Cara Seru Menikmati Sunrise di Puncak Gunung

Cahaya kuning keemasan sudah tampak di ujung barat. Indahnya hamparan awan pun sudah bisa dilihat dengan jelas, bersih, luas, tanpa noda. Yup, inilah pemandangan yang banyak diimpikan para pendaki saat berhasil mencapai puncak gunung impiannya. Agar mendapatkan momen berharga tersebut, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja hal tersebut? Simak tips mendapatkan sunrise instagramable di puncak gunung berikut ini, bro!

Cara Seru Menikmati Sunrise di Puncak Gunung

Keindahan pemandangan saat di puncak gunung memang sangatlah menakjubkan. Wajar saja, para pendaki rela bersusah-payah menyiapkan sejumlah persiapan dan berjalan kaki menanjak demi mencapai tempat yang satu ini.

Selain persiapan yang matang, mental yang kuat dan fisik yang memadai, tentu ada hal lain yang harus diperhatikan agar mendapatkan pemandangan sunrise yang sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, lo harus terapkan beberapa tips mendapatkan sunrise instagramable di puncak gunung berikut ini, bro!

Mencari Informasi Cuaca

Cara Seru Menikmati Sunrise di Puncak Gunung

Image source: unsplash.com/@gavla

Musim hujan tentu bukan waktu yang terbaik kalau lo berencana pergi ke gunung untuk berburu sunrise. Pasalnya, kabut bisa saja menjadi sangat tebal dan langit begitu mendung, sehingga eksotisme matahari terbit yang diharapkan pun cenderung nggak bakal terlihat maksimal, bro.

Bahkan, hujan bisa saja turun sangat deras sampai membuat lo sangat sulit untuk meninggalkan tenda sama sekali. Oleh karena itu, ada baiknya lo selalu mencari informasi cuaca terbaru di gunung yang akan lo jelajahi, bro. Kalau lo nggak sabar untuk menunggu musim hujan selesai, maka setidaknya pilihlah waktu saat cuaca sedang tidak terlalu buruk.

Memperkirakan Waktu Keberangkatan

Cara Seru Menikmati Sunrise di Puncak Gunung

Image source: unsplash.com/@blavon

Momen puncak sunrise tidaklah lama. Momen yang sangat indah ini hanya berlangsung dalam hitungan yang sangat singkat. Maka dari itu, lo wajib mempunyai perhitungan waktu yang tepat, biar nggak kecewa ketinggalan sunrise, bro.

Perhitungkan dengan baik jarak yang harus ditempuh untuk mencapai puncak gunung tujuan. Kalau jalur pendakian mempunyai jalan yang cukup menantang atau membutuhkan waktu yang lebih lama, maka sebaiknya berangkatlah lebih awal dari perkiraan waktu pada umumnya. Dengan begitu, setidaknya lo masih memiliki waktu untuk istirahat sejenak dan nggak terlalu terburu-buru mengejar sunrise, bro.

Menentukan Titik Terbaik

Cara Seru Menikmati Sunrise di Puncak Gunung

Image source: unsplash.com/@jamie452

Situasi nggak memungkinkan untuk mencapai puncak? Tenang saja, lo masih bisa menikmati sunrise dari jalur pendakian kok, bro. Yup, untuk menikmati sunrise yang menakjubkan memang nggak harus dari puncak gunung, yang paling penting carilah titik terbaik untuk menikmati momen yang langka ini.

Setiap gunung pasti mempunyai titik terbaiknya masing-masing. Nah, lo bisa mencari banyak informasi soal ini dari teman-teman lo yang sudah berpengalaman atau berbagai pengalaman pendaki lainnya di dunia maya, bro.

Menggunakan Pakaian yang Tebal dan Menghangatkan

Cara Seru Menikmati Sunrise di Puncak Gunung

Image source: unsplash.com/@we_are_rising

Jangan sampai hanya karena ingin menikmati keindahan yang satu ini lo jadi lupa dengan kesehatan dan keselamatan sendiri, bro. Suhu udara di gunung yang rendah pasti bakal menjadi semakin dingin pada malam hingga dini hari. Bahkan, bisa saja suhunya mencapai minus derajat celcius atau membeku, bro.

Oleh karena itu, gunakanlah pakaian yang tebal dan menghangatkan. Selain jaket, gunakan pula pelindung kepala dan telinga (bisa menggunakan sejenis beanie hat), syal, sarung tangan, kaos kaki, dan tentu saja sepatu. Selain itu, aktiflah untuk melakukan gerakan kecil untuk membuat tubuh tetap hangat, bro.

Demikianlah beberapa tips mendapatkan sunrise instagramable di puncak gunung. Selamat berpetualang, bro!

 

Referensi : https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/cara-asik-menikmati-sunrise-di-gunung
Tips Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
tips mendapatkan sunrise instagramable di puncak gunung
Heni Oen
info yang bermanfaat jadi ada persiapan buat foto
agung
tq info ya
Dewandi amirullah
Nice info
Agung Sutrisno
Bawalah peralatan yang dibutuhkan
Rdh
Nice info
Muhammad Romli
Mantaaaap banget