Fakta-fakta Edible Gold, Emas 24 Karat yang Bisa Dimakan

Lo pasti sudah familiar banget sama aneka menu makanan yang disajikannya pakai taburan emas. Mulai dari es krim, macam-macam kue, sampai olahan daging ayam juga ada yang dilapis emas. 

Fakta-fakta Edible Gold, Emas 24 Karat yang Bisa Dimakan

Harganya nggak murah lho bro. Tapi buat para pencinta kuliner, untuk mencicipi hidangan dengan cita rasa yang unik merogoh kocek dalam nggak masalah. 

Meski sudah familiar, sudah tahu belum jenis emas yang dipakai untuk olahan makanan? Karena emas yang dipakai bukan sembarangan lho. Emas yang dikawinkan dengan menu makanan ini masuk dalam kategori food grade, jadi aman untuk dikonsumsi.

Tapi ternyata, meski sudah ada jaminan aman masih banyak lho yang meragukan emas ini, apalagi yang menggunakan embel-embel 24 karat. Memang sih si emas ini nggak jadi bahan pokok. Dia cuma pelengkap aja alias pemanis atau kalau istilah dapurnya 'garnish'

Emas ini namanya Edible Gold. Bentuknya beragam, ada yang bubuk atau lembaran. Yuk simak fakta-faktanya.

Mengandung 92% Emas Murni

Fakta-fakta Edible Gold, Emas 24 Karat yang Bisa Dimakan

Image source: lcpshop.net

Lembaran Edible Gold memiliki kandungan 92 persen emas murni. Lembaran emas ini diperoleh dari emas asli yang dipukul-pukul dengan palu menjadi lembaran yang sangat tipis. 

Di dalam gold leaf atau lembaran emas ini sama sekali nggak ada kandungan nutrisi yang berpengaruh buat kesehatan tubuh. Jadi fungsi emas memang semata-mata buat sentuhan kesan mewah dan elegan pada makanan. Tentunya juga menaikkan harga jual.

Aman Dimakan?

Fakta-fakta Edible Gold, Emas 24 Karat yang Bisa Dimakan

Image source: lcpshop.net

Secara umum Edible Gold nggak bahaya berbahaya apalagi mengganggu kesehatan. Tekstur alami emas yang lunak akan gampang melewati sistem pencernaan.

Ketebalan lembaran emas ini sekitar 1/8.000 milimeter. Lembaran emas nggak mengandung rasa dan teksturnya gampang lebur sehingga cepat hancur.

Alaminya, edible gold akan keluar dari dalam tubuh setelah 24 jam makanan disantap. Partikel emas nggak berubah dan tidak bereaksi di dalam tubuh. 

Komposisi Edible Gold

Fakta-fakta Edible Gold, Emas 24 Karat yang Bisa Dimakan

Image source: lcpshop.net

Emas yang bisa dimakan ini kebanyakan memiliki kadar 23 karat atau 24 karat. Komposisinya terdiri dari campuran emas murni dan perak. Biasanya produsen mencampur 98 persen emas murni dan 2 persen perak murni. 

Penjualan edible gold nggak bisa sembarangan. Ada produsen resmi yang menjamin emas buatannya adalah emas asli. Harga yang mahal karena bahan bakunya nggak murah, terus proses pembuatannya sangat sulit. Maka hati-hati kalau ada produsen yang mengklaim menjual edible gold dengan harga di bawah rata-rata. Bisa jadi emas yang dipakai palsu.

Takaran Konsumsi

Di Eropa nggak ada batasan jumlah konsumsi emas yang disarankan. Jadi edible gold bisa dibilang aman dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Tapi, siapa sih yang mau makan olahan makanan pakai emas dalam jumlah banyak? Makanya kalau mau makan secukupnya aja ya. Mengingat harganya juga yang mahal. Sekadar coba, mungkin cukup sekali aja. Toh, si emas ini juga kan hanya pemanis makanan aja. 

Para chef hanya menambahkan sedikit edible gold pada makanan. Tujuannya sebagai garnish untuk mempercantik makanan. Beberapa makanan dengan lapisan emas diklaim sebagai makanan termahal di dunia. Harganya mulai dari Rp 7 juta sampai RP 20 jutaan. Gimana bro? Tertarik mau coba nggak?

 

source: https://food.detik.com/info-kuliner/d-4862044/fakta-unik-edible-gold-emas-24-karat-yang-bisa-dimakan
Trending Beginner Extreme solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
makanan sultan
Agung Sutrisno
Kira kira bikin kenyang brp hari ya ?
Dwison Sinukaban
cuma bisa bilang wow
Agus Sungkawa
Hmm.. Ampe ada yg begini
Hilman rusdiyanto
sek tak coba ????
Yuniarto ( Tato )
Mahal nihhhhhh
Dyastantya Ekmawanto
mau dimakan tapi kok sayang
Bahar
Nice info
Allink
Mantappp
Bahar
Nice info