Pentingnya Pakaian Warna Cerah Saat Beraktivitas Outdoor

Melakukan berbagai aktivitas di luar ruang atau outdoor tentu membutuhkan beberapa perlengkapan yang digunakan untuk menunjang aktivitas tersebut. Salah satu yang harus diperhatikan adalah penggunaan pakaian dengan warna yang tepat seperti warna cerah. Seberapa penting, sih? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Pentingnya Pakaian Warna Cerah Saat Beraktivitas Outdoor

Saat melakukan kegiatan di luar ruang atau outdoor, penggunaan pakaian menjadi salah satu faktor penting dalam melakukan berbagai petualangan. Pasalnya, penggunaan pakaian yang sesuai dengan kebutuhan petualangan, disebut bisa menjadi faktor keselamatan dalam beraktivitas di alam bebas. Salah satunya adalah penggunaan pakaian berwarna cerah.

Penggunaan pakaian yang berwarna cerah atau mencolok saat melakukan aktivitas di luar ruang atau outdoor tersebut ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai dari faktor keamanan, hingga faktor penyemangat. Mungkin belum banyak yang menganggap hal ini penting. Lalu, seberapa penting sih pakaian berwarna cerah untuk aktivitas outdoor?

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat saat bertualang menggunakan pakaian berwarna cerah atau mencolok, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Masalah Keamanan

Pentingnya Pakaian Warna Cerah Saat Beraktivitas Outdoor

Image source: unsplash.com/@bryanmillarwalker

Menggunakan pakaian berwarna cerah saat melakukan aktivitas outdoor akan membuat penglihatan orang lain semakin meningkat terhadap lo, bro. Sebagai contoh, saat tersesat di hutan belantara, menggunakan pakaian mendaki berwarna cerah akan membuat survivor menjadi lebih terlihat oleh regu penolong atau orang lain.

Sehingga, orang yang akan menyelamatkan menjadi lebih mudah untuk menemukan posisi survivor tersebut.

Pengaruhi Mood

Pentingnya Pakaian Warna Cerah Saat Beraktivitas Outdoor

Image source: unsplash.com/@nck

Siapa sangka persoalan warna pakaian yang cerah juga bisa mempengaruhi mood, bro? Memakai pakaian outdoor dengan warna cerah atau mencolok ternyata juga bisa mempengaruhi mood atau psikologis dari penggunanya.

Pasalnya, penggunaan pakaian bercorak cerah disebut bisa menambah semangat penggunanya menjadi lebih tinggi daripada hanya memakai pakaian yang berwarna hitam atau monoton. Selain itu, pakaian warna cerah yang digunakan penggunanya juga bisa mempengaruhi semangat bagi orang lain juga, lho.

Penggunaan warna cerah, seperti orange, kuning, atau pink, bisa membuat otak melepaskan dopamine yang dikenal sebagai hormon bahagia. Hormon tersebut bisa meningkatkan mood positif. Sementara warna-warna sejuk, seperti biru dan hijau dapat memicu melepaskan hormon oksitosin sehingga membuat mood lebih tenang. Menarik, kan?

Sebagai Kode Darurat

Pentingnya Pakaian Warna Cerah Saat Beraktivitas Outdoor

Image source: unsplash.com/@ansgarscheffold

Dalam dunia internasional, ternyata penggunaan pakaian berwarna cerah juga bisa digunakan sebagai tanda bahaya kode Morse atau biasa dikenal dengan istilah SOS. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat kalau ada hal yang nggak diinginkan terjadi ya, bro.

Nggak Menyerap Panas

Manfaat lain yang bisa dirasakan dari pakaian berwarna cerah untuk aktivitas outdoor adalah nggak menyerap panas matahari dan lebih segar. Dengan aktivitas outdoor yang tentunya langsung terpapar oleh sengatan matahari, jadi nggak terasa panas kalau menggunakan pakaian berwarna cerah, bro.

Sebaliknya, jika menggunakan pakaian berwarna gelap malah akan mudah menyerap panas dan membuat tubuh jadi kepanasan atau gerah.

Nah, itulah beberapa manfaat yang ternyata bisa didapatkan ketika menggunakan pakaian berwarna cerah untuk melakukan aktivitas outdoor. Jangan lupa untuk memilih warna yang sesuai dengan penampilan supaya tetap terlihat keren saat melakukan petualangan, bro.

 

Source: https://mounture.com/cerita-petualang/ini-pentingnya-pakaian-warna-cerah-saat-lakukan-aktivitas-outdoor/
Gear Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
bener bgt
agung
tq info ya
Rdh
Nice info