Traveling Nyaman Buat yang Suka Sakit Maag

Aktivitas yang terbilang padat dan perjalanan jauh menuju destinasi wisata memang seringkali mengubah pola makan selama travelling. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi penderita maag. Pasalnya, penyakit tersebut bisa saja kambuh, bahkan bertambah parah saat travelling. Seperti apa tips nyaman travelling bagi penderita maag? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Traveling Nyaman Buat yang Suka Sakit Maag

Sulit dipungkiri, kalau pola makan memang bakal berubah selama traveling. Aktivitas wisata yang terbilang padat dan jauhnya perjalanan pasti seringkali membuat lo jadi lupa makan. Hal ini tentu saja bisa menyebabkan naiknya asam lambung dan menyebabkan penyakit maag, bro.

Apalagi bagi penderita maag kronis yang tak boleh sampai telat makan walau semenit saja. Jika maag sudah kambuh, pasti ujung-ujungnya bakal mengganggu aktivitas liburan yang seharusnya menyenangkan. Agar nggak kambuh dan mengganggu momen liburan, lo bisa terapkan beberapa tips nyaman travelling bagi penderita maag berikut ini, bro!

Hindari Makan dalam Porsi Besar

Traveling Nyaman Buat yang Suka Sakit Maag

Image source: unsplash.com/@lvnatikk

Wisata kuliner pasti jadi aktivitas wajib saat travelling ke suatu tempat. Apalagi, kalau destinasi yang lo kunjungi punya ragam kuliner enak. Meski begitu, sebaiknya hindari konsumsi makanan dalam jumlah besar sekaligus, bro.

Hal ini dikarenakan lambung akan bekerja sangat keras tiba-tiba. Daripada mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dalam satu waktu sekaligus, lebih baik untuk makan dalam porsi kecil tapi sering, bro.

Dengan mengikuti cara ini, lo bisa menjaga porsi makan dan waktu makan lo juga pun nggak bakal banyak berubah jika konsisten melakukannya. Selain itu, lo juga nggak disarankan makan terlalu cepat, sebab hal tersebut justru dapat menghambat sistem pencernaan lo, bro.

Kurangi Makanan Pemicu Maag

Traveling Nyaman Buat yang Suka Sakit Maag

Image source: unsplash.com/@nickkarvounis

Saat traveling, pasti lo bakal sulit menahan godaan mencicipi berbagai macam jajanan kuliner yang ada di depan mata. Tapi, sudah sewajarnya bagi penderita maag untuk menghindari semua makanan yang dapat memicu maag kambuh. Kalau lo memiliki penyakit maag sebaiknya hindarilah makanan-makanan seperti soda, minuman berkafein, makanan berlemak, dan makanan pedas, bro.

Perbanyak Minum Air Putih

Traveling Nyaman Buat yang Suka Sakit Maag

Image source: unsplash.com/@bitcloudphotography

Tips nyaman travelling bagi penderita maag yang satu ini pasti sering dianggap sepele bagi sebagian orang. Padahal, cukup minum air putih ternyata bisa membantu menurunkan kadar asam lambung lho, bro.

Tak hanya itu, minum air putih pastinya juga bisa menjaga tubuh lo tetap terhidrasi selama travelling. Apalagi kalau cuaca di tempat wisata yang lo kunjungi sedang terik-teriknya. Sebaiknya, perbanyaklah minum air putih, bahkan sebelum lo merasa haus sekali pun, bro.

Selalu Siapkan Obat Maag di Dalam Tas

Traveling Nyaman Buat yang Suka Sakit Maag

Image source: unsplash.com/@sharonmccutcheon

Nah, poin satu ini juga nggak kalah penting nih, bro. Seperti kata peribahasa "sedia payung sebelum hujan", lo juga harus selalu menyediakan obat maag di dalam tas untuk mengantisipasi terjadinya maag kambuh secara tiba-tiba, bro. Obat maag ini biasanya berfungsi untuk menetralkan kadar asam lambung, terutama saat penderitanya mulai merasakan gejala-gejala penyakit maag.

Makan Sebelum Mulai Beraktivitas

Telat makan memang seringkali menjadi penyebab utama timbulnya penyakit maag. Nah, kalau lo nggak pengen momen liburan rusak gara-gara penyakit maag yang tiba-tiba kambuh, maka sebaiknya jangan biarkan perut lo sampai kosong, bro.

Makanlah terlebih dahulu sebelum mulai bepergian ke suatu tempat. Walau perut belum terasa lapar, lo tetap harus menjaganya agar tetap terisi, bro. Pilihlah makanan yang ringan namun mengenyangkan sehingga kamu tidak akan merasa lapar saat sedang berada di dalam perjalanan.

Meski begitu, tetap usahakan jangan sampai konsumsi makanan yang dapat memicu naiknya gas asam lambung saat perut sedang kosong. Makanan seperti gandum dan biji-bijian serta makanan yang kaya protein adalah makanan yang dianjurkan bagi penderita asam lambung, bro.

Selalu Sediakan Camilan

Selain menyediakan obat-obatan, lo juga harus selalu menyiapkan camilan atau makanan ringan di dalam tas travelling lo, bro. Camilan tentu bisa dijadikan solusi ketika merasa lapar di tengah perjalanan. Nggak perlu membawa camilan yang terlalu banyak, cukup siapkan sejumlah camilan tinggi serat seperti snack bar atau yang sejenisnya. Camilan yang kaya serat ini tentu bakal membuat lo tidak mudah merasa lapar, bro.

So, itulah beberapa tips nyaman travelling bagi penderita maag. Selamat berpetualang, bro!

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/travel/traveling-untuk-penderita-maag-108539
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
nice info
dephy
makan secukupnya
Agung Sutrisno
Ngemil adalah salah satu cara buat menghilangkan maag
Agus Sungkawa
Artikel yang memuat informasi bermanfaat
Dwison Sinukaban
thanks infonya
Yuniarto ( Tato )
sangat bermanfaat
Vania Susanto
info bermanfaat
Dewandi amirullah
Tipss yg bermanfaat
Heni Oen
tipsnya boleh juga nih
Rdh
Nice info