9 Cara Memilih Kamera Pocket yang Tepat Buat Traveling

Momen travelling memang terasa menyenangkan dan sangat ditunggu-tunggu banyak orang. Wajar saja, jika para traveller merasa wajib membawa kamera pocket yang praktis di bawa kemana saja untuk mengabadikan momen-momen langka tersebut. Namun, bagaimana tips memilih kamera pocket yang tepat untuk dibawa travelling? Berikut ulasan selengkapnya!

9 Cara Memilih Kamera Pocket yang Tepat Buat Traveling

Kamera saku atau yang kini akrab disebut kamera pocket bisa dibilang merupakan benda yang wajib dibawa saat travelling. Bentuknya yang mungil dan penggunaannya yang terbilang mudah membuat kamera ini menjadi favorit para traveller untuk menemani setiap perjalanannya.

Yup, kamera pocket memang sangat unik dan sedikit berbeda dari kamera digital biasanya. Oleh karena itu, lo harus memahami beberapa tips memilih kamera pocket yang tepat buat travelling berikut ini, bro!

1. Pertimbangkan Bentuk dan Ukuran

9 Cara Memilih Kamera Pocket yang Tepat Buat Traveling

Image source: unsplash.com/@reinhartjulian

Kebanyakan kamera pocket memang diproduksi dengan desain tipis dan ringan. Namun, semua kamera pocket tersebut belum tentu nyaman saat digunakan, bro. Bisa jadi, terlalu kecil sehingga berisiko terlepas dari genggaman tangan saat ingin digunakan. Oleh karena itu, pastikan bentuk dan ukuran kamera pocket nyaman saat digenggam, bro.

2. Periksa Daya Tahan Kamera

9 Cara Memilih Kamera Pocket yang Tepat Buat Traveling

Image source: unsplash.com/@zacwolff

Musibah memang tidak pernah diharapkan dan bisa terjadi dimana saja tanpa pernah diduga sebelumnya, termasuk musibah pada kamera seperti terjatuh, terbentur atau kemungkinan buruk lainnya. Oleh karena itu, pilihlah kamera pocket dengan bahan berkualitas tinggi, bro. Misalnya, menggunakan bahan magnesium alloy yang membuat bodi kamera lebih kokoh dan tahan banting.

3. Pastikan Baterainya Awet

9 Cara Memilih Kamera Pocket yang Tepat Buat Traveling

Image source: liputan6.com

Baterai kamera pun nggak kalah penting, bro. Tapi, untuk masalah yang satu ini lo bisa memilih baterai tipe Li-ion atau AA. Kelebihan baterai Li-ion, yakni lebih awet ketimbang tipe AA. Namun, harganya relatif mahal. Sebaliknya, harga jenis AA cenderung murah dan mudah ditemukan di warung kecil. Akan tetapi, daya baterai lebih cepat habis, bro.

4. Lensa Kamera Harus Berkualitas

9 Cara Memilih Kamera Pocket yang Tepat Buat Traveling

Image source: unsplash.com/@ronan18

Agar mendapatkan lensa yang berkualitas, lihatlah fitur bukaan diafragma dan focal length. Untuk bukaan diafragma, perhatikan huruf “f” pada lensa, bro.

Prinsipnya, semakin kecil angka di depan huruf tersebut, berarti pencahayaan kian maksimal. Begitu juga dengan focal length, ukuran 24mm menghasilkan gambar lebih lebar ketimbang 28mm, bro.

5. Cek Mode Pengambilan Gambar pada Kamera

9 Cara Memilih Kamera Pocket yang Tepat Buat Traveling

Image source: unsplash.com/@benofthenorth

Tips memilih kamera pocket selanjutnya yaitu periksa mode pengambilan gambar pada roda dial di dekat shutter. Minimal tersedia mode scene, simbol kamera video, galeri, M, S, A, dan P. Adanya mode tersebut menjadikan pengaturan segitiga eksposure lebih praktis, bro.

6. Perhatikan Juga Resolusinya

9 Cara Memilih Kamera Pocket yang Tepat Buat Traveling

Image source: unsplash.com/@medvedevmax

Resolusi kamera pasti sangat menentukan kualitas foto yang diambil. Namun, kamera pocket dengan resolusi tinggi belum tentu menghasilkan gambar bagus dan tajam. Supaya aman, pilih resolusi di atas 10 megapiksel dengan memperhatikan kemampuan zoom optical dan image stabilization, bro.

7. Konektivitas Yang Mumpuni

Semua kamera pocket sudah dibekali konektivitas nirkabel. Jadi, pengguna tak perlu menggunakan card reader atau kabel untuk memindahkan data ke media lain. Meski begitu, pastikan konektivitas tersebut bisa berfungsi dengan baik.

8. Perhatikan Garansinya

Nah, ini dia yang paling penting untuk mengantisipasi kerusakan kamera setelah membeli kamera pocket, bro. Cek lama garansi; biasanya setiap toko menetapkan aturan berbeda. Di samping itu, perhatikan juga syarat dan ketentuan supaya memahami cara memanfaatkannya.

9. Memahami Cara Mengoperasikan Kamera

Tips memilih kamera pocket yang terakhir juga nggak kalah penting nih bro, yaitu harus bisa menggunakannya dengan baik. Kalau lo belum mengetahui caranya, maka cobalah bertanya pada penjual. Pelajari dan pahami agar bisa mengoperasikan secara optimal saat dipakai travelling, bro.

So, itulah beberapa tips memilih kamera pocket yang tepat buat travelling. Selamat mencoba!

 

Referensi : https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/ini-11-tips-memilih-kamera-pocket-yang-tepat-untuk-traveling
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
nice info
Bahar
Nice info
Rosida
Mantappppp
Yuniarto ( Tato )
Harus yg tepat ya
Agus Sungkawa
Nice informasi
agung
tq info ya
Fajar Satritama
Info bagussssss
Rdh
Nice info