Pertolongan Pertama Kalau Kaki Lo Lagi Terkilir

Apa yang lo lakukan saat melihat seseorang atau bahkan mengalami sendiri kaki terkilir? Yup, pasti kebanyakan langsung diurut tanpa pengetahuan dasar atau diurut asal-asalan. Sebaiknya, hentikan kebiasaan ini, bro. Sebab, bisa menyebabkan sakit yang semakin menjadi-jadi dan cedera yang semakin bertambah parah. Bagaimana tips pertolongan pertama pada kaki terkilir yang tepat? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Pertolongan Pertama Kalau Kaki Lo Lagi Terkilir

Para pendaki gunung ataupun pencinta olahraga ekstrem pasti pernah melihat atau bahkan mengalami langsung yang namanya kaki terkilir atau keseleo. Aktivitas yang melelahkan dan faktor tak terduga lainnya memang seringkali mengakibat cedera pada bagian kaki.

Seseorang bisa dikatakan mengalami kaki terkilir atau keseleo ketika satu atau lebih ligamen di pergelangan kakinya tertarik atau robek, bro. Kondisi ini pastinya menyebabkan penderita merasakan sakit dan mengalami bengkak di area yang terkilir, sehingga pergelangan kaki sulit digerakkan maupun berjalan.

Kulit pada bagian terkilir juga bisa berubah menjadi kemerahan atau mengalami memar dan terasa hangat ketika disentuh. Biar nggak semakin bertambah parah, lo bisa terapkan tips pertolongan pertama pada kaki terkilir yang tepat berikut ini, bro!

Jangan Menggerakkan Kaki yang Cedera

Pertolongan Pertama Kalau Kaki Lo Lagi Terkilir

Image source: popsci.com

Sesaat setelah keseleo atau terkilir, usahakan untuk tidak menggerakkan kaki yang cedera, apalagi mencoba untuk berjalan. Sebisa mungkin, batasi pergerakan selama 24 sampai 48 jam pasca cedera, bro. 

Bila memang harus berpindah posisi, mintalah bantuan orang lain untuk memapah orang yang cidera tersebut. Selain itu, korban juga bisa menggunakan alat bantu, seperti tongkat atau kruk, untuk bergerak.

Tempel Kompres Dingin

Pertolongan Pertama Kalau Kaki Lo Lagi Terkilir

Image source: honestdocs.id

Hindari mengompres area yang terkilir dengan air hangat atau mengoleskan balsem otot selama 24 jam pertama. Sebab, dua hal ini justru bisa memicu pembengkakan otot kaki yang cedera, bro. 

Sebaliknya, gunakanlah kompres dingin dari es batu berlapis handuk atau kain. Lo juga bisa menggunakan kompres dingin instan yang bisa dibeli di toko-toko terdekat atau benda lain yang dingin (seperti daging beku atau sayuran beku yang masih terbungkus).

Kompreslah area yang cedera kurang lebih selama 15-20 menit dan mengulanginya sebanyak tiga hingga lima kali sehari hingga nyeri dan bengkak berkurang. Tapi, jangan tempelkan es batu langsung ke kulit ya, bro. Pasalnya, langkah ini malah berpotensi meningkatkan risiko kemunculan radang dingin atau frostbite.

Angkat Pergelangan Kaki yang Keseleo

Pertolongan Pertama Kalau Kaki Lo Lagi Terkilir

Image source: popsci.com

Setelah mengompres, angkat pergelangan kaki secara perlahan-lahan dan posisikan lebih tinggi atau sejajar dari posisi jantung ketika korban berbaring. Sisipkan bantal untuk menyangga tumitnya. Langkah ini juga bisa diterapkan pada saat korban dalam posisi duduk, bro. 

Perban Bagian yang Keseleo

Pertolongan Pertama Kalau Kaki Lo Lagi Terkilir

Image source: popsci.com

Bila memungkinkan, balutlah perban di area yang terkilir atau keseleo untuk membatasi pergerakannya. Caranya, yaitu mulailah dulu dengan membalut perban elastis di area kaki yang terkilir. Kemudian bungkus telapak kaki dan naik ke arah tumit hingga pergelangan kaki. 

Usahakan, agar setiap lapisan perban bisa menutup setidaknya separuh dari perban sebelumnya. Pastikan juga bungkusan perban pada pergelangan kaki membungkus hingga beberapa cm di atas bagian kaki yang cedera. Selain itu, perhatikan juga supaya perban tidak terlalu kencang, agar aliran darah tidak terhambat dan memicu rasa nyeri, bro.

Minum Obat Pereda Nyeri

Obat antiinflamasi non-steroid (OAINS), seperti ibuprofen ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit atau nyeri akibat kaki terkilir atau keseleo lho, bro. Akan tetapi, penggunaan jenis obat minum ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, apalagi kalau lo memiliki kondisi medis tertentu atau alergi.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, salah satu bentuk pertolongan pertama keseleo pasti langsung terpikirkan untuk urut atau memijat kaki yang cedera. Namun, ternyata hal ini tidak dibenarkan dalam dunia medis lho, bro.

Kalau lo cedera dan mau tetap diurut, maka sebaiknya tunda sampai setelah 72 jam. Langkah ini bertujuan agar tidak terjadi pembengkakan yang lebih parah, bro. Pastikan juga lo meminta bantuan fisioterapis profesional untuk memijat atau urut pada bagian yang cedera.

Nah, itulah beberapa tips pertolongan pertama pada kaki terkilir yang tepat. Tujuan utama pertolongan pertama pada kaki terkilir yaitu untuk mengurangi rasa sakit maupun bengkak. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat berpetualang, bro!

 

Referensi : https://www.sehatq.com/artikel/langkah-pertolongan-pertama-keseleo-yang-benar-pada-pergelangan-kaki
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Tips yg Bagus
Agus Sungkawa
Informasi bermanfaat
Agung Sutrisno
Pertolongan pertama yg sangat berguna
Dewandi amirullah
Tipss berguna
agung
ty info ya
Ldr_Lstyd
nice info
SRI YAYA ASTUTI
pertolongan sepele tapi penting
Yuniarto ( Tato )
Nice Infoioo
Bahar
Nice info
Bahar
Nice info