasuk olahraga extreme penuh risiko. Letaknya yang jauh di pedalaman hutan dan jauh dari fasilitas kesehatan seringkali membuat korban kecelakaan di jalur pendakian terlambat mendapatkan penanganan. Oleh karena itu, lo wajib membawa peralatan standar P3K saat mendaki gunung berikut ini, bro!

Obat-obatan

Peralatan P3K Standar yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Image source: pexels.com/@karolina-grabowska

Sebenarnya, ada dua jenis obat yang wajib dipersiapkan dalam kotak P3K saat mendaki gunung, yaitu obat-obatan standar yang biasa digunakan tanpa resep dokter dan obat-obatan khusus untuk jenis penyakit tertentu. Kedua jenis obat ini haruslah dipersiapkan sendiri, bro. Contohnya, obat asma atau obat alergi khusus.

Sementara itu, untuk obat-obatan standar, lo juga wajib menyediakan obat pengurang nyeri (analgesik), obat diare, obat alergi, obat untuk kasus keracunan, obat meredakan gejala flu, salep yang mengandung antibiotik, dan salep yang berguna untuk mengurangi peradangan karena trauma.

Perlengkapan untuk Menangani Luka Luar

Peralatan P3K Standar yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Image source: blog.tatonka.com

Saat mendaki gunung pasti ada berbagai risiko kecelakaan yang mungkin saja terjadi, termasuk terjadinya luka luar. Hal ini sebenarnya bisa dihindari. Namun, apabila telanjur terjadi, segera beri pertolongan pertama, agar tidak terjadi infeksi yang dapat membahayakan, bro.

Oleh karena itu, lo harus membawa peralatan P3K seperti cairan antiseptik atau alkohol, plester, kain kasa, kapas, pembalut segitiga (mitella), dan gunting. Pembalut mitella adalah perban yang berguna untuk mengikat bagian tubuh yang luka atau membalut untuk menghindari cedera yang lebih besar. Sedangkan, alkohol sangat dibutuhkan untuk mematikan kuman supaya luka terhindar dari infeksi, bro.

Peralatan Lainnya

Selain obat-obatan dan perlengkapan untuk mengobati luka luar, ada beberapa peralatan penting lainnya yang juga perlu dibawa saat mendaki gunung lho, bro. Pertama, buku panduan P3K. Sering kali, ada orang yang masih awam dalam penerapan pertolongan pertama pada kecelakaan. Agar tidak salah menangani korban, buku ini sangat bermanfaat, bro.

Kedua, perlengkapan untuk menangani hipotermia. Hipotermia merupakan keadaan darurat yang sangat mungkin terjadi saat mendaki gunung. Ada dua benda yang sebaiknya selalu dibawa untuk menangani situasi buruk yang satu ini, yaitu selimut darurat atau emergency blanket dan flysheet untuk membuat shelter darurat,bro

Ketiga, perlengkapan tambahan. Yup, lo juga butuh perlengkapan tambahan untuk menangani kecelakaan saat mendaki gunung, bro. Seperti termometer, tabung oksigen kecil, nomor telepon darurat, pinset untuk mengambil benda berukuran kecil dari tubuh, dan salep untuk membuat badan lebih hangat atau bebas dari gigitan serangga.

Nah, itulah beberapa peralatan P3K standar yang wajib dibawa saat mendaki gunung. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat mendaki ya, bro!

 

Referensi : https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/apa-saja-p3k-standar-yang-wajib-dibawa-saat-hiking-ini-daftarnya
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
nice info
SRI YAYA ASTUTI
Selain obat-obatan dan perlengkapan untuk mengobati luka luar, ada beberapa peralatan penting lainnya yang juga perlu dibawa saat mendaki gunung
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
P3K wajib dibawa para pendaki gunung
Yuniarto ( Tato )
ini yg wajib dibawa
Agus Sungkawa
Sangat wajib di bawa
agung
tq info ya