Bangun Tenda di Gunung Harus Perhatikan Kontur Tanahnya Ya, Bro!

Berkemah itu nggak ngebosenin, selalu ada aja hal-hal serus kalau lagi camping. Apalagi kalau bareng sahabat yang seru, suasana malam bisa nggak terasa. Tiba-tiba matahari sudah terbit lagi. 

Bangun Tenda di Gunung Harus Perhatikan Kontur Tanahnya Ya, Bro!

Belum lagi mendengar bunyi kicau burung di pagi harinya. Terus masak bareng deh. Terbayang kan serunya kayak gimana? Tapi sebelum bisa dipakai tidur, momen seru laginya itu ketika proses mendirikan tenda. Karena mendirikan tenda juga perlu perhitungan bro. 

Jangan sampai tenda yang lo bangun nggak kokoh. Gawatnya, karena nggak komoh tadi, tenda bisa ambruk terhempas angin kencang atau badai. Namanya di gunung bro, cuaca sulit ditebak. Makanya dalam membangun tenda juga memerhatikan banyak hal, salah satunya kontur tanah.

Pilih Kontur Tanah yang Datar

Bangun Tenda di Gunung Harus Perhatikan Kontur Tanahnya Ya, Bro!

Image source: unsplash.com/@unexplorednortheast

Nih bro mesti diingat-ingat ya, kalau mau bangun tenda di gunung upayakan cari kontur tanah yang datar. Pilih juga tipikal tanah yang kering, karena tanah yang lembap cenderung konduktor terhadap sengatan petir.

Selain itu kontur tanah yang datar akan membuat dudukan atau permukaan tanah bisa dipakai untuk duduk atau berebah dengan baik.

Pilih Kontur Tanah yang Seimbang

Bangun Tenda di Gunung Harus Perhatikan Kontur Tanahnya Ya, Bro!

Image source: unsplash.com/@monteverdo

Bukan cuma pertimbangan tanah datar aja ya bro, tapi cek juga keseimbangannya. Maksudnya, kontur tanah yang tiap sudutnya baik.Jadi ketika tenda berdiri nggak bisa kokoh dan nyaman saat dipakai tidur.

Seimbang juga bisa diartikan struktur tanah itu aman kalau hujan turun. Jadi tanah tempat mendirikan tenda nggak gampang tergerus air, apalagi longsor. Makanya, perlu dicek betul ya bro kalau mau bangun tenda. 

Pilih Kontur Tanah Nggak Keras dan Nggak Terlalu Lembut

Bangun Tenda di Gunung Harus Perhatikan Kontur Tanahnya Ya, Bro!

Image source: unsplash.com/@worldsbetweenlines

Kontur tanah tempat mendirikan tenda juga harus memperhatikan kekuatan tanah. Bro harus memilih kontur tanah yang bisa digunakan untuk menancapkan pondasi atau penahan tenda. Jangan mendirikan tenda di tanah yang keras karena fondasi sulit dipasang.

Untuk tanah yang keras bisa dipilih sebagai lokasi tenda jika tenda tersebut hanya menggunakan tali dan pemberat sehingga tak perlu ditancapkan ke tanah.

Hindari pula mendirikan tenda pada kontur tanah yang terlalu lembut. Tanah yang terlalu lembut bisa membuat fondasi tenda justru bisa tenggelam, termasuk bro juga nantinya.

Jenis-jenis Tenda

Setiap tenda camping punya karakteristik tersendiri. Ada yang gampang untuk dipasang, ada pula yang rumit. Pertama namanya tenda tunnel. Tenda tunnel memiliki bentuk menyerupai terowongan memanjang. Bagian dalam tenda ini terasa begitu luas sehingga wisatawan bisa merasa nyaman di dalam tenda.

Lalu ada tenda Inflatable yang nggak pakai tiang penyangga. Proses pendirian tenda inflatable sebenarnya cukup praktis karena cuma perlu dipompa angin. Kalau sudah terisi angin, panel bisa berdiri karena sudah mempunyai struktur dan kaku.

Terus ada tenda ridge mempunyai bentuk seperti rumah beratap segitiga.  Lo bisa mendirikan tenda ini dengan tali dan tiang agar bangunannya kokoh di segala situasi. Kapasitas maksimal tenda ini berkisar dari 11 hingga 13 orang. 

 

Source: https://www.superadventure.co.id/news/4786/kenali-kontur-tanah-yang-cocok-buat-bangun-tenda/
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Jangan asal mendirikan tenda, pewrlu teknik khusus dan melihat kondisi sekitar
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Selalu memperhatikan keadaan sekeliling
Heni Oen
jelas ini info bermanfaat
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
bener bgt
Dwison Sinukaban
jadi kepengen camping
Yuniarto ( Tato )
Bener banget nih
Vania Susanto
thanks infonya sangat bermanfaat
Rdh
Nice info