Ekstremnya Formula Offroad, Ngegas di Bukit Pasir Sampai Terpelanting

Pedal gas diinjak dalam-dalam. Knalpot pun meraung. Sang pembalap dari dalam kokpit sudah siap menaklukan bukit pasir yang curam. Mobil pun melaju kencang di jalan menanjak. 

Ekstremnya Formula Offroad, Ngegas di Bukit Pasir Sampai Terpelanting

Setir pun diputar ke kanan kiri supaya mobil stabil di jalan bergelombang. Dan, braaak !! Mobil terpelanting, terguling, ke bawah bukit. Sang sopir mengangkat tangan menandakan kalau dirinya baik-baik saja meski mobilnya berputar tiga kali di bukit pasir. 

Begitulah sensasi ekstrem saat menjajal yang namanya formula offroad bro. Formula offroad merupakan salah satu bentuk dari balap off road 4x4 motorsport

Ajang ini dimulai di Islandia dan telah mendapatkan popularitas di negara-negara Nordik yang kemudian menyebar ke seluruh Amerika sejak 2016.

Kegiatan ekstrem ini bentuk motorsport di mana para pengendara bersaing berkendara di perbukitan terjal dan medan yang ekstrim dengan kendaraan 4WD. Pembalap dikatakan sebagai 'pemenang' ketika dia berhasil mencapai puncak bukit tanpa terpelanting.

Islandia 2 Mei 1965

Ekstremnya Formula Offroad, Ngegas di Bukit Pasir Sampai Terpelanting

Image source: Richard Webber

Kompetisi Formula offroad pertama kali diselenggarakan oleh Klub Mobil Reykjavik pada 2 Mei 1965. Egill Gunnar Ingólfsson merupakan pembalap pertama yang meraih gelar juara di ajang formula offroad yang pertama. Dari situ Klub Mobil Reykjavik menginisiasi agar ajang formula offroad dilakukan secara rutin kompetisinya.

Pada tahun 1969 kompetisi formula offroad digelar untuk penggalangan dana bagi relawan penyelamat di Keflavik. Sejak saat itu kompetisi formula offroad menjadi bagian besar dari penggalangan dana untuk Tim Penyelamat selama bertahun-tahun.

Formula Offroad Terus Berkembang

Ekstremnya Formula Offroad, Ngegas di Bukit Pasir Sampai Terpelanting

Image source: Richard Webber

Awalnya kompetisi ini hanya memiliki satu kelas saja. Tapi di tahun 1985, formula offroad mulai dikembangkan dan ditambah kelas kedua ke dalam kompetisi. 

Kelas kedua ini dilahirkan karena para pengendara mulai memakan ban multi paddle. Sejak saat itu kemudian muncul kelas-kelas yang lain deh dalam formula offroad ini, seperti kelas modifikasi sampai kelas tak terbatas.

Secara umumnya ajang formula offroad ini memiliki 3 kelas antara lain Street Legal Class, Modified Class, dan Unlimited Class

Kalau Street Legal Class itu mobil yang digunakan harus dilengkapi lampu, pelat nomor, dan melakukan pemeriksaan tahunan, serta kendaraan aman dijalankan di jalan raya

Terus untuk Modified Class itu bentuk bodi harus menyerupai kendaraan yang diproduksi secara massal. Bonnet, panel bodi samping, serta spakbor depan dan belakang harus dipasang dan menyerupai kendaraan aslinya.

Terakhir Unlimited Class dimana perbedaan antara kelas-kelas tersebut terutama terletak pada ban. Kelas 4x4 diizinkan untuk menggunakan ban paddle yang bisa mencengkram medan dengan baik untuk menghindari mobil terpelanting.

Kerennya di ajang ini, meski mobil-mobil formula offroad ini banyak terpelanting saat menaklukan bukit pasir, tapi selama puluhan tahun eksis, tidak ada para pembalap yang mengalami cedera serius. Hal ini karena mobil yang dipakai wajib dipasang alat pengaman.

Aturan main formula offroad ini yakni pembalap atau pengemudinya bisa mendapat poin hingga 350 tergantung seberapa jauh mereka mampu menaklukan bukit. Jadi setiap pembalap harus ngegas tunggangannya itu sejauh mobil offroad mampu menanjak bukit.

Kalau sampai berhenti maka pembalap bisa kena penalti 10 poin. Menyentuh penanda bisa kena 20 poin penalti. Juara pertama pertamanya bakal mendapat poin penuh sebanyak 350. Pembalap lain bisa dikurangi 1 poin untuk setiap 1/10 detik lebih lambat dari waktu tercepat. 

 

source: https://www.autocar.co.uk/car-news/motorsport/formula-offroad-close-icelands-most-extreme-motorsport
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
keren dan ngeri kalau kelecelakaan
Ldr_Lstyd
hihi keren
Yuniarto ( Tato )
Gasss terusssss
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Olahraga ekstrem nih
Dewandi amirullah
Gass tipis tipis gak berlaku di sini heheeh, nice info
Heni Oen
thanks info.tehkniknya
Heni Oen
pastimya keren banget
Agung Sutrisno
Olahraga ekstrim 4WD
Bahar
Nice info