Uji Adrenalin Lo Lewat Offroad Inline Skate!

Main inline skate di jalan beraspal sudah biasa bro. Ada lho inline skate yang lebih memacu adrenalin. Nggak cuma lo bisa berseluncur aja, tapi juga bisa dekat dengan alam.

Uji Adrenalin Lo Lewat Offroad Inline Skate!

Buat yang masih awam, ini namanya offroad inline skate. Secara peralatan dan safety itemnya masih sama sih kayak inline pada umumnya. Termasuk jenis sepatunya.

Tapi memang ada modifikasi sedikit dari segi ban yang bakal dipakai. Maklum aja bro, trek yang bakal ditaklukan bukan jalan mulus tanpa gundukan, melainkan jalur tanah dengan kerikil yang bikin permainan sepatu roda jauh lebih menantang.

Apa Itu Offroad Inline Skate?

Uji Adrenalin Lo Lewat Offroad Inline Skate!

Image source: theskatinglesson.com

Deskripsi sederhana dari offroad inline skate ini yakni berseluncur dengan jenis roda yang jauh lebih besar. Roda yang bakal dipakai di lintasan offroad tentu bakal lebih menggigit di permukaan yang kasar alias tidak rata. Sudah pasti dong, sedikit berbeda dengan lintasan aspal

Nah, sekarang coba kita ulik lagi tentang off road inline skate. Offroad skating ini dianggap lebih dari kegiatan ekstrem berseluncur. Karena lo akan lebih dulu melakukan perjalanan di pegunungan dan masuk ke belantara hutan.

Faktor yang paling penting dalam offroad inline skate ini yakni menggunakan sepatu gunung atau trial dan sepatu roda khusus tanah. Skill tentu harus diasah di atas rata-rata ya bro.

Ukuran Roda Offroad Inline Skate

Uji Adrenalin Lo Lewat Offroad Inline Skate!

Image source: dominica.desertcart.com

Ukuran ban menjadi salah satu faktor permainan ini supaya berjalan mulus. Jadi kalau lo mau membuat sepatu roda bisa berguling di atas jalur yang nggak rata, maka ukuran yang dipakai harus di atas 100 mm. Itu ukuran yang paling ideal ya bro

So, untuk medan offroad ini sejatinya memakai ukuran roda 150 mm. Semakin besar ukuran roda, maka semakin mudah juga roda akan berputar di permukaan jalan yang kasar.

Ukuran roda yang lebih besar lebih efisien karena lebih banyak titik kontak dan itu alasannya mengapa sepatu roda di segala medan dilengkapi dengan ukuran roda yang besar. Meski ukuran rodanya besar, kecepatan meluncur tetap tinggi kok. Cuma memang untuk bermanuvernya jadi lebih sulit karena posisi sepatu yang lebih tinggi, sehingga stabilitas juga harus benar-benar dilatih. 

Jumlah Roda untuk Offroad Inline Skate

Banyak perdebatan soal jumlah roda yang diaplikasikan di sepatu roda. Paling umumnya sepatu roda memiliki 4 roda. Dan jumlah 4 roda pada inline skate adalah yang paling ramah buat para pemula. Umumnya di toko-toko juga menjual sepatu roda dengan jumlah 4 roda yang sudah sempurna

Ada juga roda 3 yang umumnya ditemukan di sepatu roda yang lebih mahal dan biasanya untuk skater yang sudah punya pengalaman. Karena semakin sedikit jumlah roda maka ukuran roda yang dipakai pasti ukurannya lebih besar, dengan kerangka yang pendek

Untuk yang lebih ekstrem lagi, termasuk untuk tipe offroad inline skate ini umumnya hanya menggunakan 2 roda saja. Sepatu roda di-setting untuk mengurangi berat dari roda. Filosofi sederhananya, lebih sedikit jumlah rodanya maka lebih ringan bobotnya

Dengan memakan dua roda maka ukuran yang dipakai sudah pasti lebih besar yakni 150 mm. Roda besar ini sangat ideal buat medan yang berat. Rangkanya lebih pendek dan lebih ringan karena tidak ada roda ketiga.

 

Source: https://theskatinglesson.com/best-offroad-skates/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
makin bagus modelnya
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Butuh skill dan keseimbangan tubuh
Muhammad Fanji
Niceee inpo
Heni Oen
canggih banget
agung
tq info ya
Dewandi amirullah
Niceeee info
Yuniarto ( Tato )
Seru abis nih
Syahrul Ramadan
Makin keren