Tips Memilih Sleeping Bag untuk Mendaki Gunung

Untuk bisa tidur nyenyak di atas gunung saat melakukan pendakian memang nggak mudah. Faktor utama yang harus diperhatikan adalah penggunaan sleeping bag yang nyaman. Sebelum memilih sleeping bag yang tepat, ketahui tipsnya berikut ini!

Tips Memilih Sleeping Bag untuk Mendaki Gunung

Saat mendaki gunung, setiap pendaki tentu wajib membawa perlengkapan pribadi masing-masing. Seperti halnya membawa sleeping bag atau kantong tidur yang akan menyelimuti tubuh saat tidur supaya nggak merasa kedinginan. Tentu benda ini juga membantu pendaki supaya bisa tidur lebih nyaman dan nyenyak layaknya berada di kasur.

Sleeping bag pun memiliki beragam jenis dengan berbagai model dan juga harga. Itu semua bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki, bro. Namun, bagaimana memilih sleeping bag yang tepat untuk dibawa saat melakukan kegiatan pendakian? Berikut tips memilih sleeping bag untuk mendaki gunung.

Bentuk Sleeping Bag

Tips Memilih Sleeping Bag untuk Mendaki Gunung

Image source: unsplash.com/@martinjernberg

Pemilihan bentuk menjadi poin yang pertama dalam memilih sleeping bag. Secara umum bentuknya terbagi ke dalam dua macam, yaitu sleeping bag dengan bentuk mumi dan bentuk tikar/selimut. Sleeping bag dengan bentuk mumi dirasa paling pas untuk kegiatan mendaki gunung karena bentuk inilah yang dirasa paling dapat menghangatkan tubuh.

Sleeping bag lain dengan bentuk tikar biasanya lebih disukai oleh mereka yang hobi melakukan traveling atau backpacking. Lalu ada juga bentuk lainnya yaitu memiliki lubang pada tangan, tipe ini membuat penggunanya lebih mudah bergerak dibandingkan dengan model mumi atau tikar.

Pilih yang Mempunyai Penutup Kepala

Tips Memilih Sleeping Bag untuk Mendaki Gunung

Image source: unsplash.com/@allaperto

Sleeping bag dengan penutup kepala mampu menghangatkan telinga yang mudah terpapar suhu dingin. Bahkan mampu menghangatkan pipi saat keadaan sedang dingin. Pemilihan sleeping bag ini mampu menghindarkan pendaki dari hipotermia yang dirasakan.

Bahan Sleeping Bag

Tips Memilih Sleeping Bag untuk Mendaki Gunung

Image source: switchbacktravel.com

Sleeping bag dibuat dari berbagai macam bahan dan fungsi, seperti bahan parasit yang dilapisi dengan kapas atau bulu, bahan sintetis yang lebih ringan dan mudah kering, bahan dacron yang bersifat hangat, serta bahan polar yang menghangatkan lebih baik dengan ukuran minim.

Pilihlah sleeping bag yang sesuai dengan kebutuhan, pilih bahan dengan campuran polar dan dacron agar menjadi lebih hangat, hanya aja harganya bisa lebih mahal dari yang lainnya.

Pilih yang Panjangnya Sesuai dengan Tinggi Badan

Tips Memilih Sleeping Bag untuk Mendaki Gunung

Image source: switchbacktravel.com

Sangat penting untuk mengetahui panjang dari sleeping bag yang akan dibeli. Sehingga mampu membuat seluruh tubuh tertutup bahkan sampai ujung kaki.

Walaupun harga sleeping bag yang lebih panjang juga lebih mahal, namun jika memilih sleeping bag dengan ukuran yang sedikit pendek malah membuat kaku dan menjadi tertekuk. Hal ini dirasa kurang efektif, apalagi untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Pastikan Punya Resleting yang Baik

Beberapa sleeping bag biasanya bermasalah pada bagian resleting yang macet dan rusak, padahal masih baru atau baru beberapa kali dipakai. Sebelum memilih, uji terlebih dahulu kualitas resleting tersebut. Jangan malu untuk mencoba resleting sleeping bag tersebut beberapa kali saat berada di toko untuk memastikan kualitasnya.

Pemilihan resleting juga berpengaruh pada kehangatan sleeping bag. Jika ingin yang lebih hangat lebih baik memilih sleeping bag dengan resleting ukuran rit yang lebih kecil dan lebih rapat, supaya udara yang masuk akan semakin sedikit.

Perhatikan Fitur Pendukung Lainnya

Fitur tambahan lainnya bisa menambah kemudahan saat menggunakan sleeping bag. Jika tersedia saku di sleeping bag, maka bisa menyimpan barang yang penting di dekat lo ketika tidur, seperti menyimpan ponsel untuk alarm.

Kantong untuk menyimpan sleeping bag juga penting. Hal tersebut akan sangat memudahkan saat packing. Pilih juga toko yang memberikan jaminan maupun garansi saat membeli sleeping bag, untuk menghindari kerusakan dengan jangka waktu yang belum lama dan bisa dipertanggung jawabkan di toko tersebut.

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih sleeping bag yang tepat untuk digunakan saat mendaki gunung. Pastikan untuk membeli kantong tidur ini yang sesuai kebutuhan dan juga budget ya, bro.

 

Source: https://phinemo.com/7-tips-memilih-sleeping-bag-untuk-naik-gunung/
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
Nice info
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Vania Susanto
info bermanfaat
Heni Oen
Thanks infonya
agung
tq info ya
DEVI TRI HANDOKO
kenyamanan adalah hal sangat penting
Kristian Mustafa
Infonya keren.
Darmawati
Mantapppp
Allink
Mantappp
Rdh
Nice info