Cerita Menarik Sneaker Vans yang Identik Sama Skateboard

Kalau bicara mengenai brand sepatu yang melekat dengan para skateboarder, brand apa yang langsung lo pikirkan, bro? Yap, Vans menjadi salah satu brand sepatu sneakers yang kerap digunakan para skateboarder. Mau tahu seperti apa sejarahnya sepatu skateboarder ini? Simak ulasan selengkapnya!

Cerita Menarik Sneaker Vans yang Identik Sama Skateboard

Siapa yang nggak tahu brand sepatu Vans? Vans adalah salah satu brand sepatu sneakers yang sangat populer di dunia. Sejak didirikan pada tahun 1966 lalu, sepatu ini biasanya selalu dipakai oleh pria yang hobi bermain skateboard dan penggila olahraga freestyle.

Bahkan sampai saat ini pun, brand sepatu Vans tetap menjadi salah satu sepatu sneakers favorit para millennials, baik pria maupun wanita. Nggak hanya dikhususkan sebagai alas kaki untuk berolahraga skateboard aja, penggunanya pun kini kerap memakainya untuk aktivitas sehari-hari. Bisa dibilang, sepatu ini sudah menjadi sangat umum digunakan oleh semua kalangan.

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah sepatu Vans bisa menjadi lambang identitas para skateboarder? Berikut ini ulasan selengkapnya, bro.

Lahir di Tahun 1966

Cerita Menarik Sneaker Vans yang Identik Sama Skateboard

Image source: vans.com

Perusahaan Vans didirikan pada 1966 di Anaheim, California, Amerika Serikat oleh dua orang, yaitu Paul Van Doren dan Jim Van Doren. Mereka kemudian bekerja sama dengan Gordon Lee dan Serge Delia.

Awalnya perusahaan ini bernama The Van Doren Rubber Company, yang bergelut di bidang karet. Penjualan sepatu mereka lakukan menggunakan sistem pre-order alias pemesanan terlebih dahulu. Di hari pertama buka, Vans mendapat pesanan sebanyak 12 pasang sepatu.

Punya Nomor Seri

Cerita Menarik Sneaker Vans yang Identik Sama Skateboard

Image source: sk8hi.it

Tadinya, masing-masing tipe sepatu sneakers Vans nggak ditandai dengan nama, melainkan nomor. Sepatu rilisan pertama mereka adalah Vans #44 (sekarang dikenal sebagai Vans Authentic). Bahannya kanvas tebal, berulir nilon, dan menjadi best seller, terutama warna hitam.

Di samping itu, nama-nama sepatu seperti Vans The Era dulu disebut Vans #95, Old Skool disebut Vans #36, dan Vans #98 yang sekarang lebih dikenal dengan Vans Classic slip on.

Debut Vans Slip On

Cerita Menarik Sneaker Vans yang Identik Sama Skateboard

Image source: size.co.uk

Vans tipe slip on merupakan sneakers paling laris sampai sekarang. Sepatu ini mulai dikenal setelah karakter Jeff Spicoli yang diperankan oleh Sean Penn, mengenakan sepatu Vans tipe slip on dengan gambar kotak-kotak layaknya papan catur dalam film Fast Times at Ridgemont High di tahun 1982.

Dari situ, Vans langsung kebanjiran order, bukan hanya di seputar kawasan California. Tapi juga merambah ke seluruh penjuru Negeri Paman Sam. Inilah awal cerita Vans menjadi sneakers terlaris di dunia.

Sebagai Identitas Skateboarder

Cerita Menarik Sneaker Vans yang Identik Sama Skateboard

Image source: vans.com

Menginjak tahun 1970-an, Vans dipilih oleh para skateboarder dan pemain BMX. Hal itu membuat Vans pada akhirnya melengkapi sepatu buatannya dengan material kulit di bagian kaki dan tumit supaya pemakainya merasa lebih nyaman.

Lima tahun berselang, mereka juga merilis sepatu custom untuk penggila skateboard, disertai punggung, kerah lunak, dan berbagai kombinasi warna.

Puncaknya, pada tahun 2004, Vans memberikan kesempatan bagi siapa aja yang ingin memesan sepatu Vans dengan desain sesuai keinginan pembeli.

Itulah sejarah perkembangan brand sepatu sneakers Vans yang menjadi lambang identitas para skateboarder hingga sekarang. Nggak hanya dipakai untuk main skateboard, sepatu Vans juga dikenakan untuk berbagai aktivitas.

Source: https://male.co.id/detail/4681/sepatu-sneakers-lambang-identitas-skateboarder-men-scope-1

In Depth Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Cerita yang sangat menarik
Heni Oen
cukup menarik
Dewandi amirullah
Jadii tauu krennnn info nya
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Keren Sepatunya.
Ldr_Lstyd
nice info
dephy
sepatu keren sejuta umat
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Sejarah nihhh
Bahar
Nice info