Tugas Leader, Navigator dan Sweeper Saat Mendaki Gunung

Pernah mendengar istilah leader, navigator dan sweeper dalam dunia pendakian, bro? Yup, ketiga istilah tersebut memang seringkali digunakan saat mendaki gunung untuk membagi tugas setiap anggota kelompok pendakian. Apa saja tugas leader, navigator dan sweeper saat mendaki gunung? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Tugas Leader, Navigator dan Sweeper Saat Mendaki Gunung

Perencanaan yang matang sebelum perjalanan mendaki gunung pasti bakal membuat petualangan di gunung menjadi lebih aman dan berkesan. Sebab, lo dan teman sekelompok pendakian lo jadi lebih paham dengan tugas masing-masing, beserta risiko yang bakal dihadapi nantinya, bro.

Leader, navigator dan sweeper bisa dibilang menjadi tiga posisi yang paling penting dalam kelompok pendakian. Sebab, ketiga posisi tersebut dianggap memegang peranan penting dalam setiap kelompok pendakian. Berikut ini tugas leader, navigator dan sweeper saat mendaki gunung yang harus lo pahami, bro!

Leader

Tugas Leader, Navigator dan Sweeper Saat Mendaki Gunung

Image source: pexels.com/@bhine

Posisi leader merupakan orang yang bertanggung jawab pada pengambil keputusan, pemimpin dalam suatu kelompok pendakian, dan orang yang memastikan sebuah pendakian berjalan dengan sukses.

Bicara tentang suksesnya sebuah pendakian, pasti kebanyakan orang bakal mengukurnya tentang pencapaian sebuah puncak gunung, padahal bukan hanya hal itu, bro. Tetapi, yang lebih penting adalah bisa membawa seluruh anggota kelompok turun dengan selamat dan sampai di rumah tanpa kekurangan satu hal apapun.

Sebenarnya, di setiap kelompok pendakian pasti sudah ada seorang leader. Meski sebelumnya tidak ditunjuk secara langsung, tetapi dalam perjalanan mendaki gunung pasti ada satu orang yang sadar ataupun tidak sudah berperan dalam posisi tersebut, bro.

Tugas leader yang pertama, yaitu memberikan informasi tentang gunung yang akan didaki serta semua rencana yang akan dilakukan sampai suksesnya pendakian. Ia memberitahu apa saja yang boleh dan nggak boleh dilakukan saat mendaki, bro.

Leader juga harus mempersiapkan peralatan dan mengingatkan anggota lainnya terkait peralatan mendaki yang harus dibawa jauh-jauh hari sebelum hari-H agar perjalanan mendaki gunung sukses dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Selain itu, leader juga wajib bisa memastikan seluruh anggotanya bisa selamat sampai kembali kerumah masing-masing, bro.

Navigator

Tugas Leader, Navigator dan Sweeper Saat Mendaki Gunung

Image source: pexels.com/@vicky

Sebenarnya, tugas paripurna dari navigator yaitu memastikan seluruh anggota kelompok pendakian berjalan di jalur mendaki gunung yang semestinya. Jadi, navigator bertugas sebagai penunjuk arah, agar seluruh anggota kelompok pendakian tidak menuju arah yang salah, bro.

Navigator pasti bakal selalu berkoordinasi dengan leader sebagai pengambil keputusan. Selain itu, navigator juga bertugas memeriksa rute pendakian, bro. Nggak heran, jika posisi navigator seringkali berada di depan dalam setiap pendakian.

Selain itu, navigator juga bisa jadi penentu irama mendaki, ritmenya bisa cepat ataupun lambat, bro. Oleh karena itu, posisi navigator bisa juga diisi dari masyarakat sekitar gunung atau porter yang sudah hafal betul dengan medan yang akan dilewati.

Sweeper

Tugas Leader, Navigator dan Sweeper Saat Mendaki Gunung

Image source: pexels.com/@quang-nguyen-vinh

Kalau leader dan navigator biasanya berada didepan atau bersama rombongan sebagai pembuka jalur, maka posisi sweeper ini biasanya berada di belakang rombongan kelompok pendakian, bro. Tugas seorang sweeper ini yaitu bertugas untuk memastikan tidak ada barang yang terjatuh atau pendaki yang tertinggal jauh di belakang.

Meski terlihat santai dan menyenangkan, posisi ini sebenarnya menuntut fisik yang kuat lho, bro. Bukan itu saja, seorang sweeper terkadang harus merangkap sebagai medis yang selalu sigap membantu, mengobati atau menjaga anggotanya di perjalanan.

Nah, itulah tugas leader, navigator dan sweeper saat mendaki gunung. Kalau lo mendaki sendiri, maka semua tugas itu otomatis bakal lo tanggung sendiri, bro. Sedangkan, jika kelompok mendaki lo lebih dari tiga orang, maka selain tiga posisi di atas bakal disebut follower. Posisi follower ini bisa dimana saja, asalkan harus didepan sweeper. So, selamat berpetualang, bro!

 

Referensi : https://www.nadoutdoorlife.com/2017/12/tugas-leader-navigator-dan-sweeper.html
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Berbagi tugas saat mendaki
Ldr_Lstyd
Bener banget nih
Dewandi amirullah
Nice info
agung
tq info ya
Dyastantya Ekmawanto
saya sih biasa jadi sweeper
Vania Susanto
Leader harus penuh tanggung jawab
Alaq Madygar
Sangat amat compact dari segi pembagian tanggung jawab masing masing peran