Tempat Wisata Ini Disebut Jadi 'Pintu' Menuju Istana Nyi Roro Kidul, Berani?

Siapa sih yang nggak tahu dengan kisah Nyi Roro Kidul? Cerita ini pasti sudah didengar banyak orang, termasuk kalian. Benar kan?

Tempat Wisata Ini Disebut Jadi 'Pintu' Menuju Istana Nyi Roro Kidul, Berani?

Nyi Roro Kidul sendiri sosok sentral Pantai Selatan Jawa yang keberadaannya masih menjadi misteri. Nggak heran jika kawasan Pantai Selatan kerap dikaitkan dengan nuansa mistis yang kental. 

Beberapa cerita tentang Nyi Roro Kidul dipercaya sejumlah orang. Bahkan mereka meyakini ada beberapa titik yang menjadi 'pintu' masuk penghubung menuju istana ratu pantai selatan itu.

Pantai Pelabuhan Ratu

Tempat Wisata Ini Disebut Jadi 'Pintu' Menuju Istana Nyi Roro Kidul, Berani?

Image source: alampriangan.com

Kawasan satu ini memang jadi tempat yang paling terkenal sebagai penghubung untuk menemui Nyi Roro Kidul. Bahkan salah satu hotel yang bernama Hotel Inna Samudera menyediakan kamar khusus di lantai atas nomor 308.

Konon katanya Nyi Roro Kidul diyakini menetap di kamar tersebut. Di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu, juga ada pantai lain yang bisa lo kunjungi, seperti Pantai Loji, Pantai Ujung Genteng, dan Pantai Cipunaga.

Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Tempat Wisata Ini Disebut Jadi 'Pintu' Menuju Istana Nyi Roro Kidul, Berani?

Image source: indeksberita.com

Lokasi ini jadi salah satu pantai yang sakral di tanah Yogyakarta. Kawasan ini memiliki cerita tentang penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Beberapa cerita yang diyakini di sana, setiap pengunjung Pantai Parangtritis dilarang menggunakan baju berwarna hijau. Jika dilanggar maka bisa menghilang tertelan derasnya ombak pantai.

Pantai ini juga satu garis lurus dengan Keraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Gunung Merapi yang dianggap sebagai elemen api, Pantai Selatan sebagai elemen air dan Kraton Yogyakarta sebagai penyeimbangnya. Setiap tahunya di Parangkusumo, Sultan Yogyakarta mengadakan upacara persembahan kepada Nyi Roro Kidul.

Keraton Surakarta Hadiningrat, Jawa Tengah

Tempat Wisata Ini Disebut Jadi 'Pintu' Menuju Istana Nyi Roro Kidul, Berani?

Image source: id.wikipedia.org

Di balik keindahan bangunan Keraton Surakarta Hadiningrat, rupanya terselip kisah Nyi Roro Kidul. Menurut cerita, Panggung Sangga Buwana yang ada di kraton ini menjadi tempat bercengkerama antara Sultan Surakarta dengan Kanjeng Ratu.

Sang Ratu akan menunjukkan wajah sebagai perempuan muda dan cantik pada saat bulan muda. Namun, lama-kelamaan wajahnya akan terlihat berangsur-angsur memburuk.

Bahkan, saat memasuki kompleks utama yang berada setelah Gladag, pengunjung harus melepas alas kaki yang digunakan. Pengunjung harus berjalan tanpa alas kaki di atas pasir yang memenuhi pelataran halaman kompleks utama. Pasir-pasir ini konon dibawa langsung dari Pantai Selatan. 

Vihara Kalyana Mitta, Jakarta

Tidak hanya di tanah Jawa, jejak Ratu Pantai Selatan ini juga singgah di ibu kota. Di Vihara Kalyana Mitta, Pekojan, Jakarta Barat, terdapat satu tempat pemuliaan untuk Nyii Roro Kidul.

Ruangan yang ada di lantai bawah atau altar dewa-dewi vihara ini, pengunjung yang datang ke vihara akan disuguhkan lukisan Kanjeng Ratu lengkap dengan dupa, keris, dan alat sesajen lainnya.

 

Source: https://travel.detik.com/destination/d-2176678/6-pintu-menuju-alam-nyai-roro-kidul-berani
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Misteri dari pantai selatan
Ldr_Lstyd
Huhu penuh misteri
Agus Sungkawa
Lumayan horor
Heni Oen
Thank you infonya
agung
tq info ya
arief
makasih infonya
Bahar
Nice info
Muhammad Fanji
Misteri pantai nihhh
Rdh
Nice info
Dyastantya Ekmawanto
percaya ngga percaya, tapi kisah ini memang ada