Tata Tertib Baru di Dua Bandara Jakarta Selama PSBB Ketat

DKI Jakarta, sebagai ibukota negara provinsi yang satu ini memang seringkali menjadi percontohan daerah lain di Indonesia, termasuk dalam hal kebijakan penangan wabah pandemi Covid-19 yang hingga kini belum juga mereda. Beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengubah status PSBB transisi menjadi PSBB total seperti awal pandemi Covid-19. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi beberapa sektor, termasuk sektor transportasi udara di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma, bro.

Tata Tertib Baru di Dua Bandara Jakarta Selama PSBB Ketat

Merespon kebijakan Pemprov DKI Jakarta, PT Angkasa Pura II (Persero) pun menerbitkan tata tertib baru di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma. Peraturan tersebut tentu saja diharapkan mampu mengurangi penyebaran wabah pandemi Covid-19 secara efektif dan signifikan.

Seperti apa tata tertib baru di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma selama masa PSBB ketat? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Regulasi yang Sama Seperti PSBB Pertam

Tata Tertib Baru di Dua Bandara Jakarta Selama PSBB Ketat

Image source: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Dilansir laman Antara, Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II (Persero), Muhamad Wasid, mengatakan bahwa pengelolaan kedua bandara merujuk pada regulasi-regulasi yang sama seperti PSBB pertama sebelum masa transisi.

Regulasi tersebut pastinya merujuk pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020, Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 41/2020, Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 13/2020.

Wisatawan yang bepergian melalui kedua bandara tersebut selama masa PSBB wajib memakai masker di bandara. Begitu pula saat berada di dalam pesawat, termasuk menerapkan jaga jarak fisik.

Protokol Kesehatan di Bandara 

Tata Tertib Baru di Dua Bandara Jakarta Selama PSBB Ketat

Image source: today.line.me

Sesuai dengan regulasi yang ada, PT Angkasa Pura II pun turut memberlakukan beberapa ketentuan sesuai dengan protokol kesehatan. Tujuannya, tentu saja untuk mewujudkan transportasi udara yang aman dan sehat di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma saat masa PSBB diberlakukan kembali, bro.

Yang pertama, yaitu mengaktifkan thermal scanner di area keberangkatan dan kedatangan, serta bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) membuat jalur pemeriksaan suhu tubuh. Kemudian, menetapkan peraturan jaga jarak di setiap proses misalnya untuk jalur antrean, kursi boarding lounge, hingga penggunaan toilet, bro.

Mengaktifkan Pos Check Point Pemeriksaan Health Alert Card 

Pos check point pemeriksaan surat hasil rapid test/PCR test juga turut diaktifkan untuk mewujudkan transportasi udara yang aman dan sehat. Selain itu, PT Angkasa Pura II dan KKP Kemenkes juga bekerja sama untuk mengaktifkan pos check point pemeriksaan Health Alert Card (HAC) di area kedatangan, serta memastikan kapasitas terminal memenuhi persyaratan maksimal 50 persen dari total kapasitas terminal. Seluruh personel di bandara pun diwajibkan untuk menggunakan APD seperti masker dan sarung tangan.

PT Angkasa Pura II dengan para pemangku kepentingan juga sudah menyiapkan protokol penanganan jika ada pengunjung bandara yang diduga terpapar Covid-19, bro. Sirkulasi udara, pendingin ruangan, serta fasilitas rapid test di Bandara Soekarno-Hatta pun sudah dipersiapkan dengan baik

Tak hanya itu, ada juga beberapa fasilitas touchless untuk mengurangi sentuhan fisik, berbagai titik untuk hand sanitizer dispenser, titik tempat cuci tangan, dan melakukan desinfeksi berkala di setiap area bandara, diantaranya menggunakan UV sterilizer dan penyemprotan cairan disinfektan.

Dokumen yang Wajib Dibawa Penumpang

Penumpang rute domestik wajib menunjukkan identitas diri, seperti KTP, tiket penerbangan, dan surat hasil rapid test/PCR test yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan mengisi health alert card (HAC) secara online atau formulir kertas.

Penumpang dari luar negeri pun wajib menunjukkan surat hasil test PCR dari negara keberangkatan. Bila tidak membawa surat tersebut, maka akan dilakukan test PCR saat tiba dan yang bersangkutan akan dikarantina sambil menunggu hasil tes keluar. Penumpang juga akan melalui pos pemeriksaan suhu tubuh, lalu security check point (SCP) dan melakukan pelaporan di meja check in maskapai, bro.

So, itulah beberapa tata tertib baru di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma selama masa PSBB diberlakukan kembali seperti awal pandemi Covid-19. Tetap jaga kesehatan dan terus semangat ya, bro!

 

Referensi : https://www.antaranews.com/berita/1720466/ap-ii-terbitkan-ketentuan-di-bandara-selama-psbb
Trending Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Ldr_Lstyd
nice info
Agung Sutrisno
Patuhi protokol kesehatan
Dewandi amirullah
Info penting nih, tetap patuh dengn protokol covid 19
Agus Sungkawa
Ikuti anjuran pemerintah
Vania Susanto
untuk keselamatan bersama
Heni Oen
yuk latuhi aturannya
Muhammad Fanji
Thanks info
acosabriansyah@gmail.com
Jaga jarak aman
Yuniarto ( Tato )
Info yg bagus