Tips Kulineran Aman di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Saat adaptasi kebiasaan baru mulai diterapkan, sejumlah restoran, café atau tempat makan juga mulai beroperasi kembali di tengah pandemi. Mau menikmati hidangan kuliner favorit di era adaptasi baru? Jangan lupa terapkan tips kulineran aman di era adaptasi kebiasaan baru berikut ini, bro!

Tips Kulineran Aman di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Jika awal masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) restoran atau café hanya melayani sistem take away atau drive thru, maka sekarang lo nggak perlu khawatir jika ingin menikmati makanan di restoran favorit lo langsung, bro. Sebab, saat ini tempat makan sudah diperbolehkan untuk melayani makan di tempat lagi dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Nah, buat lo yang sudah ingin untuk menikmati makanan di restoran atau café langsung, tentu saja harus memperhatikan berbagai hal penting, agar bisa makan dengan nyaman dan aman. Berikut tips kulineran aman di era adaptasi kebiasaan baru yang harus lo pahami, bro!

Pastikan Tempat Makan yang Akan Dikunjungi Bersih

Tips Kulineran Aman di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Tips kulineran aman di era adaptasi kebiasaan baru yang pertama yaitu memastikan tempat makan yang bakal dikunjungi bersih. Pastikan juga restoran atau café yang akan lo kunjungi sudah menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan sesuai dengan arahan Pemerintah, bro.

Biasanya beberapa restoran turut mengikuti standar operasional mengenai kebersihan dengan mengambil tindakan preventif agar pengunjung atau pegawai restoran tersebut terlindung dari segala macam virus. Namun tak bisa dipungkiri, masih banyak juga tempat makan yang belum menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan lho, bro.

Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah tempat makan yang sudah menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan. Mulai dari mengecek suhu badan para pengunjung sebelum masuk sampai menyediakan tempat cuci tangan atau cairan hand sanitizer di beberapa tempat tertentu untuk menjaga kebersihan pengunjung dan para karyawannya.

Pastikan Penyaji Makanan di Restoran Mengenakan Masker dan Sarung Tangan

Tips Kulineran Aman di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Masih berkaitan dengan tips yang pertama, tips kulineran aman di era adaptasi kebiasaan baru yang kedua yaitu memastikan penyaji makanan di tempat makan yang lo kunjungi mengenakan masker atau sarung tangan saat menyajikan makanan atau menyiapkan makanan pesanan.

Tempat makan atau restoran yang telah melakukan tindakan preventif biasanya juga akan menerapkan kewajiban penggunaan masker dan sarung tangan kepada seluruh pegawainya, bro. Biasanya, mereka juga diharuskan untuk cek suhu sebelum mulai bekerja dan benar-benar harus dipastikan mereka dalam keadaan sehat saat bekerja melayani makanan pada pengunjung.

Kunjungi Tempat Makan Saat Nggak Terlalu Ramai

Tips Kulineran Aman di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Tips kulineran aman di era adaptasi kebiasaan baru selanjutnya adalah jangan berkunjung saat tempat makan tersebut dipenuhi pengunjung. Tujuannya, tentu saja untuk menghindarkan lo berada di kerumunan, bro. Caranya, yaitu dengan menghindari jam sibuk di tempat makan tersebut, seperti saat jam makan siang atau saat akhir pekan.

Lo mungkin bisa mengunjungi restoran atau cafe pada jam-jam sebelum atau setelah makan siang. Biasanya, pada jam tersebut tempat makan masih dalam keadaan sepi ,karena belum banyak orang yang datang. Hindari juga berkunjung ke restoran saat akhir pekan, karena biasanya saat itu pengunjung akan semakin memadati tempat makan, bro.

Usahakan Pilih Tempat Duduk Di Luar Ruangan

Tips kulineran aman di era adaptasi kebiasaan baru yang satu ini bisa lo terapkan jika tempat makan yang lo kunjungi memiliki area makan di luar ruangan, bro. Dengan memilih tempat makan di luar ruangan, sirkulasi udara pasti bakal lebih baik ketimbang dengan area makan di dalam ruangan.

Selain menawarkan udara yang segar, makan di ruangan terbuka ternyata juga bisa mengurangi resiko tertular virus lho, bro. Oleh karena itu, pilihlah tempat makan yang menawarkan area makan di luar ruangan.

Nah, itulah beberapa tips kulineran aman di era adaptasi kebiasaan baru yang harus lo pahami. Selamat mencoba, bro!

 

Referensi : https://www.gotravelly.com/blog/tips-kulineran-di-tengah-pandemi/
Trending Beginner Extreme solo traveling

19 COMMENTS

SHARE
Allink
Mantappp
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Heni Oen
thanks sarannya
Agung Sutrisno
Salah satu cara yg paling simple adalah memastikan tempat makan yang bakal dikunjungi bersih.
Ldr_Lstyd
Nice info
Dewandi amirullah
Nice info
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
bener bangettt
Alaq Madygar
Sangat bagus sekali tips nya