Berani Mendaki Gunung yang Dianggap Keramat Ini, Bro?

Gunung menjadi bagian dari permukaan bumi yang menjulang tinggi dan menjadi lokasi yang kerap kali dianggap keramat oleh manusia. Di beberapa negara di dunia, ada gunung-gunung yang dianggap keramat. Lo berani mendaki salah satunya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Berani Mendaki Gunung yang Dianggap Keramat Ini, Bro?

Sejak ribuan tahun lalu, gunung sudah menjadi lokasi yang dikeramatkan oleh manusia. Karena ketinggiannya yang melebihi tempat di sekitarnya, puncak gunung selalu diidentikkan dengan gerbang langit. Gunung juga selalu muncul dalam berbagai mitologi, sebut aja Gunung Olympus yang dianggap sebagai rumah para dewa dalam mitologi Yunani, atau Gunung Atlas yang dipersonifikasikan sebagai titan Atlas.

Setiap negara pasti memiliki gunung yang dikeramatkan. Beberapa di antaranya berkaitan dengan kebudayaan suku tradisional yang bermukim di sekitarnya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut gunung yang dianggap keramat di seluruh dunia.

Gunung Taranaki, Selandia Baru

Berani Mendaki Gunung yang Dianggap Keramat Ini, Bro?

Image source: theworldisacircus.com

Gunung Taranaki atau dikenal sebagai Gunung Egmont adalah gunung berapi paling terkenal di Selandia Baru. Gunung yang memiliki ketinggian 2.518 meter di atas permukaan laut ini terletak di pesisir barat Pulau Utara, Selandia Baru.

Gunung Taranaki diketahui terakhir aktif pada pertengahan abad 19.  Gunung ini merupakan bagian penting dalam mitologi Suku Maori, yaitu suku tradisional di Selandia Baru.

Pada kenyataannya, gunung ini juga berperan penting bagi kelangsungan hidup Suku Maori. Aliran air yang bersumber dari mata air di Gunung Taranaki diperlukan untuk mengairi sawah dan ladang.

Gunung Fuji, Jepang

Berani Mendaki Gunung yang Dianggap Keramat Ini, Bro?

Image source: pexels.com/@tomas-malik

Gunung Fuji ternyata masih relatif lebih muda jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain di Jepang, yaitu baru berusia sekitar 25.000 tahun tetapi gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jepang. Puncaknya yang diselimuti salju dianggap sakral dan memiliki kekuatan gaib sejak berabad-abad lalu.

Puncak Gunung Fuji juga berkaitan erat dengan mitologi Jepang, yang dianggap sebagai kediaman dewa api dan dewi pepohonan dalam kepercayaan Shinto. Sementara para pemeluk agama Buddha percaya kalau gunung ini adalah kediaman Dainichi Nyorai, Buddha Segala Kebijaksanaan Yang Bercahaya.

Saking sakralnya, orang biasa sempat dilarang mendaki gunung tersebut, terutama wanita. Larangan ini berlangsung selama beberapa abad sampai tiba era restorasi Meiji. Hanya para samurai aja yang bisa melakukan pelatihan rahasia di area kaki gunung.

Pendakian pertama di puncak gunung ini tercatat dilakukan oleh seorang biksu nggak dikenal pada tahun 663 kalender Jepang, atau sekitar abad 12-13.

Gunung Kailash, Tibet

Berani Mendaki Gunung yang Dianggap Keramat Ini, Bro?

Image source: reddit.com

Kailash merupakan gunung yang terletak di wilayah Tibet. Gunung Kailash memiliki ketinggian 6.638 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya sebagai gunung tertinggi di dunia yang nggak pernah didaki.

Oleh pemeluk agama Hindu, Gunung Kailash dipercaya sebagai tempat tinggal Siwa, dewa terkuat dalam mitologi Hindu. Gunung Kailash juga merupakan sumber air utama bagi sungai-sungai besar yang mengalir di Tibet, Nepal, dan India.

Selama ribuan tahun gunung ini telah didatangi oleh para pemeluk agama untuk melakukan berbagai ritual. Tapi, nggak ada yang pernah mendaki ke puncaknya. Semua aktivitas religius itu dilakukan di kaki Gunung Kailash.

Mendaki gunung ini juga dianggap tabu, mengganggu kesakralan area gunung. Namun, untuk mengitari area kaki gunung sejauh puluhan kilometer dianggap mampu menghapus dosa seumur hidup, bro.

Gunung Rinjani, Indonesia

Berani Mendaki Gunung yang Dianggap Keramat Ini, Bro?

Image source: unsplash.com/@wollio

Salah satu gunung yang dianggap keramat juga ada di Indonesia. Bisa menjejakkan kaki di puncak Gunung Rinjani seakan bisa melihat surga, bro. Pemandangan yang menakjubkan ini akan didapat setelah usaha keras mendaki.

Rinjani juga menyimpan banyak cerita, salah satunya adalah tentang Segara Anak. Segara Anak ini adalah danau yang ada di Gunung Rinjani. Konon dikatakan jika danau ini dihuni oleh bangsa jin yang dipimpin oleh seorang ratu bernama Enjeni.

Oleh karena itu, semua orang dilarang melakukan hal-hal yang negatif selama di sini seperti berbicara kotor, bikin gaduh, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, alam memang menyimpan penuh misteri yang masih belum bisa diungkap manusia. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu menjaga dan berperilaku positif saat baru mendatangi gunung atau tempat-tempat lainnya. Lo tertarik buat mendaki gunung yang mana, bro?

 

Source: male.co.id
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Heni Oen
dimana mana gunung keramat
Ldr_Lstyd
boleh dicoba
Agung Sutrisno
Lakukan hal postip dan jaga perilaku saat naik gunung
Cecep Jajang
Pengen lihat dan nyoba
Yuniarto ( Tato )
Serem juga nih