Persiapan Buat Lo yang Mau Bikepacking

Traveling menggunakan sepeda mungkin belum terlalu populer di Indonesia. Tapi di luar negeri sana bersepeda sambil traveling sudah banyak dilakukan. Bahkan ada juga yang camping dalam sehari aja. Sekadar menikmati alam bebas sejenak sambil seruput kopi hangat.

Persiapan Buat Lo yang Mau Bikepacking

Biasanya destinasi travelingnya itu ke perbukitan yang selama perjalanan juga ada sungai. Setelah di dalam hutan yang rindang, sepeda diparkir, lalu mendirikan tenda. 

Nah karena travelingnya pakai sepeda maka persiapannya juga beda. Mulai dari tenda, peralatan kopi, sampai matras juga harus masuk ke dalam tas yang nantinya menggantung di rangka sepeda. Itu sebabnya packing pun nggak mesti cermat.

Terus Bagaimana Memulainya?

Persiapan Buat Lo yang Mau Bikepacking

Image source: unspalsh.com/@didwee

Untuk traveling menggunakan sepeda itu idealnya menggunakan sepeda gunung dengan ukuran 29er atau 27.5 dengan rem mekanisme cakram dan stang yang multi-posisi. Bikepacking membawa perlengkapan yang hampir sama dengan backpacker ditambah banyak perlengkapan dan tabung sepeda cadangan. 

Jadi perlengkapan yang dengan bikepacking antara lain tas yang cocok untuk membawa bawaan ringan, besar. Lalu juga kantong yang bisa dipasang di rak belakang untuk menampung barang yang lebih berat.

Lalu ada handlebar bag atau tas di handlebar alias setang yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpang barang lebih ringan hingga sedang. Tenda hingga baju bisa diletakan di bagian depan sepeda

Lalu botol penempatan botol minum juga harus terpasang. Umumnya untuk di rangka sepeda saja sudah ada tiga titik penyimpanan botol. Tapi bisa juga ditambah melalui tas atau rak botol tambahan. Rak pannier juga harus terpasang. Ini untuk mengangkut tas yang berisi barang-barang berat.

Kalau para pelaku bikepacking yang menggunakan sepeda single track, biasanya mereka akan melepas rak pannier karena terlalu lebar dan bisa merusak perlengkapan kalau melewati jalan sempit. Makanya mereka lebih baik memasang rak di belakang.

Ketika memulai bikepacking lalu menjadi kebiasaan sebulan sekali, maka penggiatnya akan mendadak menjadi ahli dalam hal merapikan peralatan traveling. Karena terbiasa merapikan peralatan seminim mungkin tapi fungsional.

Perlengkapan yang Harus Dibawa Bikepacking

Persiapan Buat Lo yang Mau Bikepacking

Image source: unspalsh.com/@worldsbetweenlines

Perlengkapan bikepacking harus mencakup item backpacking biasa, seperti kantong tidur, tenda, kompor, dan sepuluh perlengkapan penting yang harus dibawa untuk perjalanan semacam itu.

Selain perlengkapan backpacking, lo juga harus membawa item basic dalam bersepeda antara lain helm, ban, dan alat multi fungsi yang mencakup perbaikan rantai sepeda. Kalau perjalanan yang lebih jauh maka harus disiapkan tambahan pelumas rantai, pin rantai, kabel cadangan, dan bahkan kunci-kunci sepeda.

Lalu penting juga membaca celana pendek dan sarung tangan berbantalan yang tentunya bikin perjalanan gowes jadi lebih nyaman. Termasuk sepatu sepeda gunung yang kompatibel.

Pertimbangkan sepasang sepatu kasual ekstra untuk di tempat berkemah dan waktu istirahat. Lalu lebarkan terpal kecil untuk melindungi sepeda dari cuaca buruk.

 

Source: https://www.rei.com/learn/expert-advice/bikepacking.html
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
cocok nih
Falaq Madykautsar
Hobby yang menantang bagi laki laki sejati dan mau repot
SRI YAYA ASTUTI
sepeda saat ini hanya digunakan sepagai ajang pamer di sosmed
Yuniarto ( Tato )
Mantap Benerrrr
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Persiapan bwa brang yg seminim mungkin tapi berfungsi lebih
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
seru juga nihhhh
Dyastantya Ekmawanto
keren nih, skuy cobain guys
Allink
Mantappp