Barang-barang Ini Bisa Lo Manfaatin Jadi Tenda Darurat

Sebagai pecinta alam harus siap dalam kondisi apapun ketika melakukan petualangan outdoor. Termasuk mencari jalan keluar di saat situasi darurat.

Barang-barang Ini Bisa Lo Manfaatin Jadi Tenda Darurat

Nah, kesiapsiagaan itu juga harus dibekali ilmu sederhana. Syukur-syukur bisa seperti MacGyver, semua benda-benda yang dia lihat, bisa jadi 'senjata' di kondisi terjepit.

Ini juga yang harus kalian ketahui ketika hendak membangun tenda di keadaan darurat. Tenda salah satu peralatan penting. Kecil kemungkinan ketika mau naik gunung tapi lupa membawa tenda. 

Namun, gimana kalau tenda yang dibawa itu rusak? Padahal persiapan sudah siap banget untuk menghabiskan tiga malam di atas gunung. 

Tenang bro, solusinya selalu ada. Lo hanya perlu kreativitas dan bekal ilmu untuk memanfaatkan hutan jadi alat pokok bikin tenda darurat. Jangan lupa dikombinasikan dengan peralatan yang sudah dibawa. 

Oh iya, karena ini tenda darurat, sudah pasti kenyamanannya akan berkurang sedikit. Tapi paling nggak lo bisa berteduh saat cuaca ekstrem. Gulirkan terus ke bawa bro, alat-alat apa aja sih yang bisa dimanfaatkan untuk buat tenda darurat.

Dahan, Ranting, dan Daun

Barang-barang Ini Bisa Lo Manfaatin Jadi Tenda Darurat

Image source: kaskus.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bro, tenda darurat itu nggak sempurna. Jauh lebih sederhana dari tenda yang lo bawa dari rumah.

Dalam situasi darurat begini, paling memunkingkan yakni membangun bivak. Apa itu bivak? Bivak bisa dibilang salah satu kemampuan wajib survival di alam bebas. Karena pembuatannya menggunakan peralatan yang seadanya.

Untuk bikin tenda darurat atau bivak ini, yang lo harus siapkan antara lain dahan, ranting, dan daun. Bivak bisa dibuat permulaan membentuk kerangka menggunakan ranting atau dahan pohon. 

Untuk mengikat rangkanya lo bisa menggunakan akar atau sulur pepohonan. Sementara bagian atap ditutup dengan dedaunan dan usahakan rapat ya, supaya air hujan nggak masuk dari atas.

Kalau dahan, ranting, atau daun jangan susah didapat, maka cari barang apa saja yang bisa digunakan sebagai perlindungan diri. Misalnya menemukan tonjolan bebatuan, tebing, atau malah gua. Hanya saja pertimbangkan faktor keamanan.

Ponco, Jas Hujan, Parasut dan Flysheet

Barang-barang Ini Bisa Lo Manfaatin Jadi Tenda Darurat

Image source: facebook.com/fyzl_adv

Kalian juga bisa memanfaatkan material anti air seperti jas hujan hingga flysheet untuk dijadikan atap tenda darurat. Kalau tadi sudah dibuat dari daun, maka dilapis lagi menggunakan material anti air maka akan lebih kuat lagi tenda darurat yang dibuat.

Oh iya, dalam membuat tenda darurat ini juga harus sesuai kebutuhan ya bro. Karena ini juga mengukur jumlah orang yang bakal menghuni di dalam tenda. Jadi jumlah orang akan menentukan juga luas bivak atau tenda darurat yang dibikin.

Termasuk memperhatikan kondisi medan pembuatan tenda darurat. Cari lokasi yang dirasa paling aman dan alangkah baiknya dekat dengan sumber air atau lingkungan yang lebih bersih. Arah mata angin juga harus dicermati ya, jangan sampai bivak yang lo bangun malah roboh dihempas angin kencang atau badai.

Tips Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Rdh
Keren kreatif
Ldr_Lstyd
bermanfaat
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Sangat kreatif
SIGIT PANGESTI AJI
UGD natur
Dewandi amirullah
Kreatif gan , mantap informasi nya
Allink
Mantappp