Tips Penyelamatan Diri Saat Rafting yang Wajib Dikuasai

Rafting menjadi kegiatan pemacu adrenalin yang digemari oleh para pencinta tantangan. Lo termasuk penggemar olahraga ekstrem ini juga, bro? Namun, kalau baru mau mencobanya, sebaiknya ketahui dulu cara penyelamatan diri saat rafting berikut ini.

Tips Penyelamatan Diri Saat Rafting yang Wajib Dikuasai

Rafting merupakan salah satu olahraga ekstrem yang sudah lama digandrungi para pencinta kegiatan alam bebas. Nggak hanya dilakukan oleh profesional, banyak juga para rafter pemula yang turut terjun dalam kegiatan ini. Namun, karena olahraga ini terbilang ekstrem, tentu ada risiko yang bisa aja terjadi sewaktu-waktu dan nggak bisa diprediksi.

Terkadang memang ada kondisi nggak terduga yang bisa aja berakhir mengalami hal buruk saat rafting. Penyelamatan diri saat rafting pun perlu dikuasai, karena nggak bisa mengandalkan instruktur sepenuhnya. Jumlah instruktur dalam setiap perahu biasanya hanya satu, sedangkan peserta rafting bisa mencapai empat atau lima orang.

Itulah mengapa perlu penguasaan penyelamatan diri saat rafting. Buat yang masih pemula atau baru pertama kali mencoba, simak tips penyelamatan diri saat rafting berikut ini.

Selamatkan Diri Sendiri Terlebih Dulu

Tips Penyelamatan Diri Saat Rafting yang Wajib Dikuasai

Image source: unsplash.com/@enchang

Prinsip penyelamatan diri saat rafting adalah menyelamatkan diri sendiri terlebih dahulu, baru menyelamatkan orang lain. Jadi saat terjadi kecelakaan, usahakan untuk mencari solusi diri sendiri dulu, baru setelah itu bisa menolong yang lain.

Saat sudah dalam kondisi aman, baru bisa memutuskan harus mengambil tindakan apa untuk membantu yang lain. Ini bertujuan untuk menghindari hal buruk lain dan meminimalisir jumlah korban.

Tetap Tenang dan Jangan Panik

Tips Penyelamatan Diri Saat Rafting yang Wajib Dikuasai

Image source: unsplash.com/@patrikvelich

Dalam kecelakaan olahraga apapun, bukan hanya rafting, tetap tenang dan jangan panik menjadi hal yang harus diterapkan. Panik hanya akan membuat lo nggak tahu apa yang seharusnya dilakukan. Kontrol diri agar tetap tenang dan nggak panik. Ini akan memberikan waktu untuk mengambil tindakan yang tepat.

Defensive Swimming Position di Arus Deras

Tips Penyelamatan Diri Saat Rafting yang Wajib Dikuasai

Image source: unsplash.com/@runehaugseng

Jika terjatuh di area dengan arus deras, berenanglah mengikuti arus dengan posisi defensive swimming. Posisi ini mengharuskan tubuh untuk terlentang dengan kaki rapat dan tetap berada di atas air (mengapung).

Arahkan pandangan ke hilir, serta gunakan tangan untuk mengayuh sekaligus menyeimbangkan diri. Lo juga harus tetap waspada pada rintangan di sekitar, bro.

Meski terjatuh di area deras yang dangkal, jangan sekali-kali mencoba untuk berdiri. Tetaplah mengambil posisi defensive swimming. Meskipun sudah merasa nyaman dengan posisi ini, namun sebetulnya belum sepenuhnya aman. Jadi segeralah menuju ke pinggir sungai atau daratan.

Aggressive Swimming Position Untuk Arus Tenang

Berbeda dengan kondisi sebelumnya, jika terjatuh di area dengan arus tenang, maka lakukanlah aggressive swimming. Posisi ini mengharuskan untuk berenang secepat mungkin menuju hulu. Ini bertujuan untuk mendekati perahu penolong, menghindari daerah tebing sungai, area dengan arus tertahan akibat pohon tumbang, dan juga agar bisa sesegera mungkin mencapai daerah pinggir sungai.

Tapi perlu diingat, bahwa cara renang ini hanya efektif untuk kondisi arus sungai yang tenang. Jika melakukannya di area arus yang deras, lo hanya akan menghabiskan tenaga dan tetap terbawa arus.

Perhatikan Kondisi di Sekitar

Selama proses penyelamatan diri saat rafting, juga harus tetap waspada kondisi di sekitar. Jika ada perahu terdekat yang bisa menolong, maka berenang mendekatlah pada perahu tersebut. Kalau nggak ada, segeralah menuju ke tepi sungai.

Jika terjatuh dan tertindih perahu (posisi di bawah perahu), menyelamlah ke arah samping atau ke arah hulu. Jangan menyelam ke arah hilir karena hanya akan mengikuti perahu dan nggak bisa keluar dari bawah perahu.

Tentu dalam melakukan aktivitas olahraga apapun, nggak ada yang mau mengalami hal buruk yang nggak diinginkan. Tapi nggak ada salahnya juga untuk mengetahui bagaimana cara penyelamatan diri, kan? Pastikan untuk selalu mengikuti arahan dan aturan dari instruktur ya, bro.

 

Source: https://phinemo.com/5-tips-penyelamatan-diri-saat-rafting-yang-wajib-kamu-kuasai/
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat
Heni Oen
infonya bermanfaat nih
Helmi salim wachdin
Sangat menarik dan memberikan kepercayaan diri seseorang untuk coba merasakan andrenalin dalam olah raga rafting.
Ldr_Lstyd
Nice info
Darmawati
Mantappp
Allink
Mantapppp
Yudha Adi Nugraha
Nice info gan