Fakta Menarik Museum MACAN yang Banyak Spot Foto Instagramable

Para warga Ibukota pasti tau Museum MACAN, dong? Museum yang secara resmi dibuka pada November 2017 silam tersebut memang menjadi destinasi unggulan bagi muda-mudi yang mau mengunjungi museum karya seni modern. Simak fakta menarik Museum MACAN berikut ini!

Fakta Menarik Museum MACAN yang Banyak Spot Foto Instagramable

Museum MACAN adalah institusi pertama di Indonesia yang mengijinkan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer yang signifikan dan terus berkembang dari Indonesia sampai seluruh dunia. Museum ini dibangun di lahan seluas 4.000 meter persegi. Di tempat ini wisatawan akan menemukan berbagai koleksi seni dari orang-orang ternama di dunia.

Museum MACAN sendiri adalah singkatan dari Museum of Modern And Contemporary Art in Nusantara dan secara resmi didirikan pada tanggal 3 November 2017. Peresmian ini dilakukan oleh Filantropis sekaligus pendiri museum yang didesain oleh MET Studio London, Haryanto Adikoesoemo.

Museum ini mengoleksi sekitar 800 karya seni yang telah dikumpulkan kolektor seni sekaligus pengusaha Indonesia, Haryanto Adikoesoemo, sang penggagas Museum MACAN sendiri. Seni kontemporer dan modern yang ditampilkan nggak terbatas pada lukisan, tapi juga menampilkan gaya kontemporer dengan berbagai medium, teknik, dan seni instalasi.

Namun, sudah pada tau mengenai hal menarik dari museum ini belum, bro? Berikut ini fakta menarik Museum MACAN yang harus lo ketahui.

Materi Pameran Selalu Dirotasi

Fakta Menarik Museum MACAN yang Banyak Spot Foto Instagramable

Image source: instagram.com/@inijie

Museum MACAN ternyata memang nggak ada hubungannya dengan koleksi benda-benda maupun sejarah tentang macan atau harimau, bro. MACAN yang jadi nama branding dari museum ini ternyata merupakan singkatan yang digunakan agar lebih dikenal dan nggak sulit ketika diucapkan oleh orang Indonesia.

Uniknya, meskipun sudah pernah ke sana dan melihat koleksi karya seni yang dipajang, belum tentu ketika ke sana lagi di kesempatan berbeda karya seni yang dipamerkan masih sama. Jadi senantiasa selalu ada hal baru yang bisa dilihat.

Viral karena Yayoi Kusama

Fakta Menarik Museum MACAN yang Banyak Spot Foto Instagramable

Image source: genmuda.com

Sejak awal berdiri, nggak banyak orang Indonesia yang tertarik dan mengetahui tentang keberadaan Museum MACAN. Museum ini menjadi lebih terkenal setelah diperkenalkannya berbagai karya dari seniman Jepang, dengan tajuk ‘Yayoi Kusama: Life is the Heart of Rainbow’ pada 12 Mei sampai 9 September 2018.

Dengan diperkenalkannya 130 karya instalasi dari Yayoi Kusama, akhirnya Museum MACAN bisa mempublikasikan dirinya kepada publik sebagai salah satu destinasi wisata di Jakarta. Hal ini disebabkan karya Yayoi Kusama bukan hanya bisa dinikmati oleh pemerhati seni, namun juga penikmat seni level “Instagramable”.

Berburu Harta Karun

Fakta Menarik Museum MACAN yang Banyak Spot Foto Instagramable

Image source: instagram.com/museummacan

Saat berkunjung ke Museum MACAN, pengunjung nggak hanya bisa melihat berbagai karya seni kontemporer. Di Museum MACAN juga terdapat wahana yang bernama berburu harta karun. Tapi wahana ini hanya berlaku bagi anak-anak dan pelajar.

Pengunjung anak-anak dan pelajar akan diasah kecerdasannya, karena di sana ada permainan di mana para anak-anak disuruh mencari harta karun yang tersembunyi.

Ngopi di Museum

Hal unik yang nggak bisa ditemukan di tempat lain adalah pengunjung bisa mengunjungi café untuk ngopi yang terletak berseberangan dengan Infinity Mirrored Room. Semua area dilapisi dinding kaca sehingga pengunjung café bisa menikmati pemandangan kota Jakarta sambil ngopi.

Banyak Spot Foto Instagramable

Karya-karya Yayoi Kusama dikenal sangat artistik untuk diabadikan. Setiap instansi seni yang dipamerkan memiliki daya tarik tersendiri dan pastinya sangat Instagramable.

Patut diingat salah satu peraturan di museum ini, pengunjung nggak diperbolehkan membawa kamera profesional. Jadi hanya boleh menggunakan kamera ponsel untuk memotret momen dan harus tanpa flash, bro.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari Museum MACAN yang punya banyak spot foto Instagramable. Namun sayangnya di masa pandemi seperti ini, Museum MACAN masih belum kembali membuka jadwal kunjungan. Harus bersabar nunggu ya, bro!

 

Source: https://www.nativeindonesia.com/museum-macan/
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
bagus yaa
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
kerem abis cuy
Heni Oen
dulu iya tergantung yang lagi pameran