Destinasi Wisata Extreme di Jogja Yang Harus Lo Kunjungi

Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu menyuguhkan aktivitas wisata yang nggak akan membuat para traveller bosan mengunjunginya. Tahu nggak sih, ternyata tempat wisata favorit traveller yang satu ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata extreme lho, bro. Dimana saja destinasi wisata extreme di Jogja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Destinasi Wisata Extreme di Jogja Yang Harus Lo Kunjungi

Atraksi wisata extreme memang selalu menghadirkan yang berbeda dan nggak biasa. Termasuk atraksi wisata extreme di Yogyakarta, daerah yang seringkali menjadi incaran para traveller untuk menghabiskan waktu berlibur.

Kondisi alam yang mendukung untuk menguji keberanian dan memerah adrenalin membuat Jogja banyak memiliki destinasi wisata extreme. Mulai dari tepi pantai hingga ke daerah pegunungan, lo bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan lo, bro.

Pastinya, semua tempat memiliki pemandangan yang menakjubkan dan keseruannya tersendiri. Berikut ini beberapa destinasi wisata extreme di Jogja yang harus lo ketahui, bro!

Downhill di Tepi Jurang Bukit Klangon

Destinasi Wisata Extreme di Jogja Yang Harus Lo Kunjungi

Image source: instagram.com/mas_saptanugraha

Area Bukit Klangon bisa dibilang sangat cocok untuk lo yang hobi downhill nih, bro. Selain itu, di tempat ini lo juga bisa melihat pemandangan merapi yang terlihat sangat gagah, lo pasti bakal merasa tertantang untuk memacu adrenalin deh, bro.

Jalur downhill di Bukit Klangon ini memiliki panjang kurang lebih sekitar 20 kilometer dan rata-rata membutuhkan waktu 1,5 jam untuk sampai ke garis finish. Jalurnya pun sangat menantang, kebanyakan traknya didasari bebatuan dengan tikungan tajam yang sangat sulit untuk ditaklukan, bro.

Penggiat downhill yang tertarik mencoba lintasan ini tentu saja wajib waspada dan sangat berhati-hati jika tidak ingin mengalami hal yang tidak diinginkan. Ada juga jalur jembatan kayu yang sengaja dirancang khusus untuk sepeda downhill, yang pastinya nggak kalah menegangkan, bro.

Memecah Jalur Extreme Bunker Kaliadem dengan Motor Trail

Destinasi Wisata Extreme di Jogja Yang Harus Lo Kunjungi

Image source: instagram.com/rifalgopal98

Jika bersepeda downhill dirasa kurang menantang buat lo, dan mengendarai jeep sudah terlalu biasa, mungkin saatnya menjajal moto-trail di Kawasan Gunung Merapi, bro. Yup, tempat ini memang menjadi tempat favorit para pecinta motor trail untuk menguji skill sekaligus keberanian mereka. Pasalnya, kebanyakan jalur di Bunker Kaliadem ini diliputi pasir halus dan bebatuan gunung yang sangat khas, bro.

Mager bawa motor trail dari rumah? Nggak masalah, bro. Sebab, di sekitar tempat ini ada juga beberapa warga yang menyewakan motor trail khusus untuk wisatawan.

Dengan motor trail, lo bisa berkendara melalui genangan air dan tumpukan batu yang tak terduga., bro. Kontur tanah yang kurang stabil juga menjadi tantangan baru buat lo yang belum pernah menelusuri kawasan ini. Jangan lupa gunakan helm keselamatan, masker dan pakaian tebal, karena di sekitar Bunker Kaliadem suhunya terasa dingin dan medannya berpasir halus, bro.

Aksi Menantang dengan Seutas Tali di Gunung Api Purba

Destinasi Wisata Extreme di Jogja Yang Harus Lo Kunjungi

Image source: instagram.com/ardi.andi

Sesuai namanya, Gunung Api Purba ini dulunya merupakan gunung api vulkanik pada zaman purbakala, bro. Kini wujudnya seperti bukit batu yang menjulang tinggi. Anginnya sepoi-sepoi ditemani dengan pemandangan indah menghadap deretan bukit perbukitan di sekitar Gunungkidul.

Pemandangan yang menakjubkan serta angin yang menyejukkan membuat pengelola wisata membangun cliff swing untuk menarik wisatawan, bro. Tantangan pertama yang harus lo lewati adalah menyeberangi jembatan dari seutas tali.

Yup, tidak ada pegangan tangan, tubuh sepenuhnya bertumpu pada kaki yang menginjak tali penghubung. Selanjutnya, lo juga harus lompat dan berayun di atas jurang sedalam 100 meter, bro! Tak hanya itu, dari tempat ini lo juga bisa melihat pemandangan spektakuler yang menghadap pedesaan dan bukit-bukit yang tinggi mempesona!

Merasakan Gondola Bergoyang di Pantai Timang

Destinasi Wisata Extreme di Jogja Yang Harus Lo Kunjungi

Image source: instagram.com/pantai_timang

Kawasan Gunungkidul Yogyakarta memang terkenal dengan deretan pantai pasir putih dan lautan yang biru bening. Tapi, tidak semua pantai aman untuk dikunjungi, bro. Pantai Timang misalnya, yang menyajikan ombak yang bisa memecah karang.

Namun, ada cara tersendiri untuk bersenang-senang di Pantai Timang, di antaranya yaitu dengan menguji keberanian menggunakan gondola sederhana rakitan nelayan. Awalnya, gondola sederhana ini menjadi “kendaraan” nelayan membawa hasil tangkapan lobster dan kini disulap sebagai wahana wisata extreme, bro!

Selain gondola, lo juga bisa menyeberangi jembatan gantung yang tersusun dari tali dan kayu. Biasa saja? Tunggu sampai angin laut bertiup kencang dan mengayunkan susunan tali jembatan yang lo pijak, bro. Belum lagi, gelombang air yang selalu bergerak kencang di bawahnya. Berani mencobanya, bro?

 

Referensi : https://www.tripzilla.id/wisata-jogja-ekstrim/23929
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

19 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Destinasi wisata yang layak dikunjungi
Bahar
Nice info
Rdh
Kereeeen
Heni Oen
asyik juga keliatannya
Suranto simanullang
Mantap.... !!!
Cecep Jajang
Kaya nya seru nih buat liburan
Heni Oen
banyak juga area wisatanya
Agung Sutrisno
Jogja memang Istimewa. selalu ada kenangan dan keinginan untuk datang kembali
Dwison Sinukaban
istimewa
Denis
Nice info