Tips Aman Hitchhiking sebagai Panduan Traveling Hemat

Mau merasakan traveling tanpa harus memikirkan biaya transportasi, bro? Bisa banget cobain cara Hitchhiking alias cara mendapatkan transportasi dengan meminta atau menumpang orang lain. Tapi, sebelum mencoba cara ini, simak dulu tips amannya berikut ini.

Tips Aman Hitchhiking sebagai Panduan Traveling Hemat

Hitchhiking merupakan salah satu cara menggunakan transportasi dengan menumpang atau di Indonesia biasa dibilang ‘nebeng’. Kalau melakukan traveling dengan Hitchhiking, di sini lo bisa mendapatkan keuntungan dengan biaya transportasi ke tempat tujuan sebesar Rp. 0 aja, bro. Selain bisa traveling hemat, tentu juga ada pengalaman baru yang didapatkan.

Namun, untuk menumpang kendaraan orang lain memang nggak semudah itu. Faktor keamanan juga harus tetap diperhatikan, supaya perjalanan tetap mengasyikan. Sebelum mencoba cara ini, ketahui dulu beberapa tips aman Hitchhiking sebagai panduan traveling hemat berikut ini.

Siapkan Mental

Tips Aman Hitchhiking sebagai Panduan Traveling Hemat

Image source: vox.com

Hitchhiking merupakan salah satu bentuk kepedulian sesama. Antara si pemberi tumpangan dengan si peminta tumpangan. Di sini lo akan dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan si pemberi tumpangan agar mampu memberi tumpangan pada kita.

Mempersiapkan Fisik

Tips Aman Hitchhiking sebagai Panduan Traveling Hemat

Image source: unsplash.com/@jmvillejo

Fisik memang harus dipersiapkan saat melakukan perjalanan traveling. Selain dilakukan malam hari, saat hitchhiking nggak jarang lo akan berdiri lama menunggu kendaraan. Di sini kekuatan fisik dan kesabaran juga akan diuji.

Kenali Destinasi yang Akan Dituju

Tips Aman Hitchhiking sebagai Panduan Traveling Hemat

Image source: talesfromthelens.com

Mengenali destinasi nggak hanya sekadar kenal, tapi juga harus paham tujuannya adalah agar aman selama dalam perjalanan. Pasalnya, jika paham rute yang dilalui maka kemungkinan kecil untuk tersesat dan atau mungkin disesatkan. Hal ini menjadi bentuk kewaspadaan aja, bro.

Paham Jalur

Tips Aman Hitchhiking sebagai Panduan Traveling Hemat

Image source: unsplash.com/@sgabriel

Pemberi tumpangan nggak selalu mengantarkan langsung ke tempat tujuan. Missal, dari Semarang ingin pergi ke Jakarta dengan cara hitchhiking. Maka, yang perlu dilakukan adalah mencari kendaraan yang melaju ke arah Jakarta, namun nggak harus sampai Jakarta. Bisa menumpang kendaraan yang menuju ke Tegal misalnya. Dari Tegal bisa melanjutkan lagi perjalanan sampai ke tujuan akhir.

Jangan Hitchhiking Sendirian

Ada baiknya untuk nggak sendirian saat hitchhiking. Bukannya menaruh curiga sama orang yang sudah baik memberikan tumpangan, tapi nggak ada salahnya bila selalu waspada terhadap keselamatan diri, bukan?

Siapkan Tulisan ke Mana akan Numpang

Tulisan “numpang” dan kota tujuan akan memudahkan dalam menghentikan mobil atau kendaraan yang akan memberikan tumpangan.

Berdiri di Bawah Lampu Saat Malam Hari

Ada baiknya untuk memilih tempat yang terang ketika ingin menghentikan kendaraan. Selain dapat terlihat oleh supir kendaraan. Lo juga nggak akan dicurigai memiliki niat jahat.

Berdiri di Ruas Jalan yang Aman

Keselamatan diri adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Berdirilah di ruas jalan yang aman. Jangan terlalu menengah agar nggak terserempet mobil yang berlalu lalang.

Jangan Tidur Saat Menumpang

Lo bisa memilih mobil apa yang akan dihentikan saat hitchhiking. Sebuah kepuasan bila mendapatkan mobil pribadi. Jangan sampai mobilnya terasa nyaman, lalu lo malah tidur sepanjang perjalanan. Jangan ya, bro!

Pikiran manusia bisa aja berubah. Nggak ada yang tahu apa yang dipikirkan driver pada detik berikutnya setelah lo berada di dalam mobilnya.

Bawalah Sumber Daya Agar Baterai Ponsel Nggak Lemah

Lo harus selalu stand by dengan alat komunikasi yang dimiliki. Alat komunikasi seperti ponsel sangatlah penting untuk memberikan informasi kepada teman-teman yang lain. Bila terjadi sesuatu maka bisa menginformasikan kepada teman-teman yang lain.

Perlu juga meng-update letak keberadaan diri. Hal ini penting karena jadi bisa dipantau oleh anggota hitchhiking lainnya.

Bawa Makanan Sendiri

Membawa bekal makanan sendiri, jangan sampai merepotkan orang yang sudah memberikan tumpangan. Selain itu, lo juga bisa berjaga-jaga untuk nggak menerima makanan dari orang yang baru aja dikenal.

Nah, hitchhiking atau menumpang saat traveling ini bukanlah sebuah masalah yang rumit. Justru bisa memberikan pengalaman traveling yang berbeda. Tertarik untuk mencobanya, bro?

 

Source: https://phinemo.com/tips-aman-hitchhiking-traveling/
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
SMART TRAVELING
Kristian Mustafa
Nice Info.
Ldr_Lstyd
mantap jiwa
Darmawati
Mantapppp
Allink
Mantaappp
Dewandi amirullah
Mental dan fisik yang utama kreennn infonya
Agus Sungkawa
Siapkan segalanya
Rdh
Nice info
Cecep Jajang
Siap.. sekarang jadi tau