Bukan Cuman Seru Aja, Tarik Tambang Juga Punya Manfaat, Bro!

Pasti lo sudah nggak asing dengan olahraga tradisional Indonesia yang satu ini. Yup, olahraga tarik tambang memang seringkali dipertandingkan pada 17 Agustus atau Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Tidak hanya menyenangkan, tarik tambang ternyata memiliki sejumlah manfaat lho, bro. Berikut ulasan selengkapnya!

Bukan Cuman Seru Aja, Tarik Tambang Juga Punya Manfaat, Bro!

Tarik tambang merupakan satu dari sekian banyak jenis permainan beregu yang biasa dimainkan sebagai cabang lomba pada momen-momen tertentu seperti momen perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, bro.

Disamping keseruan yang diperlihatkan pada setiap gelaran lomba tarik tambang, ternyata ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan oleh para pemainnya, lho. Berikut ini beberapa manfaat tarik tambang yang harus lo ketahui, bro!

Melatih Kekompakan

Bukan Cuman Seru Aja, Tarik Tambang Juga Punya Manfaat, Bro!

Image source: garuda-news.id

Manfaat olahraga tradisional tarik tambang yang pertama yaitu untuk melatih kekompakan kelompok, bro. Mengingat lomba tarik tambang adalah permainan yang dilakukan secara beregu atau berkelompok, maka pastinya butuh kekompakan dari masing-masing anggota tim agar dapat memenangkan perlombaan ini.

Kekompakan itu ditunjukkan saat anggota tim menentukan strategi, hingga saat ‘berjibaku’ menarik tali tambang. Nah, secara tidak langsung, aktivitas ini bisa melatih kekompakan di dalam sebuah tim, yang nantinya juga berlaku untuk kehidupan sehari-hari, bro.

Melatih Kepemimpinan 

Bukan Cuman Seru Aja, Tarik Tambang Juga Punya Manfaat, Bro!

Image source: alliancebernstein.com

Di masing-masing kelompok tarik tambang, pasti bakal ada 1 (satu) orang yang bertindak sebagai pemimpin kelompok. Tugas dari si pemimpin regu ini sangatlah penting, mulai dari mengambil keputusan atas strategi apa yang nantinya akan digunakan, hingga memacu semangat seluruh anggotanya agar dapat mengalahkan lawan, bro.

Kalau lo terpilih menjadi pemimpin kelompok tarik tambang, maka hal ini otomatis pasti bakal turut melatih jiwa kepemimpinan (leadership) di dalam diri. Setiap manusia memang memiliki potensi menjadi seorang pemimpin, tinggal bagaimana kita mau mengasahnya. Lomba tarik tambang ini adalah salah satu cara yang bisa membantu lo mewujudkannya, bro.

Menumbuhkan Daya Juang

Bermain tarik tambang tak cukup hanya mengandalkan tenaga, tapi juga semangat juang untuk dapat meraih kemenangan. Mungkin ini juga yang menjadi esensi dari lomba tarik tambang tersebut, mengingat kemerdekaan yang kita nikmati saat ini tak lepas dari perjuangan penuh semangat dari para pahlawan.

Hal ini tentu saja menghasilkan manfaat permainan tarik tambang untuk menumbuhkan daya juang di dalam diri yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan semangat dan daya juang yang tinggi, pasti lo bakal jadi orang yang sukses di bidang lo, bro!

Menumbuhkan Sikap Sportif

Setiap perlombaan, kompetisi atau apapun yang sejenisnya, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Hal ini juga berlaku untuk lomba tarik tambang, bro. Hanya ada dua kemungkinan yang akan lo hadapi, yaitu menang atau kalah.

Di sinilah letak salah satu manfaat dari olahraga tradisional yang satu ini. Lo diajarkan untuk bisa bersikap sportif, baik ketika menang maupun kalah. Sikap sportif inilah yang diperlukan oleh semua manusia agar bisa tercipta harmoni di dalam kehidupan sosial, bro.

Melatih Kekuatan Otot Tangan & Kaki

Dilansir laman dokter sehat, dari sisi medis, manfaat permainan tarik tambang adalah untuk melatih kekuatan otot, utamanya otot tangan dan otot kaki. Pasalnya, lomba tarik tambang memang membutuhkan peran tangan untuk menarik tali, dan kaki sebagai tumpuan tubuh lo, bro.

Otot tangan dan otot kaki yang kuat tentu saja memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, yakni:

1.  Keseimbangan tubuh lebih baik

2.  Memperbaiki postur tubuh

3.  Meminimalisir risiko cedera

4.  Meningkatkan metabolisme tubuh

5.  Menambah kepercayaan diri

Menghilangkan Stres

Setiap lomba tarik tambang pasti bakal menghadirkan suasana yang seru dan menggembirakan, apalagi kalau kelompok kita yang keluar sebagai pemenangnya. Nah, hal ini secara tidak langsung membantu lo untuk mengusir rasa stres yang mungkin sedang dialami, bro.

So, itulah beberapa manfaat tarik tambang yang harus lo ketahui. Kapan terakhir kali lo memainkan olahraga tradisional yang satu ini, bro?

 

Referensi : https://doktersehat.com/manfaat-permainan-tarik-tambang/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Muhammad Fanji
Mantab banget
Ldr_Lstyd
Banyak manfaat
Vania Susanto
bisa dicoba dirumah
Yuniarto ( Tato )
Pas Tarik Tambang si Seru,Tapi Pas udahnya Luar Biasa....Ada yg Mau Nyoba
Yuniarto ( Tato )
Sumpah bikin kapok...buat yg penasaran coba aja..pasti 3 Hari terasa sedap