Cara Menemukan Air Saat Lo Tersesat di Alam Bebas

Setiap perjalanan mendaki gunung pasti membutuhkan berbagai macam persiapan matang untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Termasuk persiapan terkait pemahaman basic survival skill, cara menemukan air di alam liar salah satunya. Bagaimana cara menemukan air saat tersesat di alam bebas? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Cara Menemukan Air Saat Lo Tersesat di Alam Bebas

Air bisa dibilang menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap aktivitas manusia. Kekurangan air bisa saja menyebabkan dehidrasi atau suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup air untuk menjalankan fungsinya dengan baik, bro.

Wajar saja, jika pemahaman cara menemukan air di alam liar menjadi salah satu basic survival skill yang harus dipahami para pendaki gunung. Pasalnya, pendaki bisa saja tersesat saat berada di alam bebas dan kekurangan air bersih untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, lo harus memahami beberapa cara menemukan air saat tersesat di alam bebas berikut ini, bro!

Danau, Kolam, Sungai atau Aliran Air Lainnya

Cara Menemukan Air Saat Lo Tersesat di Alam Bebas

Image source: pexels.com/@tommymila

Ketika tersesat di hutan dan cadangan air semakin menipis, berarti lo harus segera menemukan sumber mata air, bro. Entah itu berupa danau, rawa-rawa, sungai, aliran air atau air terjun. Carilah air yang mengalir dari tempat yang tinggi karena kemungkinan bakal lebih bersih dan lebih higienis untuk diminum.

Saat tubuh kekurangan air pasti lo bakal merasa lemas dan sulit berpikir jernih. Dampaknya tentu saja lo juga bakal kesulitan menemukan cara untuk keluar dari hutan, bro. Ingat, manusia bisa bertahan 14 hari tanpa makanan, tetapi manusia akan mati dalam 3-4 hari apabila tidak menemukan air untuk diminum. Oleh karena itu, lo harus segera menemukan air secepat mungkin saat tersesat di alam bebas, bro.

Genangan Air

Cara Menemukan Air Saat Lo Tersesat di Alam Bebas

Image source: unsplash.com/@jonflobrant

Mencari sumber mata air berupa danau, rawa-rawa, sungai, aliran air atau air terjun di alam bebas memang sangatlah sulit. Sebagai alternatif, lo bisa mencari genangan air untuk diminum, bro. Genangan air ini bisa lo temukan di berbagai tempat, misalnya di bebatuan besar, lembah, cekungan tanah atau di lekukan pohon.

Tetapi, lo juga harus waspada, bro. Sebab, air yang tergenang ini rawan banget akan kontaminasi. Sebaiknya, periksalah kembali genangan tersebut dan pastikan tidak ada alga atau hewan kecil yang hidup di dalamnya.

Untuk memastikan airnya bersih, rendamlah kain bersih ke genangan air. Lalu, peras kain tersebut ke dalam wadah. Tujuannya tentu saja untuk memerangkap kotoran di kain agar tidak ikut terminum, bro. Kalau masih sempat, sebaiknya rebuslah air genangan tersebut terlebih dahulu.

Tampunglah Air Saat Hujan Turun

Cara Menemukan Air Saat Lo Tersesat di Alam Bebas

Image source: unsplash.com/@martinsanchez

Jas hujan ponco sangat membantu apabila kita berkegiatan di alam liar. Selain bisa melindungi dari hujan dan membuat tenda darurat atau bivak, lo juga bisa menemukan air dengan jas hujan ponco, bro. Caranya, bentangkan jas hujan ponco di tanah lapang ketika hujan turun. Ikatlah setiap sudutnya dengan tali ke pohon, sehingga air bisa ditampung di tengahnya, bro.

Jika tidak ada jas hujan, lo juga bisa memanfaatkan plastik atau kain yang kedap air. Caranya, gali lubang kecil di tanah, lalu lapisi dengan plastik untuk menampung air. Lakukan ini ketika hujan turun agar bisa mendapatkan stok air sebanyak-banyaknya. Air hujan tentu lebih bersih dari genangan air dan bisa langsung diminum, bro.

Minum Air Embun yang Ada di Dedaunan

Embun kecil di dedaunan ternyata bisa diminum ketika lo harus bertahan hidup di hutan, bro. Embun ini biasanya muncul saat dini hari, ketika matahari belum menampakkan sinarnya. Lalu, kumpulkan embun dengan cara mengusapkan kain ke dedaunan. Pilih kain bersih yang bisa menyerap air, seperti kaus katun, handuk ringan atau kaus kaki yang masih bersih.

Nah, itulah beberapa cara menemukan air saat tersesat di alam bebas. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat berpetualang ya, bro!

 

Referensi : https://knowpreparesurvive.com/survival/10-ways-to-find-water/
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
karena air itu sangat penting
Yuniarto ( Tato )
Penting banget nih nemu Air bersih
Agus Sungkawa
Caranya bisa di tiru nih
Vania Susanto
menambah pengetahuan
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
nice info
Agung Sutrisno
Banyak yg dibahas dalam basic survival skill, salah satunya mengenai air. karena air adalah hal paling penting dalam berpetualang
Dyastantya Ekmawanto
nice infoo, harus dicoba dan selalu di ingat
Bahar
Nice info
Rdh
Air sumber kehidupan