Backpacker Atau Flashpacker, Mana yang Cocok Sama Gaya Traveling Lo Bro?

Lo pasti pernah ngerasain kalau setiap kali mau merencanakan traveling selalu jadi perdebatan sama teman-teman lo . Maklum aja, memilih liburan dengan cara berkelompok selalu aja ada perdebatannya. Termasuk soal cara gaya traveling. Ada yang mau low budget, ada juga yang glamour. Ada juga yang di tengah-tengah.

Backpacker Atau Flashpacker, Mana yang Cocok Sama Gaya Traveling Lo Bro?

Kalau yang sudah sering traveling pasti sudah kenal deh dengan dua istilah ini. Backpacker dan Flashpacker. Dua gaya liburan ini bisa dibilang nyaris sama.

Karena sama-sama mengatur perjalanan dari awal hingga akhirnya pelesiran secara mandiri. Mulai dari cari tiket pesawat sampai biaya makanan, semuanya diatur sendiri. Nggak pakai jasa ekspedisi atau jasa travel. Terus bedanya di mana?

Traveling ala Backpacker

Backpacker Atau Flashpacker, Mana yang Cocok Sama Gaya Traveling Lo Bro?

Image source: unsplash.com/@thomasschweighofer_

Perbedaan yang paling mencolok ada pada bujet atau pendanaan traveling. Backpacker biasanya dikaitkan dengan traveler dengan bujet dan destinasi yang relatif rendah. Backpacker lebih menekankan bisa jalan-jalan dengan budget sehemat mungkin. Jadi, apapun yang mereka temukan di jalan, bakal selalu dinikmati.

Backpacker bakal melakukan apapun untuk sampai ke tempat tujuan. Kadang pun nggak peduli bagaimana caranya biar bisa sampai ke sana. 

Soal penginapan, karena sudah menekan budget, jadi backpacker lebih memilih menginap di tempat yang murah bahkan gratis. Backpacker juga nggak mempersoalkan waktu yang lama asalkan biaya yang dikeluarkan minim.

Sama hal nih dengan urusan perut. Harap maklum kalau backpacker ini carinya makanan yang super murah dari segi harga. Karena memang tujuan mereka bukan untuk menikmati kuliner atau menginap di tempat yang mewah, tapi intinya mereka bisa keliling ke tempat yang mau dituju

Semuanya serba seadanya, gadget seadanya seperti handphone dan kamera. Tapi bukan berarti terus-terusan pas-pasan ya. Kadang ada juga lho yang memang menyimpan budget untuk menikmati hari akhir traveling dengan menikmati semua kenikmatan.

Traveling ala Flashpacker

Backpacker Atau Flashpacker, Mana yang Cocok Sama Gaya Traveling Lo Bro?

Image source: unsplash.com/@jamie_fenn

Terus gimana nih kalau Flashpacker? Mirip-mirip kok, nggak jauh beda. Kalau diibaratkan, flashpacker itu backpacker yang naik kelas. 

Flashpacker nggak bakal ragu buat menghabiskan ongkos liburan lebih mahal dari yang direncanakan. Misalnya, mereka nggak mungkin ambil pusing untuk mengeluarkan uang ekstra asalkan mendapat pengalaman liburan berkesan. Kira-kira begitu.

Flashpacker masih mementingkan yang namanya kenyamanan ketika cari penginapan. Kalau mau menyewa hotel, mereka biasanya cenderung memilih bintang 3. Hal ini sudah pasti beda banget sama backpacker. Karena backpacker yang penting bisa tidur. Pokoknya murah, kalau perlu gratis.

Gaya traveling flashpacker juga menjunjung prinsip perjalanan yang nggak terikat dan fleksibel. Jadi bukan traveler yang budget oriented. Mereka bisa tiba-tiba melancong ke tempat lain secara dadakan, asal duitnya ada. 

Jadi aspek-aspek yang dipertimbangkan flashpacker saat liburan di antaranya adalah kenyamanan (convenience and comfort), kemudahan, dan pengalaman (experience oriented). Gaya berpakaian backpacker juga apa adanya. Sedangkan flashpacker lebih fashionable. Nah, jadi lo termasuk tipe yang mana nih bro, backpacker atau flashpacker?

 

source: https://www.hipwee.com/travel/11-perbedaan-krusial-antara-kamu-yang-traveling-ala-backpacker-dan-ala-flashpacker/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
dephy
ackpacker bakal melakukan apapun untuk sampai ke tempat tujuan
Agus Sungkawa
Cocoknya ke Backpackeran
Heni Oen
sepertinya backpaker
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
backpacker
Yuniarto ( Tato )
Flash Packer
Dyastantya Ekmawanto
sudah pasti Backpacker dong
Heni Oen
backpaker.lebih santai
Vania Susanto
lebih cocok backpacker
Rdh
Backpacker