6 Jenis Celana Outdoor yang Cocok Buat Aktivitas Traveling

Melakukan perjalanan bertualang ke berbagai tempat menjadi kegiatan favorit para traveler. Bertualang ke berbagai tempat juga perlu menggunakan outfit yang tepat, bro. Buat yang suka beraktivitas di outdoor, simak jenis celana yang cocok dikenakan saat traveling berikut ini.

6 Jenis Celana Outdoor yang Cocok Buat Aktivitas Traveling

Menggunakan pakaian khusus saat melakukan kegiatan outdoor tentu akan membuat petualangan semakin nyaman. Salah satunya adalah menggunakan celana yang bikin nyaman di setiap petualangan dan perjalanan. Namun, memilih celana outdoor yang nyaman itu nggak susah-susah banget. Hanya perlu pandai menyesuaikan celana sesuai dengan jenis medan yang akan ditempuh selama traveling.

Jangan sampai menggunakan mountaineering expedition pants untuk mendaki gunung di Indonesia dan sebaliknya, jangan memakai celana cargo panjang saat mendaki gunung dengan cuaca ekstrem. Nah, biar nggak saltum alias salah kostum, ketahui jenis-jenis celana outdoor berikut ini agar perjalanan lebih nyaman, bro.

1. Celana Gunung Panjang/Pendek

6 Jenis Celana Outdoor yang Cocok Buat Aktivitas Traveling

Image source: unsplash.com/@sebastiengoldberg

Celana gunung terdiri dari dua jenis, yaitu celana gunung panjang dan pendek. Pilihlah bahan celana yang tipis, mudah kering, dan breathable. Bahan celana yang tipis akan mempermudah langkah. Celana panjang juga dapat melindungi kaki dari daun-daun berduri, semak belukar yang runcing, gigitan serangga, dan udara dingin.

Untuk pemilihan bahan pada celana pendek juga sebenarnya sama aja. Hanya aja, ketika mengenakan celana pendek bisa lebih leluasa melangkah. Namun, jika memutuskan untuk mengenakan celana pendek untuk mendaki, harus siap menerima risiko seperti kaki tergores, terkena duri semak belukar, dan lainnya.

2. Celana Cargo

6 Jenis Celana Outdoor yang Cocok Buat Aktivitas Traveling

Image source: unsplash.com/@toomastartes

Celana cargo bisa digunakan untuk alternatif saat hiking karena celana ini bisa digunakan sebagai celana panjang dan celana pendek. Saat ingin lebih santai dan leluasa bergerak, bisa mengenakannya sebagai celana pendek, dan dapat digunakan sebagai celana panjang untuk melindungi dari dinginnya udara di atas gunung.

3. Tight Pants

6 Jenis Celana Outdoor yang Cocok Buat Aktivitas Traveling

Image source: bukalapak.com

Celana tipe tight pants ini digunakan sebagai base layer. Biasanya celana ini digunakan untuk bersepeda atau lari. Kalau yang suka naik gunung, kenakan celana base layer untuk mengatur kelembaban. Jangan lupa kenakan celana outer-nya juga, bro.

4. Insulation Pants

6 Jenis Celana Outdoor yang Cocok Buat Aktivitas Traveling

Image source: planksclothing.com

Sesuai dengan sistemnya, celana outdoor gunung memiliki tiga lapisan. Lapisan pertama yaitu base layer, lapisan kedua adalah insulation pants. Celana ini dikenakan setelah base layer yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Jadi, insulation pants bisa dikenakan saat mendaki di gunung yang mempunyai tingkat kedinginan di atas rata-rata.

5. Outer Shell Pants

6 Jenis Celana Outdoor yang Cocok Buat Aktivitas Traveling

Image source: townmoto.com

Jenis celana yang satu ini berfungsi sebagai lapisan ketiga. Biasanya, outer shell pants terbuat dari bahan yang tahan air dan breathable. Ketika berada dalam pendakian yang bersuhu ekstrem, lo harus mengenakan ketiga lapisan celana ini mulai dari base layer, insulation pants, hingga outer shell pants.

6. Mountaineering Expedition Pants

6 Jenis Celana Outdoor yang Cocok Buat Aktivitas Traveling

Image source: mountainhardwear.com

Mountaineering expedition pants dibutuhkan saat mendaki gunung ekstrem, bro. Celana ini sangat cocok dikenakan saat mendaki gunung-gunung bercuaca ekstrem seperti Everest. Selain itu, celana ini juga bisa berfungsi sebagai sleeping bag.

Nah, itulah beberapa jenis celana outdoor yang bisa digunakan untuk aktivitas traveling. Sesuaikan celana dengan kebutuhan serta tujuan lo untuk bertualang ya, bro.

 

Source: https://phinemo.com/jenis-jenis-celana-outdoor/
Gear Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Dewandi amirullah
Kereeeen infonya
Rdh
Nice info